Materi Magnet Baru Ditemukan


Materi Magnet Baru Ditemukan  
Materi Magnet Baru Ditemukan.
Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan tipe magnet baru yang bisa mengubah cara komputer menyimpan informasi pada hard drive. Selain itu, materi magnet baru ini juga meningkatkan superkonduktor.

"Kami memperlihatkan bahwa ada bahan fundamental ketiga untuk magnet," ujar profesor fisika, Young Lee. Pekerjaan eksperimental menunjukkan keberadaan materi baru tersebut yang disebut dengan quantum spin liquid (QSL). Penelitian detail telah dipublikasikan dalam jurnal Nature.

QSL adalah kristal padat namun bahan materi magnetik tersebut digambarkan sebagai cairan. Tidak seperti dua jenis magnet lainnya, orientasi magentik dari partikel individu di dalamnya berfluktuasi terus menerus menyerupai gerakan konstan dari molekul cairan itu.

Ferromeagnetism, daya tarik sederhana dari sebuah magnet batang dan jarum kompas telah dikenal selama berabad-abad. Prediksi dan penemuan antiferromagnetisme, yang merupakan dasar untuk membaca dalam hard disk komputer saat ini, telah memenangkan hadiah Nobel fisika pada 1970.

Philip Anderson, seorang ahli terkemuka pertama kali mengajukan konsep magnet jenis ketiga pada 1987. Jenis ini bisa sangat relevan untuk superkonduktor tinggi.

Bahan itu adalah kristal dari mineral yang disebut herbertsmithite. Lee dan rekan pertama kali berhasil membuat kristal murni dalam jumlah yang besar pada tahun lalu. "Ini adalah kolaborasi multidisiplin ilmu antara fisikawan dengan ahli kimia," ujar Lee.

Sumber: Tempo.co
Materi Magnet Baru Ditemukan
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 15:43
Materi Magnet Baru Ditemukan  RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-23T15:43:00+07:00, Title: Materi Magnet Baru Ditemukan , Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment