Gigitan Megapiranha Lebih Berbahaya Ketimbang Hiu

detail berita
Ilustrasi
 
Ikan karnivora megapiranha hidup di masa antara 6 juta sampai 10 juta tahun yang lalu. Sebuah bukti baru menemukan bahwa ikan tersebut mengalahkan megapredator lainnya, seperti hiu kuno berukuran sebesar truk.

Dilansir dari Live Science, Jumat (21/12/2012), mega-piranha itu memiliki kekuatan gigitan sampai 50 kali lipat berat tubuhnya. Kekuatan gigitan inilah yang melebihi hiu kuno Carcharodon megalodon.

"Jika Anda tidak menghitung ukuran tubuhnya, piranha itu merupakan pemenang paling nyata. Gigi tersebut paling tajam jika dibandingkan dengan evolusi rahang yang lain, ujar anggota penelitian tesebut, Justin Grubich.

Grubich dan timnya menangkap piranha dari Amazon dan menjepitnya pada perangkat logam untuk mengukur kekuatan gigitan hawan itu. Rahang yang kuat yang menghasilkan tekanan hingga 72 pound (320 Newton), sekitar 35 kali beratnya, katanya.

Dia berpendapat, kekuatan yang memungkinkan piranha untuk cepat menggigit potongan seluruh daging dari hewan saat mereka lewat. "Ketika kami mulai mengukur gigitan ikan yang relatif kecil itu, kami sangat terkejut dengan kekuatan gigitannya," imbuh Grubich.
Gigitan Megapiranha Lebih Berbahaya Ketimbang Hiu
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 10:23
Gigitan Megapiranha Lebih Berbahaya Ketimbang Hiu RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-22T10:23:00+07:00, Title: Gigitan Megapiranha Lebih Berbahaya Ketimbang Hiu, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment