Cara Mengetahui Orang Berbohong


Ingat Pinokio? Bila ia berbohong maka hidungnya memanjang. Ternyata cerita yang ditulis  arlo Collodi ini bisa dibuktikan secara ilmiah. Memang, orang yang berbohong hidungnya tak akan menjadi panjang. Namun, memang ada perubahan pada indera penciuman kita ini kalau berbohong.


Menurut Emilio Gomez Milan dan Elvira Salazar Lopes, peneliti dari University of Granada, seperti dilansir oleh NY Daily News, rasa cemas menyebabkan ujung hidung bertambah panas. Artinya ada perubahan suhu pada hidung kalau berbohong, maklum takut ketahuan, kan?

Nah, para ilmuwan tersebut menemukan setelah melakukan tes pada partisipan melalui kamera pendeteksi panas. Peneliti menamakan ini ‘Pinokio Effect’. Penelitian ini menunjukkan bahwa suhu pada ujung hidung partisipan berubah-ubah sesuai dengan mood. Begitu juga dengan otot orbital pada sudut bagian dalam mata.
Selain itu mereka juga mengklaim bahwa suhu tubuh juga dapat mendeteksi hasrat seksual pria dan wanita. Ketika merasakan gairah seksual, suhu tubuh bagian dada dan daerah genital akan meningkat.

Kesimpulannya, ketika seseorang berbohong, korteks insular pada otak akan berubah dan menyebabkan perubahan suhu tubuh. Hal ini karena korteks insular berkaitan dengan pengaturan suhu tubuh.

Sayangnya tak semua orang bisa mengetahui perubahan suhu ujung hidung orang lain. Jika ingin tahu apakah orang tersebut berbohong atau tidak, setidaknya Anda harus menggunakan pemindai suhu tubuh. Wah repotnya…

sumber

Cara Mengetahui Orang Berbohong
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 16.09
Cara Mengetahui Orang Berbohong RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-01-01T16:09:00+07:00, Title: Cara Mengetahui Orang Berbohong, Rating5 of 8765432 reviews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar