Tradisi Aneh, BAB Sembarangan Diumumkan di Masjid

Tradisi Aneh, BAB Sembarangan Diumumkan di Masjid - Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di Kota Mataram, Nusa Tenggara barat sepertinya kian bertambah. Hal ini terlihat jika ada warga yang terbukti Buang Air Besar (BAB) sembarang akan dipermalukan dan diumumkan lewat pengeras suara di masjid.

Tradisi unik ini dilakukan oleh masyarakat di Kelurahan Sayang-sayang, Kecamatan Cakranegara. Perihal pengumuman buang hajat yang diumumkan di masjid ini diberlakukan kepada pelaku setelah diberi peringatan tiga kali berturut namun tak diindahkan, barulah pengumuman di masjid itu dilakukan agar si pelaku merasa malu akan tindakannya.

Akhsanul Khalik seorang camat Cakranegara mengatakan, , hingga tahun 2011 kelurahan yang bebas dari BAB sembarangan hanya enam kelurahan kemudian 2012 bertambah menjadi 26 kelurahan dari 50 kelurahan yang ada di Kota Mataram. Akhsanul berharap pada 2013 ini semua kecamatan sudah menyandang status sebagai wilayah bebas buang air sembarangan.

Sejalan dengan kian meningkatnya kesadaran kesehatan di kalangan masyarakat Mataram, hingga kini sekitar 95% dari 400.000 jiwa kota Mataram tidak lagi buang air besar sembarangan. | merdeka.com
Tradisi Aneh, BAB Sembarangan Diumumkan di Masjid
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 14:37
Tradisi Aneh, BAB Sembarangan Diumumkan di Masjid RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-01-24T14:37:00+07:00, Title: Tradisi Aneh, BAB Sembarangan Diumumkan di Masjid, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment