Iklan Lucu Ini Jadi Video Viral YouTube


foto
Youtube
Tidak selamanya iklan layanan masyarakat hanya dipenuhi pesan yang membosankan. Tengok saja iklan dari Metro Trains, yang melayani transportasi kereta api di Melbourne, Australia, yang berhasil menjadi video viral.


Hari ini, Jumat, 23 November 2012, atau seminggu setelah diluncurkan, iklan berjudul Dumb Ways to Die ini telah ditonton lebih dari 19,5 juta kali di YouTube. Angka ini hampir lima kali lipat dari jumlah penduduk kota Melbourne.

Kunci kesuksesan video berbentuk animasi ini adalah tokoh-tokoh lucu berbentuk mirip kacang-kacangan yang melakukan tindakan bodoh yang mengakibatkan kematian, mulai dari memelihara ular derik, membuka helm di luar angkasa, sampai menjual kedua ginjal di internet. Meskipun menampilkan tokoh yang lucu, kematian yang ditampilkan cukup sadis dan berdarah-darah, mulai dari kepala yang meledak, badan yang terpotong karena terlindas kereta, hingga kepala yang terpenggal.

Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, para tokoh ini menari dengan iringan lagu yang dinyanyikan oleh artis lokal Melbourne, Tangerine Kitty. Baru hingga di akhir video, dimunculkan pesan agar masyarakat berhati-hati ketika berada di sekitar kereta api dan peron. Menurut iklan ini, kematian akibat tidak hati-hati di sepanjang lintasan kereta api adalah hal terbodoh yang menyebabkan kematian.

"Ide kampanye ini berasal dari diskusi dengan para staf di platform dan juga pengemudi yang menyaksikan banyak orang yang mengabaikan keselamatan mereka di stasiun dan juga perlintasan kereta api," ujar Leah Waymark, General Manager Corporate Relations Metro Train, seperti dikutip dari Herald Sun.

Waymark menyebutkan bahwa kampanye ini ditujukan bagi orang publik berusia muda, terutama mereka yang merasa dirinya tidak terkalahkan.

"Bila kami berhasil mengubah persepsi atas keselamatan diri pada generasi muda, mungkin kita dapat mengubah persepsi pada generasi setelah ini," ujarnya.

Waymark berpendapat mungkin ada orang yang mempermasalahkan cara mereka menampilkan hal yang serius.

"Namun bila kami dapat menyelamatkan satu nyawa atau menghindarkan kecelakaan serius, maka hal ini yang akan menjadi tolak ukur kesuksesan kampanye ini.

Video viral adalah istilah atas video yang menjadi sangat populer berkat aktivitas berbagi di internet, melalui media sosial, email, atau situs. Beberapa contoh video viral yang terkenal antara lain Charlie Bit My Finger, Friday dari Rebecca Black, dan terakhir adalah video musik Gangnam Style yang melejitkan nama PSY secara global.


Sumber: Tempo.co

Iklan Lucu Ini Jadi Video Viral YouTube
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 11:11
Iklan Lucu Ini Jadi Video Viral YouTube RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-11-25T11:11:00+07:00, Title: Iklan Lucu Ini Jadi Video Viral YouTube, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment