Dinosaurus Punah karena Letusan Gunung Api

detail berita
Ilustrasi

Asteroid yang jatuh ke Bumi telah lama diyakini sebagai penyebab kepunahan dinosaurus. Namun sebuah penelitian justru menyatakan hal berlawanan, punahnya dinosaurus disebabkan aktivitas vulkanik.

Dilansir dari Live Science, Senin (10/12/2012), penelitian tersebut mengungkap bahwa penyebab kepunahan dinosaurus ternyata adalah aktivitas vulkanik yang terjadi di wilayah India zaman sekarang.

Sekira 10 ribu tahun lamanya, lahar dari Deccan Traps (wilayah vulkanik dekat Mumbai di masa kini) kemungkinana telah mengeluarkan sulfur dan karbondioksida yang beracun ke atmosfer. Hal tersebut menyebabkan kepunahan massal karena pemanasan global serta air laut yang menjadi asam.

Penemuan yang dipresentasikan beberapa waktu lalu di pertemuan tahunan American Geophysical Union menjadi teori baru dalam perdebatan alasan kepunahan dinosaurus atau K-T extinction.

"Informasi baru yang kami peroleh menunjukkan perlunya penilaian ulang terhadap penyebab kepunahan massal dinosaurus," ujar ahli geologi dari Princeton University, Gerta Keller.

Sementara itu, pendukung hipotesis Alvarez mengatakan teori yang berlawanan. Penyebab kepunahan dinosaurus adalah tubrukan meteorit raksasa di Chicxulub, Meksiko, sekira 65 juta tahun lalu.

Tubrukan tersebut melepaskan debu dan gas yang jumlahnya berdampak mematikan, memblokir cahaya Matahari sehingga menyebabkan pendinginan massal, mencekik dinosaurus dan meracuni kehidupan laut.

Dinosaurus Punah karena Letusan Gunung Api
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 15:06
Dinosaurus Punah karena Letusan Gunung Api RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-10T15:06:00+07:00, Title: Dinosaurus Punah karena Letusan Gunung Api, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment