Hal-Hal yang Harus Dihindari di Facebook


Bila Anda memang pecandu Facebook, sehingga tidak bisa melepaskan sehari pun tanpa membuka jejaring sosial tersebut, sebaiknya harus berhati-hati. Karena ada sejumlah hal yang harus dihindari dalam Facebook. Hal-hal itu adalah:

Berteman dengan orang-orang yang salah. Sebenarnya tinggal apa niat Anda membuat akun Facebook, apakah ingin menjalin komunikasi kembali dengan teman-teman lama ataukah ingin menambah teman baru di dunia maya. Tetapi tetap saja harus berhati hati sebelum memutuskan untuk ad as friend atau confirm. Seperti yang terjadi pada seorang sipir penjara di Leicester Inggris, Nathan Singh, yang harus rela dipecat dari jabatannya hanya karena dia kedapatan berteman di Facebook dengan sejumlah narapidana tempat dia bekerja.

Nah, lain lagi dengan Charlotte Fielder, seorang wanita Inggris yang cacat tanpa tangan sejak lahir. Mungkin karena merasa senasib, Fielder berteman dengan sejumlah laki-laki yang tidak dia kenal yang ternyata menyaru sebagai orang cacat. Tapi ternyata, mereka adalah sekelompok laki-laki yang mempunyai kelainan, yakni tertarik secara seksual dengan wanita bertangan buntung. Fielder menyadarinya ketika dia menemukan iklan situs porno yang memuat foto-foto wanita bertangan cacat dan foto Fielder ada di sana.

Curhat tentang atasan atau kerjaan di Facebook. Tentu saja kita tidak perlu meniru apa yang dilakukan seorang wanita bernama Lindsay. Dia curhat di statusnya: "Ya Tuhan, saya benci pekerjaan saya!" masih belum cukup dia juga mencela atasannya. Dan hanya beberapa jam kemudian seseorang menulis komentar: ‘Tidak usah repot-repot datang ke kantor berok. Akan saya kirim surat pemecatan lewat pos.’ Tenryata dia adalah atasannya.

Memasang foto-foto yang tidak pantas. Terkecuali bila memang kita mengatur setting privasi album foto anda untuk orang-orang tertentu saja, sebaiknya memang tidak memasang foto sering membuat malu kita di Facebook untuk alasan apapun. Seperti seorang anggota dewan di Inggris, Sean Aspey, yang memasang fotonya yang sedang mengenakan seragam tentara Nazi pada acara komedi televisi yang memang menceritakan kisah lucu di Prancis di era pendudukan Nazi. Mungkin niatnya memang hanya iseng, tapi dia harus menerima akibatnya, yaitu dinon-aktifkan dari dewan kota.

Online ketika sakit. Kalau kita sedang berpura-pura sakit atau memang sakit beneran dan tidak masuk kantor, sebaiknya memang tidak usah membuka Facebook. Seorang wanita Kanada yang sedang cuti panjang ketika menderita depresi harus menerima kenyataan, dia urung menerima bayaran dari asuransi kesehatannya ketika seorang agen asuransi menemukan foto-fotonya yang sedang bersenang-senang di Facebook, menikmati sinar matahari juga keluar malam bersama koleganya.

Mengungkap hal-hal rahasia. Israel pernah memeriksa akun Facebook para tentaranya , dan ternyata menemukan gambar-gambar pangkalan udara, ruang operasi militer, kapal selam serta rahasia-rahasia lain yang tidak boleh diketahui publik. Selanjutnya Israel lalu menerapkab suatu kebijakan baru, yaitu melarang para serdadu memasang foto-foto yang berkategori rahasia itu. (ref: bbc.co.uk/ill: 4tnz.com)

Hal-Hal yang Harus Dihindari di Facebook
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 00:59
Hal-Hal yang Harus Dihindari di Facebook RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-03-10T00:59:00+07:00, Title: Hal-Hal yang Harus Dihindari di Facebook, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment