6 cara mencegah diabetes

                                     Kenali 6 cara mencegah diabetes!

Diabetes menjadi penyakit yang sangat umum dan kronis yang mempengaruhi orang di seluruh dunia. Penderita diabetes biasanya mengalami kenaikan gula darah yang pada akhirnya memicu komplikasi kesehatan. Berikut adalah beberapa tips agar Anda terhindar dari diabetes, seperti dilansir Boldsky.

1. Berolahraga secara teratur

Faktor utama dari diabetes adalah naiknya kadar gula darah. Hal ini umumnya disebabkan metabolisme tubuh yang rendah, sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Hindari lemak trans

Banyak penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung lemak trans, seperti burger dan keripik kentang, berkontribusi terhadap diabetes. Selain itu, kadar lemak trans yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan masalah jantung.

3. Hindari karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan sering ditemukan dalam makanan manis, seperti permen dan sereal kering, yang mendorong kenaikan berat badan. Nah, kenaikan berat badan itulah yang pada akhirnya menyebabkan diabetes. 

4. Makanan kaya serat

Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan serat. Makanan berserat tinggi membantu tubuh melepas glukosa secara perlahan yang pada gilirannya akan mencegah peningkatan kadar glukosa darah.

5. Jangan terlalu sering minum teh atau kopi

Orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi atau teh setiap hari memiliki risiko menderita diabetes. Oleh karena itu, jagalah asupan harian Anda dari teh atau kopi.

6. Makan secara bertahap

Makan dalam jumlah kecil namun bertahap dapat mencegah Anda terkena diabetes. Dengan demikian, tubuh dapat mengatur kadar gula darah. Untuk itu, Anda disarankan makan dalam porsi kecil 5-6 kali dalam sehari.

Diabetes adalah penyakit menakutkan yang sulit disembuhkan. Maka lebih baik mencegah daripada mengobati, kawan!
6 cara mencegah diabetes
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 12:09
6 cara mencegah diabetes RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-19T12:09:00+07:00, Title: 6 cara mencegah diabetes, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment