Tunda Kehamilan Turunkan Resiko Kanker Payudara, benarkah?

Ini kabar baik bagi wanita yang hendak menunda kehamilan untuk sementara waktu. Pasalnya, wanita yang menunda kehamilan anak pertama setidaknya hingga usia 28 tahun, berisiko 60 persen lebih rendah menderita kanker payudara.


Ilustrasi Ibu Hamil
                                                
Namun, para peneliti dari Fred Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, Amerika, menemukan bahwa menyusui juga memiliki dampak protektif terhadap risiko kanker.

"Menyusui juga dapat mengurangi risiko terkena salah satu bentuk paling agresif dari kanker payudara," kata pemimpin studi tersebut, Dr Christopher Li, sebagaimana dilansir Daily Mail (13/12).

Dalam penelitian ini, periset melibatkan lebih dari 1.960 wanita antara usia 20 hingga 44 tahun. 1.021 peserta memiliki sejarah kanker payudara dan sisanya, 941, tidak pernah mengalaminya.

Sejarah reproduksi di kalangan perempuan tanpa sejarah kanker payudara dibandingkan dengan wanita dengan berbagai bentuk kanker payudara.

Dr Li juga mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Breast Cancer Research and Treatment.

Tunda Kehamilan Turunkan Resiko Kanker Payudara, benarkah?
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 13:51
Tunda Kehamilan Turunkan Resiko Kanker Payudara, benarkah? RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-16T13:51:00+07:00, Title: Tunda Kehamilan Turunkan Resiko Kanker Payudara, benarkah?, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment