Biografi K.H. Ahmad Dahlan




K.H. Ahmad Dahlan terlahir dengan nama Muhammad Darwis. Sejak kecil, dia sudah mendapat pendidikan agama dari ayahandanya K.H. Abubakar.

Biodata :
Lahir        : Yogyakarta, 1868
Wafat       : Yogyakarta, 23 Februari 1923
Makam    : Yogyakarta


Pada tahun 1888, dia pergi ke mekah untuk menunaikan ibadah haji. Dia bermukmin di sana selama 5 tahun untuk menuntut ilmu agama. Skembalinya dari Tanah Suci, namanya berganti menjadi Haji Ahmad Dahlan. Pada tahun 1903, dia kembali pergi ke mekah selama 3 tahun untuk mendampingi ilmu agama.


K.H. Ahmad Dahlan juga pernah tercatat sebagai anggota Boedi Oetomo dan Sarekat Islam (SI) sebelum pada akhirnya membentuk organisasi Muhammadiyah tanggal 18 November 1912.

Organisasi Muhammadiyah aktif melakukan dakwah dan pendidikan yang disemangati oleh nila-nilai pembaruan dalam islam. Pada awal mula berdirinya, Muhammadiyah banyak ditentang dan dianggap menyalahi agama Islam, bahkan ada yang menuduhnya sebagai kyai palsu dan kyai kafir. Dalam perkembangan selanjutnya, Muhammadiyah tetap berdiri dengan tegar dan membantu perjuangan kemerdekaan dengan membentuk organisasi keputrian Aisyiah dan Kepanduan Hizbul Wathol.

Atas jasa-jasanya pada bangsa dan negara, berdasarkan SK Presiden RI No. 657/TK/1961, K.H. Ahmad Dahlan dianugerahi gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Semoga Biografi K.H. Ahmad Dahlan INI bermanfaat untuk anda, Terima Kasih.

sumber : http://www.biografitokohdunia.com/2011/06/biografi-kh-ahmad-dahlan.html

Biografi K.H. Ahmad Dahlan
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 22.21
Biografi K.H. Ahmad Dahlan RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-03-10T22:21:00+07:00, Title: Biografi K.H. Ahmad Dahlan, Rating5 of 8765432 reviews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar