Bahaya Bunion Pada Jari Kaki, Apa itu?

Bunion adalah bentuk deformitas (pergeseran fragmen pada fraktur) di kaki yang paling umum. Secara awam, bunion membuat tulang dari ibu jari kaki mengalami penonkolan sehingga membuat penderita kesakitan dan sulit memakai sepatu.

Penyakit tersebut disebut juga dengan Hallux Valgus. Dr Yung Shing Wai sebagai Spesialis Bedah Tulang dari Mount Elizabeth Medical Centre menjelaskan bahwa bunion kadang membuat jari kaki berbentuk seperti palu atau cakar. Sementara itu, deformitas pada kaki juga bisa menyebabkan mata ikan yang membuat penderita merasa nyeri.
Banyak penderita bunion yang memilih untuk memakai sepatu ekstra lebar atau sandal terbuka. Namun jika kasus kelainan sudah terlalu parah, operasi harus segera dilakukan. Sayangnya pembedahan kaki dianggap membutuhkan waktu pemulihan yang lama, sehingga jarang ada pasien yang mau melakukannya.
Salah satu teknik mengobati bunion sederhana adalah Distal Osteotomy. Operasi pembedahan tersebut dilakukan dengan cara memotong tulang untuk memperbaiki deformitas. Masa pemulihannya berkisar antara 6-8 minggu.
Sementara itu, untuk deformitas yang lebih parah, para ahli biasanya mengaplikasikan prosedur Lapidus. Waktu penyembuhannya cukup lama (3-4 bulan) dan biasanya dibutuhkan pemakaian gips selama 6 minggu diikuti dengan penggunaan sepatu khusus untuk berjalan.
Terakhir, ada metode yang cukup efektif dan efisien yang disebut dengan Scarf Osteotomy. Prosedur tersebut mampu mengatasi deformitas parah dengan waktu yang relatif singkat (4 minggu).
Apapun bentuk bunion yang Anda alami, alangkah baiknya jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk menyembuhkannya. Sebab kaki adalah bagian penting yang menopang seluruh tubuh agar Anda bisa tetap beraktivitas dengan baik.

Bahaya Bunion Pada Jari Kaki, Apa itu?
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 20:44
Bahaya Bunion Pada Jari Kaki, Apa itu? RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-11-03T20:44:00+07:00, Title: Bahaya Bunion Pada Jari Kaki, Apa itu?, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment