7 Foto Keindahan Pelangi

TopikTerupdate - Keindahan alam yang tuhan berikan memang tiada duanya. Begitu menakjubkan dan terpana ketika kita melihat isi alam semesta. Banyak keindahan-keindahan yang coba tuhan hadirkan. Apalagi keindahan dari pemandangan langit yang dihiasi awan-awan serta pelangi yang berwarna-warni. Sebelum menginjak ke foto keindahan pelangi, mari alangkah baiknya kita mengetahui proses terbentuknya pelangi itu sendiri.

Pelangi atau biasa disebut bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.  

Proses Terbentuknya Pelangi : Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. 

Dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang. Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air. 

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Nah setelah memahami apa itu pelangi dan prosesnya kini sekarang saatnya melihat keindahan pelangi melalui foto-foto berikut ini.

1. Classic Rainbows


 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com


2. Circular Rainbows

 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com

3. Secondary Rainbows.


 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com


4. Red Rainbows

 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com

5. Sundogs

 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com

6. Fogbows

 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com

7. Waterfall Rainbows

 Foto Keindahan Pelangi.serbatujuh.blogspot.com

7 Foto Keindahan Pelangi
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 04:19
7 Foto Keindahan Pelangi RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-01-12T04:19:00+07:00, Title: 7 Foto Keindahan Pelangi, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment