Hindari Panas Matahari Pukul Sembilan Sampai Empat Sore

Kasus kanker kulit di Indonesia belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Australia. Australia memang negara dengan kejadian kanker kulit tertinggi di dunia. Dalam setahun terdapat 400 ribu kasus kanker yang baru terdiagnosa. Itu sebabnya, di negeri kangguru itu memakai tabir surya adalah sebuah keharusan.
Sejatinya, bahaya sinar matahari juga perlu diwaspadai di negara kita. Lapisan ozon, pelindung atmosfer bumi dari bahaya sinar matahari sekarang rusak. Tanpa perlindungan lapisan ozon, efek buruk sinar matahari bisa membahayakan kesehatan kita. Kanker kulit, katarak, penuaan dini kulit, bercak hitam di kulit hingga penurunan daya tahan tubuh bisa terjadi karena paparan sinar matahari berlebihan.
Karena efek buruk sinar matahari tersebut, spesialis kulit dr. Tina Wardani Wisesa, SpKK menyarankan kita menghindari paparan langsung sinar matahari dari pukul sembilan hingga empat sore.
“Saat berkegiatan di dalam ruangan pun sebenarnya kita juga tak bebas dari sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet juga ada di lampu. Juga ada di lampu-lampu yang ada di klub malam,” ujar dokter ahli kulit tersebut.
Jadi, berkat kulit sawo matang orang Indonesia punya pigmen pelindung kulit dari efek buruk sinar matahari. Kendati demikian, lebih baik kita tetap memakai tabir surya. Bila tak dilindungi, terjadi reaksi oksidatif di kulit. Reaksi itu bakal merusak kolagen, bagian dari kulit yang membuat kulit lebih kencang. Menggunakan tabir surya berarti menjaga kemudaan kulit.

Hindari Panas Matahari Pukul Sembilan Sampai Empat Sore
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 10:22
Hindari Panas Matahari Pukul Sembilan Sampai Empat Sore RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-01-20T10:22:00+07:00, Title: Hindari Panas Matahari Pukul Sembilan Sampai Empat Sore, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment