66 Spesies Karang Masuk Nominasi Punah


foto
Ilustrasi karang laut.
Badan Kelautan dan Administrasi Amerika Serikat (NOAA) mengusulkan 66 spesies karang untuk masuk dalam kategori spesies terancam punah. Usaha ini diharapkan akan meningkatkan perlindungan terhadap fauna karang tersebut.

Daftar yang diusulkan muncul setelah sebuah petisi oleh kelompok lingkungan, Center for Biological Diversity di Tucson, Arizona pada 2009 menegaskan bahwa pemerintah perlu berbuat lebih banyak untuk melindungi spesies karang. Dalam proposal tersebut, NOAA akan menampilkan daftar tujuh spesies karang terancam punah, 52 spesies terancam di perairan Pasifik, dan lima terancam punah serta dua terancam di Karibia.

Langkah tersebut diharapkan memicu pembatasan kegiatan komersial dan pencegahan perdagangan serta panen karang. "Karang menyediakan habitat untuk mendukung perikanan dan pendapatan perekonomian lokal melalui rekreasi, pariwisata, dan perikanan, serta melindungi garis pantai dari badai dan erosi," kata Jane Lubchenco, administrator NOAA.

NOAA telah mengidentifikasi 19 ancaman terhadap kelangsungan kehidupan karang. Termasuk pengasaman laut, suhu air laut yang meningkat, dan berbagai penyakit yang menyerang karang. Faktor ini dapat menyebabkan pemutihan karang dan akhirnya mati.

Sebelum daftar spesies yang diusulkan tersebut selesai pada akhir 2013, mereka akan mengadakan 18 pertemuan publik selama 90 hari untuk membuka komentar publik.

Sumber: Tempo.co
66 Spesies Karang Masuk Nominasi Punah
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 18:04
66 Spesies Karang Masuk Nominasi Punah RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-04T18:04:00+07:00, Title: 66 Spesies Karang Masuk Nominasi Punah, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment