Cumi-Cumi Raksasa Berhasil Tertangkap Kamera

detail berita
Ilustrasi Cumi-Cumi

Peneliti baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka menangkap gambar seekor cumi-cumi "monster" yang memiliki ukuran tubuh besar. Hewan tersebut tinggal di habitat alaminya di laut dan akan disiarkan melalui program Discovery Channel mulai Januari 2013.

Dilansir Softpedia, Kamis (13/12/2012), peneliti tidak hanya menangkap gambar, tetapi juga mengabadikan hewan laut tersebut melalui video kamera. Peneliti mengklaim bahwa temuan mereka ini merupakan penemuan cumi-cumi "monster" raksasa pertama kalinya yang pernah tertangkap kamera.

Stasiun televisi Jepang, NHK (Nippon H?s? Ky?kai) akan memperkenalkan video hewan cephalopoda tersebut di awal tahun depan. Sementara Discovery Channel memutuskan akan menampilkan video cumi-cumi tersebut kepada publik pada 27 Januari 2013.

"Kru kami datang dan bertatap muka dengan cumi-cumi raksasa. Itu merupakan akhir musim yang ideal untuk seri Curiosity (rasa ingin tahu) kami yang menggugah pemirsa kami," ujar Group President of Discovery and TLC Networks, Eileen O'Neill.

Ia mengatakan, produksi akhir ini memakan waktu selama empat tahun pembuatan. "Ini merupakan prestasi pertama untuk televisi dan saya bersemangat untuk berbagi," jelasnya.

Wikipedia menerangkan, cumi-cumi merupakan kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti "kaki kepala", hal ini karena kaki cumi-cumi yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.

Cumi-cumi adalah salah satu hewan dalam golongan invertebrata (tidak bertulang belakang). Salah satu jenis cumi-cumi laut dalam, Heteroteuthis, memiliki kemampuan memancarkan cahaya.

Sumber: Okezone.com
Cumi-Cumi Raksasa Berhasil Tertangkap Kamera
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 11:42
Cumi-Cumi Raksasa Berhasil Tertangkap Kamera RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-13T11:42:00+07:00, Title: Cumi-Cumi Raksasa Berhasil Tertangkap Kamera, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment