Wow, Inilah Telur Ayam Paling Kecil di Dunia

detail berita


Seorang pemilik ayam di wilayah Northumberland, Inggris, mengklaim memiliki telur ayam paling kecil di dunia. Telur ini memiliki berat 5 gram serta lebar 2 centimeter.

Paul Rae, pemilik ayam yang menghasilkan telur berukuran mini tersebut mengatakan, telur tersebut memiliki ukuran mirip koin dan ditemukan bersama dengan tiga telur normal lainnya.

Paul yang mengurus Walwick Farm yang dirikan dua abad lalu di Northumberland, disarankan oleh rekannya untuk menghubungi Guinness Book of Records. "Teman-teman saya mengatakan, saya harus menghubungi Guinness Book of Records," ujar Paul, seperti dikutip Metro, Jumat (30/11/2012).

Ia mengatakan bahwa telur ayam kecil ini adalah sangat langka. "Ayam ini telah mengeluarkan telur normal dan tiba-tiba telur yang kecil ini keluar," terangnya.

Pria berusia 52 tahun ini mengungkapkan, ia tidak tahu apa yang menyebabkan telur ayam langka ini memiliki bentuk yang kecil. "Ini merupakan telur sempurna dengan cangkang yang kuat," tuturnya.

Telur ayam kecil yang pernah terungkap memiliki berat 7,3gram. Namun, Paul mengklaim telur ayam miliknya memiliki berat 5 gram, lebar 2 centimeter serta panjang 2,5 centimeter.

Wikipedia menerangkan, telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Telur-telur dari hewan reptil dan unggas seperti ayam atau burung, diselimuti dengan kerak pelindung, yang memiliki lubang yang sangat kecil agar hewan yang yang belum lahir tersebut dapat bernapas.

Sebagai bahan makanan, telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino. Ini berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Sumber: Okezone.com
Wow, Inilah Telur Ayam Paling Kecil di Dunia
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 12:17
Wow, Inilah Telur Ayam Paling Kecil di Dunia RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-11-30T12:17:00+07:00, Title: Wow, Inilah Telur Ayam Paling Kecil di Dunia, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment