Bakar Sate Indonesia Masuk 10 Terbaik di Dunia

BICARA kuliner, Indonesia banyak ragamnya. Selain sudah diberi predikat makanan terlezat di dunia versi CNNgo beberapa waktu lalu, proses memanggang masakan Indonesia juga masuk jajaran 10 terbaik di dunia.
Masuknya Indonesia dalam jajaran negara terbaik dalam soal memanggang dibuat oleh Steven Raichlen, penulis ternama yang membahas teknik memanggang. Raiclen mengatakan, berbagai negara berikut memiliki proses memanggang yang berbeda, dan masuk kategori terbaik. Berikut enam di antaranya, seperti dilansir Ehow:

Indonesia
Selain kaya rempah-rempah, Indonesia memiliki proses memanggang yang klasik. Sate, misalnya, memakai teknik memanggang dengan lebih dari 200 jenis. Pemakaian daging, bumbu, hingga prosesnya bervariasi.

Jepang
Meski wilayahnya kecil, Jepang punya barbekyu klasik, yakni robata yaki, termasuk yakitori atau kebab ayam panggang, sayuran panggang, nasi panggang, dan daging sapi kobe panggang. Barbekyu yang dimiliki Jepang tidak sehebat Indonesia, tapi memiliki suhu panas yang luar biasa. Cincho tan, sejenis arang yang dimiliki Jepang menghasilkan suhu tinggi, bahkan untuk rasa cukup sederhana. Dengan proses tersebut, membuat makanan memiliki rasa yang berbeda.

India
India terkenal dengan oven barbekyunya, biasa disebut tandoor. India pun memiliki daftar nama roti panggang, seperti naan, roti ragi yang dimasak memakai dinding batu superpanas dari oven. Barbekyu di India sangat didominasi rempah-rempah. Lebih dari 12 hingga 15 jenis rempah yang dipakai.

Turki
Turki adalah tempat kelahiran shish kebob, tak heran jika daging domba sangat mendominasi. Biasanya, memasak domba secara utuh di bawah tanah, memiliki arang yang dimasukkan ke dalam lubang besar. Prosesnya hampir sama dengan tandoor di India.

Argentina
Memiliki dua gaya yang berbeda dari barbekyu, yakni parilla, berbagai steak, mulai dari organ daging, sosis usus dan roti manis dipanggang di atas kayu atau arang. Kedua adalah asado, dimana daging babi kecil secara utuh atau daging sapi dimasak dengan metode api unggun, dimasak secara sederhana dengan cara yang benar-benar primitif, namun soal rasa sangat lezat.

Brasil
Barbekyu di Brasil disebut churrasco, memakai berbagai macam teknik memanggang daging yang dimasak pada rotisserie arang. Sirloin yang terkenal di Brasil bernama picanhaa, yakni memiliki lemak yang tebal di atasnya, lalu dipanggang dan kemudian diiris sangat tipis

Bakar Sate Indonesia Masuk 10 Terbaik di Dunia
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 20:34
Bakar Sate Indonesia Masuk 10 Terbaik di Dunia RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-02-14T20:34:00+07:00, Title: Bakar Sate Indonesia Masuk 10 Terbaik di Dunia, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment