IKAN MAS DAN SEEKOR KODOK

Alkisahnya, ada seekor kodok yang baru saja pergi dari berjalan-jalan di daratan. Ketika kembali berenang di kolam, dia bertemu dengan seekor ikan mas yang telah mengenalnya. “Halo Tuan Kodok, Anda dari mana saja?”,

“Oh, saya baru saja datang dari berjalan-jalan di daratan”,jawab Sang Kodok.

“Daratan? Apa itu daratan? Saya belum pernah mendengar ada tempat yang bernama daratan”.

“Daratan ialah tempat di mana Anda dapat berjalan-jalan diatasnya”, Sang Kodok mencoba menerangkan tentang daratan pada Si Ikan Mas.

“Oh ya, dapat berjalan-jalan diatasnya? Saya tidak percaya bahwa Anda baru saja dari daratan. Menurut saya, tidak ada tempat yang disebut daratan”, Si Ikan Mas membantah dengan sengit.

“Baiklah jika Anda tidak percaya, yang pasti saya tadi memang datang dari daratan”, balas Sang Kodok dengan sabar.

“Tetapi, Tuan Kodok, coba katakan pada saya, apakah daratan itu dapat dibuat gelembung, jika saya bernafas didalamnya?”

“Tidak”.

“Apakah saya dapat menggerakkan sirip-sirip saya didalamnya?”

“Tidak”.

“Apakah tembus cahaya?”

“Tidak”.

“Apakah saya dapat bergerak mengikuti gelombang?”

“Tidak, tentu saja”, jawab Sang Kodok dengan sabar.

“Nah, Tuan Kodok, saya sudah menanyakan Anda tentang daratan, dan semua jawaban Anda adalah “Tidak”, dan itu berarti daratan itu tidak ada”, Si Ikan Mas menjawab dengan perasaan puas.

“Baiklah, jika Anda berkesimpulan seperti itu. Yang jelas, saya tadi memang datang dari daratan dan daratan itu nyata adanya”,Sang Kodok menjawab sambil berlalu.

Si Ikan Mas, karena dia adalah seekor ikan yang hidupnya di air, maka dia tidak pernah mengetahui bahwa ada dunia lain selain dunia airnya. Kareena dia hanya mengenal dunia air, maka semua pertanyaan ynag diajukan tentang daratan, tetap berkaitan dengan dunia air. Sebaliknya Sang Kodok, dia dapat hidup di dua dunia, dunia air dan daratan. Karenanya, Sang Kodok mengerti bahwa ada dunia lain selain dunia air tempat para ikan hidup. Dia mengerti sepenuhnya dunia air, dia juga mengerti sepenuhnya daratan, karena dia sudah mengalami pengalaman empiris di dua dunia itu.

Demikian pula dengan Sang Guru. Guru mengerti sepenuhnya alam duniawi beserta segala fenomenanya dan Nibbana sebagai pembebasan dari segala fenomena. Karena Beliau telah mengalami pengalaman empiris kehidupan duniawi dan pencapaian Nibbana. Kita adalah si ikan mas yang keras kepala. Sepanjang kita belum pernah mengalami pencapaian Nibbana, seberapa hebatnya Sang Guru menerangi tentang Nibbana, kita tak kan mengerti. Bukan berarti Sang Guru gagal mencerahi kita. Kebodohan kita sendirilah yang menghalangi pencerahan yang mestinya terjadi.

Mutiara pencerahan itu ada dalam diri kita.Guru Qta telah menunjukkan jalannya. Kini yang perlu kita lakukan hanyalah meneguhkan hati untuk menjalani jalan yang telah ditunjukkan tersebut. Mengalami sendiri pencapaian Nibbana dan mengerti apakah Nibbana itu dengan sepenuhnya. Dan menjadi orang yang memenangi pertarungan yang sejati.
Baca Selengkapnya ... »»  

DITENGAH BADAI

Pada suatu hari, seperti biasanya kami berkendaraan menuju ke suatu tempat, dan aku yang mengemudi.

Setelah beberapa puluh kilometer, tiba-tiba awan hitam datang bersama angin kencang. Langit menjadi gelap. Kulihat beberapa kendaraan mulai menepi dan berhenti.

"Bagaimana Ayah? Kita berhenti?", aku bertanya.

"Teruslah mengemudi!", kata Ayah.

Aku tetap menjalankan mobilku.

Langit makin gelap, angin bertiup makin kencang. Hujanpun turun. Beberapa pohon bertumbangan, bahkan ada yang diterbangkan angin. Suasana sangat menakutkan.
Kulihat kendaraan-kendaraan besar juga mulai menepi dan berhenti.

Aku tetap mengemudi dengan bersusah payah. Hujan lebat menghalangi pandanganku sampai hanya berjarak beberapa meter saja.

Anginpun mengguncang-guncangkan mobil kecilku. Aku mulai takut. Tapi aku tetap mengemudi walaupun sangat perlahan.

Setelah melewati beberapa kilometer ke depan, kurasakan hujan mulai mereda dan angin mulai berkurang.

Setelah beberapa killometer lagi, sampailah kami pada daerah yang kering dan kami melihat matahari bersinar muncul dari balik awan.

"Silahkan kalau mau berhenti dan keluarlah", kata Ayah tiba-tiba.

"Kenapa sekarang?", tanyaku heran.

"Agar engkau bisa melihat dirimu seandainya engkau berhenti di tengah badai".

Aku berhenti dan keluar. Kulihat jauh di belakang disana badai masih berlangsung.

Aku membayangkan mereka yang terjebak di sana dan berdoa, semoga mereka selamat.

Dan aku mengerti bahwa jangan pernah berhenti di tengah badai karena akan terjebak dalam ketidak-pastian dan ketakutan kapan badai akan berakhir serta apa yang akan terjadi selanjutnya.


Jika kita sedang menghadapi "badai" kehidupan, teruslah berjalan, jangan berhenti, jangan putus asa karena kita akan tenggelam dalam keadaan yang terus kacau, menakutkan dan penuh ketidak-pastian.

Lakukan saja apa yang dapat kita lakukan, dan yakinkan diri bahwa badai pasti berlalu !
Baca Selengkapnya ... »»  

ATURAN SEDERHANA BERBAHAGIA

Seorang lelaki berumur 92 tahun yang mempunyai selera tinggi, percaya diri, dan bangga akan dirinya sendiri, yang selalu berpakaian rapi setiap hari sejak jam 8 pagi, dengan rambutnya yang teratur rapi meskipun dia buta, masuk ke panti jompo hari ini. Istrinya yang berumur 70 tahun baru-baru ini meninggal, sehingga dia harus masuk ke panti jompo.

Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobi, Dia tersenyum manis ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap. Ketika dia berjalan mengikuti penunjuk jalan ke elevator, aku menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil, termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.

“ Saya menyukainya” , katanya dengan antusias seperti seorang anak kecil berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing.

“ Pak, Anda belum melihat kamarnya, tahan dulu perkataan tersebut” .

“ Hal itu tidak ada hubungannya” , dia menjawab.

“ Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal. ...

Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur tapi bagaimana aku mengatur pikiranku. Aku sudah memutuskan menyukainya. Itu adalah keputusan yang kubuat setiap pagi ketika aku bangun tidur.

Aku punya sebuah pilihan; aku bisa menghabiskan waktu di tempat tidur menceritakan kesulitan-kesulitan yang terjadi padaku karena ada bagian tubuhnya yang tidak bisa berfungsi lagi, atau turun dari tempat tidur dan berterima kasih atas bagian-bagian yang masih berfungsi.

Setiap hari adalah hadiah, dan selama mataku terbuka, aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru dan semua kenangan indah dan bahagia yang pernah kualami dan kusimpan. Hanya untuk kali ini dalam hidupku.

Umur yang sudah tua adalah seperti simpanan dibank. Kita akan mengambil dari yang telah kita simpan. Jadi, nasehatku padamu adalah untuk menyimpan sebanyak-banyaknya kebahagiaan di bank kenangan kita.

Terima kasih padamu yang telah mengisi bank kenanganku. Aku sedang menyimpannya “ .


Ingat-ingatlah lima aturan sederhana untuk menjadi bahagia:

1. Bebaskan hatimu dari rasa benci.
2. Bebaskan pikiranmu dari segala kekhawatiran.
3. Hiduplah dengan sederhana.
4. Berikan lebih banyak (give more)
5. Jangan terlalu banyak mengharap (expectless).
Baca Selengkapnya ... »»  

Bahaya Terjatuh Dalam Posisi Duduk

jatuhBahaya Terjatuh Dalam Posisi Duduk - Seringkali orang terjatuh dalam posisi terduduk, seperti terpeleset atau terjatuh dari tangga. Jatuh dengan posisi duduk rasanya nyeri bukan kepalang. Selain nyeri, ada bahaya lain lho bila terjatuh dalam posisi terduduk, yaitu, yang cukup membahayakan, adalah cedera pada tulang ekor yang terhubung dengan saraf di tulang belakang. Tulang ekor (coccyx) merupakan salah satu tulang terkecil dalam tubuh, tetapi bisa menyebabkan sakit yang luar biasa dan masalah kesehatan serius bila mengalami cedera pada saat terjatuh. Tulang ekor ini terletak di ujung bawah tulang belakang dimana ia biasanya terlindungi dengan baik, tetapi ketika terluka saat jatuh atau trauma lain, maka tulang ekor bisa memar atau dislokasi tulang.

Segala bentuk cedera pada tulang ekor dapat menyebabkan masalah serius karena terdapat banyak saraf dan otot yang melekat pada tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas.

Beberapa bahaya bila mengalami cedera tulang ekor seperti dilansir Webmd dan coccyx.org adalah:

-Sakit saat atau setelah duduk

-Sakit akut ketika bergerak dari duduk ke berdiri

-Sakit kepala parah

-Nyeri di seluruh tubuh terutama pinggang dan panggul

-Nyeri di daerah tulang ekor yang tidak mereda dalam jangka waktu lama (coccygodynia)

-Mengalami masalah pencernaan kronis, terutama sembelit.

-Kram hebat saat menstruasi

-Depresi dan susah tidur

-Sakit saat melakukan hubungan seksual

Selain terjatuh dalam posisi duduk, cedera tulang ekor juga bisa terjadi karena kondisi berikut:

-Posisi duduk yang salah

-Pukulan langsung ke tulang belakang,

-Terluka atau patah tulang ekor saat persalinan

-Tegang atau gesekan berulang-ulang seperti gerakan pada mendayung dan bersepeda

-Infeksi atau tumor pada tulang ekor

Beberapa masalah kesehatan dapat muncul tepat setelah cedera tulang ekor, sementara yang lain muncul pada bulan atau tahun berikutnya.

Cedera tulang ekor lebih sering terjadi pada perempuan karena bentuk panggul perempuan membuat tulang ekornya lebih terbuka.
Baca Selengkapnya ... »»  

[Foto] Helm Safety

langsung aja gan,
helm ini didesain oleh seorang ibu asal pekanbaru.
dia terlihat mengenakan helm ini ketika sedang berpergian dengan sang suami.
helm ini didesain untuk menahan guncangan sampe 11SR!
bahkan bukan hanya melindungi bagian kepala,helm ini juga terbukti melindungi badan dari pemakai,sehingga dapat mencegah terjadinya cedera di bagian dada dan sekitarnya.

Helm Safety  @kaskus.com
Baca Selengkapnya ... »»  

MAHAKARYA

Kepada seorang pelukis Sang Guru berkata, "Agar dapat
berhasil, setiap pelukis harus menggunakan waktu berjam-jam
dalam usaha dan kerja keras tanpa henti."
...
"Beberapa orang berhasil mengesampingkan ego. Ketika itu
terjadi, sebuah mahakarya pun lahir."

Lalu, seorang murid bertanya, "Siapa yang bisa disebut
seorang Mahaguru?"

Sang Guru menjawab, "Siapa saja yang mengesampingkan egonya.
Hidup orang itu adalah sebuah mahakarya."
Baca Selengkapnya ... »»  

DALAM KITAB

"Pembimbing rohanimu sama buta dan bingungnya dengan kamu,"
kata Sang Guru. "Jika menghadapi permasalahan hidup, segera
mereka mencoba mencari jawabnya dari dalam Kitab. Padahal,
... hidup itu terlalu besar untuk dicocokkan dengan kitab mana
pun."

Untuk melukiskan hal itu, ia bercerita mengenai seorang
penjahat yang berkata, "Angkat tangan! Berikan uangmu atau
kalau tidak..."

"Kalau tidak, apa?"

"Sudahlah, jangan banyak bertanya dan membuat saya bingung!
Saya baru pertama kali ini merampok." ^_^


Baca Selengkapnya ... »»  

MENGAPA HARUS BERTERIAK ?

Suatu hari sang guru bertanya kepada murid-muridnya : "Mengapa ketika seseorang sedang dalam keadaan marah, ia akan berbicara dengan suara kuat atau berteriak?"

Seorang murid setelah berpikir cukup lama mengangkat tangan dan menjawab: "Karena saat seperti itu ia telah kehilangan kesabaran, karena itu ia lalu berteriak."

" Tapi..." sang guru balik bertanya, "lawan bicaranya justru berada disampingnya. Mengapa harus berteriak? Apakah ia tak dapat berbicara secara halus?"

Hampir semua murid memberikan sejumlah alasan yang dikira benar menurut pertimbangan mereka. Namun tak satupun jawaban yang memuaskan.

Sang guru lalu berkata: "Ketika dua orang sedang berada dalam situasi kemarahan, jarak antara ke dua hati mereka menjadi amat jauh walau secara fisik mereka begitu dekat. Karena itu, untuk mencapai jarak yang demikian, mereka harus berteriak.

Namun anehnya, semakin keras mereka berteriak, semakin pula mereka menjadi marah dan dengan sendirinya jarak hati yang ada di antara keduanya pun menjadi lebih jauh lagi. Karena itu mereka terpaksa berteriak lebih keras lagi."

Sang guru masih melanjutkan : "Sebaliknya, apa yang terjadi ketika dua orang saling jatuh cinta?

Mereka tak hanya tidak berteriak, namun ketika mereka berbicara suara yang keluar dari mulut mereka begitu halus dan kecil. Sehalus apapun, keduanya bisa mendengarkannya dengan begitu jelas. Mengapa demikian? " Sang guru bertanya sambil memperhatikan para muridnya.

Mereka nampak berpikir amat dalam namun tak satupun berani memberikan jawaban.

"Karena hati mereka begitu dekat, hati mereka tak berjarak. Pada akhirnya sepatah katapun tak perlu diucapkan. Sebuah pandangan mata saja amatlah cukup membuat mereka memahami apa yang ingin mereka sampaikan."

Sang guru masih melanjutkan : "Ketika anda sedang dilanda kemarahan, janganlah hatimu menciptakan jarak. Lebih lagi hendaknya kamu tidak mengucapkan kata yang mendatangkan jarak di antara kamu. Mungkin di saat seperti itu, tak mengucapkan kata-kata mungkin merupakan cara yang bijaksana. Karena waktu akan membantu anda."
Baca Selengkapnya ... »»  

Antrian Obral Toko Sembako

Sebuah toko sembako besar mengadakan obral besar. Pagi-pagi benar sudah terlihat antrian panjang, orang berjejal di depan pintu toko yang baru akan buka jam 9 pagi.


Seorang lelaki tua tampaknya tidak sabar, dia memotong antrian paling depan. Orang-orang yang antri kesal,


"Hei! Antri dong..." Si lelaki itu ditarik dan didorong ke belakang.


Rupanya lelaki tua ini tidak kapok. Dia mencoba utk yang kedua kalinya. Tapi orang-orang kembali mendorongnya ke barisan paling belakang, sambil mengomelinya.


Untuk ketiga kalinya, ia kembali berjalan menuju ke depan. Kali ini orang-orang yang antri mulai hilang kesabaran, sambil menyumpahi, mereka mendorongnya dengan lebih kasar hingga terjatuh...


Dengan tertatih-tatih si lelaki tua itu bangun sambil berteriak,


"Kalo lu olang belani dolong-dolong oweh lagi, oweh kagak jadi buka toko! Bialin lu olang pada antli sampe tua haiya!!" (KETAWA.COM)
Baca Selengkapnya ... »»  

Berhitung

Bu Guru bertanya kepada murid-muridnya, "Siapa yang bisa berhitung?"
Si Noel mengangkat tangan.
"Benar kamu bisa berhitung?"
"Bisa Bu. Ayah yang mengajari."
"Baik, coba kita lihat. Setelah tiga, berapa?"
"Empat."
"Bagus. Setelah enam?"
"Tujuh."
"Setelah sembilan?"
"Sepuluh," jawab si Noel.
"Bagus sekali. Rupanya ayahmu benar-benar tahu bagaimana mengajar berhitung.
Lalu setelah sepuluh?" tanya Bu Guru lagi.
Dengan senyum penuh keyakinan, si Noel menjawab,
"Jack, Queen, & King"
Baca Selengkapnya ... »»  

bikin owe pusing aja

Pada suatu hari datang dinas kesehatan untuk memeriksa babi-babi disebuah
peternakan. Maka bertanyalah petugas itu kepada pengusaha peternakan
"Tolong dijelaskan babi-babi ini dikasih makan apa?".

Pengusaha itu menjawab, "you tahulah... babi-babi ini setiap ari owe kasih
sisa-sisa makanan sajalah"

"Wah, engga boleh donk. Mana sehat". Gertak petugas.

Pengusaha mulai kesal tahu maksud si petugas ini. Okelah nanti owe
pebaiki..
sekalang ini ceban buat you beli loko.".

Petugas pergi dengan senang dapat sepuluh ribu.

Sebulan kemudian datang petugas dengan pertanyaan yang sama.
Pengusaha ini kali menjawab "you tak pelu takut lah... babi-babi sudah owe
kasih makan
sedap-sedap setiap hali"

"Wah gimana sich...rakyat masih banyak yang kelaparan koq babi dikasih
makan enak."
kembali petugas menjawab denganmuka garang.

Sekali lagi petugas kena disogok dengan cebanan lalu pergi.

Sebulan berikutnya datang lagi si petugas ini :
"Sekarang saya musti periksa dengan seteliti-telitinya, babi-babi ini
dikasih makan apa saja".

Dengan tegas dan nada keras si pengusaha menjawab :
"Owe pusing dikasih makan ini salah, dikasih makan itu salah....sekalang
owe
kasih setiap babi goceng-goceng haa........suluh cali makan sendili-sendili
dilua ...........
Baca Selengkapnya ... »»  

Bola Putih Dan Hitam

Ceritanya ada seorang anak cowok tunggal yang ditinggal mati nyokapnya pas
ngelahirin dia. Sejak itu bokapnya jadi amat sangat workaholic sekali dan
nggak married2 lagi.
Ini anak tapi baek hati dan lemah lembut walopun cuma bareng pengasuh aja.
Pas TK, sementara anak2 laen udah punya sepeda dia masih jalan kaki.
Pengasuhnya ngadu ke bokapnya, "Tuan, nggak kasian sama den Bagus ? Masa
sepeda nggak punya... apa tuan juga nggak malu?"
Iya..nih..bokapnya tuh tajir banget deh. Punya sekian perusahaan.. maka
dipanggillah si anak, ditawarin mau sepeda yang kayak gimana merek apa..dan
si anak cuma bilang, "Nggak usah repot2 pi, aku dibeliin bola item bola
putih aja.."
Lho kok gitu? Bingung dong bokapnya. "Kenapa bola item dan putih?"
"Nggak usah diterangin deh pi. Kalo papi punya uang yaa..beliin itu aja."
Yah, mengingat mereka nggak pernah ngobrol, jadi papinya nerima2 aja. Nggak
berminat lanjutin, maka dibeliin lah tu anak sepeda generasi terbaru saat
itu, yang paling canggih, plus bola item dan bola putih.
Trus ni anak masuk SD lah. Pas itu musim sepatu roda. Sekian lama pengasuh
pratiin, ni anak nggak minta2 dibeliin sepatu roda sama papinya. Sore2 cuma
duduk aja. Sepedanya juga ditaruh di gudang. Lagi nggak musim.
Pengasuhnya laporan pandangan mata dong ke tuannya hingga si anak dipanggil
lagi. "Nak, kamu mau dibeliin sepatu roda kayak temen2 kamu? kok nggak
bilang2 papi. Nggak masalah cuma beli sepatu roda aja...".
Si anak bilang,"nggak pi, bola item dan bola putih saya udah rusak..
dibeliin lagi aja..nggak usah beli sepatu roda. Lagian lebih murah bola kan
pi?" Yee..si papi geram dong. Ni anak ngeremehin papinya sendiri, atau sok
merendah ? So, tetep si papi beliin sepatu roda, plus bola item dan bola
putih.
Selang beberapa taun, ni anak masuk SMP. Cerita sama terulang. Sekarang
temen2nya musim rollerblade. Tren baru.
Sementara sore hari, dia masih setia sama sepatu rodanya.
Pas bokapnya pulang dari luar negri dan ngeliat anaknya doang yang pake
sepatu roda, si papi malu banget. Gila, rumah gedong, perusahaan banyak,
keluar negri terus...eeh anaknya ketinggalan jaman.
Besoknya, di kamar anaknya udah ada sepasang roller blade baru dengan note:
"Biar kamu nggak malu".
Malemnya di ruang kerja papinya ada note balesan: "Pi, kok nggak beliin bola
item dan bola putih? Aku lebih suka itu."
Weleh, si papi pas liat note itu dongkol tambah bingung. Apaan sih
istimewanya bola item dan bola putih?
Emang bisa bikin die beken atau nge-tren? Besoknya dan besoknya lagi si papi
berkali2 nemuin note itu...hingga dia nggak tahan dan membelikan anaknya
bola item dan bola putih untuk kesekian kalinya. Bener, setelah dapet tu
bola, si anak nggak ngerongrong bokapnya lagi.
Pas SMA, yang jaraknya rada jauh, si anak masih berbis ria, temen2nya udah
ada yang bawa motor en mobil ke sekolahan.
Suatu hari, tumben papinya di rumah, si anak pulang dianterin temennya yang
mau ditebengin. Papi malu banget.
Masa cuma untuk anak satu nggak bisa beliin mobil? Maka ditawarin anaknya.
Si anak nolak dengan alasan mobil kurang praktis, lagian pengen bola item
bola putih aja. Si bapak nggak terima penolakan. Karna anaknya udah gede,
bisa berunding.
Hingga tercetus keputusan si anak dibeliin motor plus bola item dan bola
putih tentunya. Dan si bapak kesel juga dunk.
Udah berapa taun dia beberapa kali beliin dua macem bola itu tanpa tau
kenapa. Tapi si anak nggak ada keinginan dan kemauan ngasih tau sih.
Hingga tibalah masa kuliah. Karna seneng dan bangga masuk PTN, si anak
dikadoin mobil. Sampe beberapa bulan si anak masih naek motoor aja. Kuliah,
pacaran, naek motor aja.
Pacarnya juga bingung, kan dia punya mobil? Ditanya sama pacarnya, dijawab,
abis papi nggak beliin bola item bola putih. Nggak ngerti anak sendiri sih!
So, pas makan malem bersama, si pacar bilang sama papi, kenapa si oom nggak
beliin bola item bola putih.
Si papi sebenernya sensitif sama para bola itu..huh..sampe pacar anak gue
nyuruh2..ditanya dong kenapa.
Si pacar bilang kalo mobilnya nggak akan dipake selama nggak dikasih bola
itu juga. Papi bingung dong, di kamar anaknya udah segitu banyak bola item
bola putih. Buat apa sih, pikir papi. Tapi demi gengsi, anak orang lho yang
nanya, maka besoknya udah ada bola item bola putih buat anaknya.
Suatu hari anaknya gaul ke puncak bawa mobil, sama pacarnya.
Yah, namanya anak muda, pas lagi di jalan, si pacar nyium dia en dia jadi
grogi dan kecelakaan!!! Segera di bawa ke rumah sakit si papi juga ditelpon
sama rumah sakitnya.
Tabrakannya parah. Mereka berdua nggak ada yang pake seatbelt, yang cewek
mati seketika dan ni cowok udah sekarat.
Si papi dateng ke RS.."gimana dok, anak saya?"
Dokter (dengan tampang empati penuh duka cita) :"Maaf pak, kami tidak dapat
berbuat banyak.. sepertinya memang sudah waktunya... sebaiknya bapak
manfaatkan waktu terakhir.."
Perlahan si bapak masuk, nyamperin anaknya. "Pap, maafin saya..nggak hati2
bawa mobilnya.."
Si anak juga nangis karna pacarnya nggak tertolong. Si papi nenangin
dia...akrablah dua manusia itu beberapa saat. Hingga si papi beranggapan ini
saat terakhir. Dia inget penasaran dia tentang kenapa si anak selama ini
selalu minta bola item bola putih.
"Nak, maafin papi selama ini yang selalu sibuk..kamu jadi kesepian..maafin
papi, nak. Nggak sempet jadi orang tua yang baik."
Anaknya jawab,"nggak apa-apa pi, saya ngerti kok..Cuma sempet kesel kalo
papi punya uang lebih malah beliin yang macem2....saya cuma minta bola item
dan bola putih aja kan?"
Si papi rasa timing-nya tepat nih, "KENAPA SIH KAMU SELALU MINTA BOLA ITEM
BOLA PUTIH... ADA APA DENGAN BOLA2 ITU?"




(pembaca juga penasaran ya..?)




Si anak jawab dengan terpatah2 dan susah banget, abis udah sekarat dan
masanya udah hampir sampe... "sebab pi...saya..."
*hep*
Kepalanya rebah dan nafasnya ilang. Si anak udah meninggal sebelum kasih tau
papinya.




Nah, si papi aja yang udah hidup bareng anaknya nggak tau...apalagi saya
yang cuma bercerita?
GIMANA? Kesel ngak sih? Tabokin aja yang pertama kali cerita, tapi maapin
yang "forward" in karena saya juga korban en, nggak enak jadi korban
sendirian.





Capek kan bacanya??? :)
Baca Selengkapnya ... »»  

Burung Beo

andi punya burung beo yang bisa melakukan apa saja 
yang diperintahkan oleh orang lain. sehingga pada suatu hari teman
andi si iqbal datang kerumah andi dan melihat beo tersebut.
trus mulai memberikan perintah pada beo tersebut.

iqbal : "angkat sayap kanan....!!!"
beo : (mengangkat sayap kanan)
iqbal : "angkat sayap kiri.....!!!"
beo : (mengangkat sayap kiri)
iqbal : "angkat kaki kanan......!!!"
beo : (mengankat kaki kanan)
iqbal : "angkat kaki kiri........!!!!!!"
beo : (diam sejenak, lalu berkata)
"GWE JATUH GOBLOOK....!!!!"
Baca Selengkapnya ... »»  

Bolot

si amir yang bolot berpapasan dengan si udin yang juga bolot.

pada hari libur si amir dengan membawa alat pancingnya berangkat menuju ke tempat
pemancingan ditengah jalan berpapasan dengan temannya( udin ).

udin : mir !! mau kemana ? mau mancing ya..!

amir : ngak,.. orang saya mau mancing kok.!..

udin : Oo... kirain mau mancing ..

.........?????????????....................
Baca Selengkapnya ... »»  

ANGIN DAN BULAN ( Persahabatan)

Pada suatu ketika, ada dua teman baik yang hidup bersama di sebuah tempat berteduh dari batu. Ini mungkin terlihat aneh, satunya adalah seekor singa dan yang satu lagi seekor macan. Mereka sudah bertemu sejak mereka masih terlalu muda untuk mengetahui perbedaan antara singa dan macan. Jadi mereka tidak berpikir sama sekali kalau persahabatan mereka itu luar biasa. Ditambah lagi, tempat itu adalah bagian dari gunung-gunung yang tentram. Barang kali karena pengaruh dari seorang bhikkhu hutan lemah lembut yang tinggal di dekat tempat itu. Ia adalah seorang petapa yang tinggal jauh dari penduduk.

Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, suatu hari dua orang teman tersebut masuk ke dalam perbedaan pendapat yang bodoh.

Si Macan berkata, “Setiap orang tahu kalau rasa dingin datang ketika bulan susut dari purnama ke bulan mati.”

Si Singa berkata, “Dari mana kau mendengar omong kosong tersebut?” “Setiap orang tahu kalau rasa dingin datang ketika bulan bertambah besar dari bulan mati ke purnama!”

Percecokan itu menjadi kuat dan kuat. Tidak ada satu pun yang dapat menyakinkan yang lainnya. Mereka tidak dapat menghasilkan kesimpulan apa pun untuk menyelesaikan perdebatan yang semakin membesar itu. Mereka bahkan mulai memanggil nama masing-masing satu sama lainnya! Khawatir akan persahabatannya, mereka memutuskan untuk pergi dan bertanya kepada bhikkhu hutan terpelajar yang pasti akan tahu tentang hal semacam itu.

Singa dan macan Mengunjungi si petapa yang penuh ketenangan, mereka menunduk memberi hormat dan menanyakan pertanyaan mereka kepadanya. Si Bhikkhu yang bersahabat tersebut berpikir sejenak dan kemudian memberikan jawabannya, “Bisa saja dingin pada bentuk bulan apa pun, dan bulan mati ke bulan purnama dan kembali ke bulan mati lagi. Anginlah yang membawa rasa dingin, apakah itu dari barat, utara ataupun timur. Untuk itu, sedikit banyak kalian berdua benar! Dan tidak ada satu pun dari kalian yang dikalahkan oleh yang lainnya. Hal yang paling penting adalah hidup tanpa perselisihan, untuk tetap bersatu. Kebersamaan tentu saja adalah yang terbaik.”

Singa dan Macan berterima kasih kepada petapa yang bijaksana. Mereka bahagia masih menjadi teman.


Pesan moral : Cuaca datang dan pergi (berubah-ubah), namun persahabatan harus tetap terjalin.
Baca Selengkapnya ... »»  

Maharaja Express Kereta Api Termewah

Kereta pariwisata paling mewah di India memulai perjalanan perdananya dari satu kota di bagian timur negeri tersebut pada Sabtu malam.

Kereta itu, yang diberi nama "Maharajas Express", diluncurkan di stasiun Kolkata pukul 22.10 waktu setempat oleh Menteri Perkereta-apian India Mamata Banerjee, demikian laporan media India, Sabtu malam.

Selama enam hari dan tujuh malam berikutnya, kereta tersebut akan berhenti di enam stasiun sebelum sampai ke tujuan, New Delhi. Itu akan menjadi perjalanan unik pan-India, dan wisatawan dapat mengunjungi banyak tujuan terkenal, seperti kota warisan dan hutan lebat, tempat pendatang mungkin memiliki kesempatan untuk melihat harimau, kata Banerjee.

Kereta tersebut hanya membawa 88 penumpang di 23 gerbong yang didekorasi dengan baik, yang diperlengkapi dengan sistem penfatur temperatur individual, toilet ramah lingkungan, perangkat TV, DVD player, Internet dan telepon hubungan langsung, dan semua makanan serta minuman gratis, kata laporan tersebut.

Ada empat kategori gerbong "junior suite" dengan harga tiket 800 dolar AS per orang per hari, kabin deluxe dengan harga 900 dolar AS, "suite" dengan 1.400 dolar AS dan "Presidential Suite" dengan harga 2.500 dolar AS.

Tindakan baru itu menciptakan sejarah dalam perkereta-apian India, dan akan meningkatkan pembangunan industri pariwisata, kata menteri tersebut.





















Baca Selengkapnya ... »»  

Reaksi Cewek disaat "ehem"

Reaksi wanita saat sang cowoknya adalah seorang pegawai atau karyawan...
bangga

Saat honeymoon... Reaksi wanita saat dicium pertama kali & sadar betapa gantengnya kita...
bulan madu


1 tahun pernikahan... Reaksi wanita saat tahu kalo gaji pokok kita hanya satu jutaan & ngga biasa korupsi...
tabok

3 tahun pernikahan... Reaksi wanita saat tahu kalo tahun ke-3 gaji tetep ngga naek-naek...
tendang

Heheheh just joke

Jika kamu ketawa... tolong di share ke facebook dwonk
Baca Selengkapnya ... »»  

Bill gates

Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi informasi di Indonesia,
bagaimana jika Bill Gates yang baru saja mundur sebagai CEO Microsoft
diangkat sebagai Menristek? Berikut ini adalah beberapa tanggapan yang
diambil dari beberapa mailing list..
1. Mas Bill bakal mengusulkan supaya FreeCell, Solitaire, dan Minesweeper
dipertandingkan di PON
2. Setiap Warga Negara Indonesia akan mempunyai alamat email di Hotmail dan
alamat tsb tercantum dlm KTP
3. Akan dibuat pasal baru yg berbunyi: "Setiap PC dan Operating System
selain MS Windows di dalamnya, dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk
sebesar-besarnya kemakmuran rakyat."
4. Istilah RUU akan dirubah menjadi Undang-Undang Beta Ver. dan UU yang
sudah disahkan DPR menjadi UU Final Retail Ver.
5. Di layar TVRI bisa kita scrolling layarnya dan dibagian bawahnya ada
tulisan "Best Viewed with 800x600"
6. Menghentikan demo mahasiswa cukup tekan alt+f4 dan untuk menghentikan
kerusuhan tekan ctrl+alt+del.
7. Kantor Microsoft di Seattle dipindahkan ke Sentul.
8. Sidang-sidang kabinet cukup lewat MS NetMeeting, 'gak usah ke Binagraha
(ngirit duit).
9. Cak Bill akan mengubah ICMI yang dibuat pendahulunya menjadi Ikatan
Cendekiawan Microsoft Indonesia.
10. Jangan-jangan akan muncul e-corruption.
11. Menristek akan diubah menjadi Men-Soft-Tek.
12. Dengan munculnya Bill Gates, Baligate dan Lippogate bakal cepat diungkap
tuntas.
13. Menggunakan Netscape bisa-bisa dianggap "Illegal Operation" dan dijerat
dengan pasal-pasal subversi.
14. PT Kantor Pos Indonesia diubah menjadi PT Hotmail!
15. Televisi kita, apabila ditinggal sebentar, akan muncul screen savernya.
16. Headline sebuah surat kabar : "Windows NT 6.0 dipesan Thailand, untuk
ditukar dengan beras".
17. Proyek pesawat N-250 akan diubah namanya menjadi NT-250 yang dilengkapi
fasilitas feature "Plug and Play".
18. Microsoft akan menjadi BUMN dan pengelolaan sahamnya diurus oleh BPPN.
19. Mahasiswa akan sulit untuk membeli Windows bajakan .
20. Ruangan-ruangan di Indonesia akan lebih sejuk karena memakai Windows. =P
21. Institusi pemerintah akan memaik o/s (operating system) ber-platform
Windows, sedangkan oposisi memakai Linux.
23. WNI menjadi Windows Negara Indonesia.
24. Pada setiap komputer perwira POLRI dan TNI akan selalu muncul "It is now
ok to shut down your Corruptor and Provicateur".
25. Setiap Keputusan Menteri, PP, dll akan diberi Certificate of Authencity
berikut serial number-nya.
26. Supaya negara aman, Bill Gates akan menyarankan pemerintahan berjalan
Safe Mode".
27. Ijazah yang berlaku untuk BPPT, IPTN, PAL, dan yang lainnya hanyalah
Microsoft Certificate Engineer.
28. 'Gak perlu repot-repot untuk nyoblos pas Pemilu, cukup ke website pemilu

29. Negara Repblik Indonesia diganti menjadi Negara E-Republic Windowsnesia.

30. Kantor Menristek perlu tambahan supir karena setiap penambahan aparat.
memerlukan "Driver".
31. Karena Prosedur Operasi Tempur TNI berbasis Windows sehingga sering
terjadi "Illegal Operation".
32. Bahasa resmi negara adalah Visual Basic dan VBScript adalah bahasa
pengantar di sekolah dasar.
33. Produknya berupa peraturan dengan versi 1.0, 1.1 dst, dan setiap
penggunanya dikenakan lisensi per pemakai.
34. Peraturan Pemerintah setiap 3 bulan sekali akan selalu di-update dari PP
1/2000 menjadi PP 1/2000 SE (Second Edition).
35. Akan ada TVRI versi 1.1, TVRI versi 1.2, RRI versi 2.5 dll.
36. Akan ada keputusan Menteri Final Preview.
37. Semua Paket Kebijaksanaan Pemerintah akan diberi versi dan akan selalu
dikeluarkan bug fixed dan service pack.
38. Windows akan bebas di-download di Indonesia dan berfungsi sebagai public
domain, sementara distribusi Linux akan dikenakan PPN BM.
39. Semua pesawat IPTN akan ditempeli stiker "MS Windows Compatible".
40. Fasilitas ctrl+alt+del akan ditemui di Gedung MPR/DPR untuk
mengantisipasi Dead Lock.
41. Utk mencari "provokator" menjadi lebih mudah, tinggal ketik nama atau
initialnya lalu klik search, dan provokator itu akan langsung ketangkap.
42. Bill Gates jadi Menristek bakal banyak bugs-nya, jadi mesti di patch ulang
dengan service pack 7 or higher.
Baca Selengkapnya ... »»  

4 Rumus Agar Bebas Penyakit

Penyakit

  1. Jangan merokok.

  2. Hindari junk food.

  3. Pantau terus lingkar pinggang.

  4. Dan berjalan kakilah!


Mungkin kita sudah mendengar nasihat di atas ribuan kali. Tapi, tahukah Anda jika kita benar-benar menjalankan keempat hal tersebut, kita mampu menurunkan kesempatan terkena sebagian besar penyakit kronis hingga 80%?

Fakta itu dipublikasi dalam Archives of Internal Medicine yang telah meneliti kesehatan, gaya hidup, dan pola makan dari 23.513 orang dewasa di Jerman, dengan kisaran usia 35 hingga 65 tahun. Para peneliti menemukan para relawan yang menjalankan pola hidup sehat, cenderung jarang terkena penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Studi ini juga menyertakan analisis detil mulai dari tinggi dan berat badan, riwayat kesehatan, frekuensi makan, serta bagaimana para relawan mengikuti keempat gaya hidup sehat dalam 8 tahun penelitian ini berlangsung. Percaya atau tidak, keempat gaya hidup sehat itu adalah nasihat yang sering kita dengar, yaitu : Tidak merokok, berolahraga setidaknya 3,5 jam seminggu, menjaga BMI mereka di bawah 30,untuk cek BMI anda silahkan cek Disini...Mengikuti pola makan tinggi buah, sayuran, roti gandum utuh, dan membatasi asupan daging-dagingan. Kebanyakan dari relawan menjalani satu gaya hidup, hanya 9% dari mereka yang mengikuti keempat gaya hidup yang diminta.

Usai menyesuaikan dengan faktor-faktor risiko yang mungkin mempengaruhi perkembangan penyakit, para peneliti menemukan bahwa relawan yang mengikuti semua kebiasaan sehat dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardovaskular, kanker, hingga 78% ketimbang relawan yang dilaporkan tidak menjalani gaya hidup sehat sama sekali.

Secara khusus, jika keempat gaya hidup sehat ini dilakukan mampu menurunkan risiko diabetes hingga 93%, serangan jantung sampai 81%, stroke 50%, dan kanker sebesar 36%. Para peneliti mengatakan betapa pentingnya untuk mengadopsi dan mengajarkan kebiasaan sehat ini sedini mungkin.

Anda ingin selalu sehat dan terhindari dari penyakit yang mematikan? Hindari rokok (jika Anda seorang perokok, segera berhenti), selalu jaga berat sehat dengan BMI di bawah 30, lakukan aktivitas fisik setidaknya 3,5 jam seminggu, dan jalankan pola makan sehat kaya buah, sayuran, gandum utuh, serta kurangi daging merah, saran Earl S. Ford, MPH, salah satu peneliti.
Baca Selengkapnya ... »»  

dimana kamar pak yakub

Seorang kakek memasuki sebuah apartemen. Di pintu masuk ia bertemu seorang anak.
Nak,apakah engkau tahu kamar dimana Pak Yakub tinggal? tanya sang kakek kepada anak tersebut.
Dengan ramah anak itu menjawab, O, tahu Kek! Mari saya antarkan.
Anak itu pun mengajak kakek itu naik tangga menuju lantai 10 dan membawanya ke depan kamar pak Yakub.
Ini Kek kamar apartemen Pak Yakub.
Dengan napas yang masih tersengal-sengal sang kakek mengetuk pintu berkali-kali tetapi tidak ada jawaban.
Nak,sepertinya Pak Yakub tidak di rumah.
Betul Kek, Pak Yakub sedang berada di lantai satu menunggu tamunya.
Baca Selengkapnya ... »»  

Pasien yang Membingungkan

Seorang dokter muda melayani pasiennya yang sedang memeriksakan penyakitnya.

Pasien: "Selamat siang, dok. Saya mau memeriksakan penyakit saya. Saya merasakan tidak enak badan, Dok."

Dokter: "Terasa sakitkah?"

Pasien: "Sana dan sini!"

Dokter: "Terasa pusingkah?"

Pasien: "Sekarang dan sebentar lagi!"

Dokter: "Pandangan kabur? Berkunang-kunang?"

Pasien: "Gelap dan terang!"

Dokter: "Demamkah?"

Pasien: "Panas dan dingin!"

Dokter: "Ehmmm......" [Si dokter memegang janggutnya dan mengernyitkan dahinya sambil manggut-manggut.]

Pasien: "Seriuskah, dok?"

Dokter: "Ya dan tidak!"
Baca Selengkapnya ... »»  

Bu Guru

Ibu Guru SD kls 2 kesel banget, karena salah satu muridnya yang paling badung,
yaitu si Udin selalu memanggilnya "Kamu".
Diapun menghukum si Udin menulis kalimat di bukunya;
"Saya tidak akan memanggil Bu Guru dengan sebutan "Kamu" lagi"
Tak tanggung tanggung, Bu Guru menyuruh si Udin menulisnya
sebanyak 500 baris dan harus selesai esok harinya.

Singkat cerita keesokan harinya di kelas :

Ibu Guru : "Udin kamu sudah mengerjakan PR yang Ibu kasih kemarin!?"
Udin : "Sudah"
Ibu Guru : "Coba Ibu lihat"

Si Udin pun memberikan bukunya itu kepada gurunya sambil berkata
"Saya malah menulisnya sebanyak 1000 baris"
Ibu Guru terkejut, "Untuk apa? Bukankah Ibu hanya menyuruh menulis sebanyak 500 baris?"
dengan PD si Udin berkata, "Biar kamu senang.."
Baca Selengkapnya ... »»  

Pengen married

Ada anak muda yg kebelet married,

Bapakna seneeeenngg~ bgt ngedengerna. Si bapak akhirna nanya siapa nama calon menantuna, si anak nyebutin Pamela, cw sekampung.

Si bapak langsung sedih, trus bilang "Bapak gak mau ngomong kaya gini, tp kmu hrus tahu, Pamela itu sebenarna adekmu. Tp jgn bilang2 sama ibumu nak."

Si anak akhirna nyebutin lg 3 nama laen, tp akhirna dy kecewa krn jawaban si Bapak masi sama.

Pergilah si anak ke ibuna.

"Ma, aku mau married, tp semua cw yg aku cintai tnyata anak pa2 jg, yg artina adik2ku, dan kata pa2 aku gak bole bilang2 ke ma2". Si ma2 nyengir2 trus bilang, "Gpp nak, kmu bisa kok nikahin mereka smua. Krn kmu bukan anak pa2mu!"
Baca Selengkapnya ... »»  

percakapan sebelum & sesudah menikah

SEBELUM MENIKAH:
Suami: ahhh, akhirnya...aku uda gak bs nunggu...
Istri: kamu mau aku pergi?
Suami: NGGAK! Jangan pernah berpikir seperti itu!
Istri: Kamu cinta gak sama aku?
Suami: PASTI! sekarang dan selamanya!
Istri: Yank, kamu pernah selingkuh gak di belakangku?
Suami: NGGAK! buat apa kamu tanya2 gitu?
Istri : kamu mau aku cium gak yank?
Suami: Setiap saat!
Istri: kamu bakal mukul aku gak seh?
Suami: YA NGGAKLAH! Kamu udah gila yah?
Istri: apa aku bisa percaya sama kamu?
Suami: Iya...
Istri: sayank...

SETELAH MENIKAH:

baca lagi tp skarang dari bawah ke atas!
Baca Selengkapnya ... »»  

Talking Baru kerja

Tono baru dua hari kerja di sebuah perusahaan asing, Tono sempet menelpon ke bagian dapur sambil berteriak, "Ambilkan gue kopi... cepaaaaat!". Ternyata jawaban dari balik telepon tidak kalah keras dan marahnya. "Hei bodoh... kamu salah pencet extention? Kamu tahu dengan siapa kamu bicara?"
"Tidak.. " sahut Tono.

"Saya direktur utama disini, dasar idiot. Saya pecat kamu nanti!". Nggak kalah gertak dan kalah teriak si Tono bales nyahut, "dan Bapak tahu siapa saya?"
"Tidak." jawab Boss tsb. "Syukurlah kalo gitu" sahut Tonocuek sambil menutup telpon.
Baca Selengkapnya ... »»  

MELEPASKAN 8 HAL DALAM HIDUP

1. Melepas tekanan 
Lelah tidaknya Anda tergantung pada persepsi Anda. Apabila Anda tidak membersihkan pikiran, maka pikiran akan penuh debu. Setiap hari Anda akan menemui banyak kegiatan, sebagian bahagia, sebagian lagi tidak.
Semua peristiwa ini akan menetap di pikiran, melebur dan mengacaukan pikiran. Bila Anda menyimpan kenangan yang menyakitkan, Anda akan merasa sangat tertekan. Oleh karenanya, bersihkan pikiran Anda, biarkan hal-hal itu berlalu, singkirkan kenangan pahit, maka Anda akan memiliki banyak ruang untuk kebahagiaan.
Ketidakbahagiaan merupakan akar penderitaan Anda.

2. Melepas kekhawatiran
Kebahagiaan sebenarnya cukup sederhana. Melatih tersenyum, bukan secara mekanis memasang ekspresi pada wajah Anda, tetapi berusaha keras untuk mengubah apa yang Anda rasakan di dalam. Belajar untuk menerima kenyataan dengan tenang; belajar bagaimana mengatakan kepada diri sendiri, “Saya akan mengikuti sifat alam.”



http://www.epochtimes.co.id/fotokehidupan/Lepas-big(09Nov10).jpgBelajar bagaimana menghadapi krisis dengan jujur, memandang hidup dengan positif, melihat sisi terang dari segala sesuatu. Dengan demikian, secercah cahaya akan masuk ke dalam hati Anda dan menghalau kegelapan.
Kebahagiaan itu sebenarnya sederhana. Hanya membiarkan diri Anda merasa bahagia.
3. Melepas pikiran ruwet

Hilangkan hal itu dari kamus Anda. Tidak semua orang bisa menjadi contoh teladan yang dikagumi semua orang, namun semua orang dapat memiliki pikiran yang besar. Pikiran yang besar dapat meredam rasa sakit dan kesedihan seseorang; dapat mengompensasi kekurangan Anda; memungkinkan Anda untuk melanjutkan perjalanan hidup tanpa rasa takut dan membantu menyadari bahwa pikiran Anda sendiri dapat melampaui gedung pencakar langit dan gunung tertinggi!
Percaya pada diri sendiri, temukan relung sendiri dan Anda juga dapat memiliki kehidupan yang berharga.

4. Melepas rasa malas
Kerja keras dapat mengubah hidup seseorang. Jangan gelap mata, iri pada orang lain. Jika Anda dapat mencoba keras dan gigih, Anda juga bisa memilikinya. Karena ketika Anda berlatih hingga sempurna, itu adalah sebuah ketrampilan.
Hanya untuk mengingatkan: memperbaiki diri sendiri, bahagia, sehat, dan bersikap baik, akan memungkinkan Anda untuk memiliki kehidupan yang indah.

5. Melepas sikap buruk
Jika ingin berhasil, berusahalah untuk menjadi yang terbaik. Ganti sikap negatif Anda dengan positif.  Ganti keacuhan dengan martabat, kemunafikan dengan ketulusan; pikiran sempit dengan toleransi, depresi dengan kebahagiaan, kemalasan dengan ketekunan, kerentanan dengan ketangguhan... selama Anda mau, Anda akan menjadi yang terbaik sepanjang hidup Anda.
Tidak ada yang bisa mempengaruhi hasil perjuangan Anda. Anda adalah satu-satunya yang bertanggung jawab. Meskipun tidak semua mimpi dapat menjadi kenyataan, mimpi indah dapat membawa keindahan pada hidup seseorang.

6. Melepas keluhan
Lebih baik bekerja keras daripada mengeluh. Semua kegagalan adalah dasar untuk sukses. Mengeluh dan menyerah adalah halangan yang mencegah datangnya keberhasilan. Menerima kegagalan dengan tenang adalah cara cerdas.
Mengeluh tidak dapat mengubah kenyataan, hanya kerja keras yang bisa membawa kembali harapan. Emas murni selalu ada saatnya bersinar.
Banyak mukjizat dalam kehidupan dibuat oleh orang yang lahir dalam lingkungan yang tidak menyenangkan.
Jangan khawatir pada hidup, dan jangan berpikir bahwa kehidupan memperlakukan Anda secara tidak adil. Pada kenyataannya, Anda diberikan porsi hidup yang sama dengan orang lain.

7. Melepas keraguan
Mengambil tindakan cepat. Setelah Anda memutuskan sesuatu, jangan ragu. Majulah ke tujuan Anda dan jangan menoleh ke belakang. Kesempatan muncul sekejab dan hanya kecepatan dan ketegasan yang dapat menangkapnya.
Mengambil tindakan cepat merupakan salah satu karakteristik orang sukses. Bila Anda tahu bahwa ide Anda baik, bertindaklah secepat Anda bisa, jika Anda melihat peluang yang baik, tangkaplah. Dengan demikian, Anda dijamin akan sukses.
Beberapa orang harus Anda lupakan. Beberapa kejadian baik untuk mengintrospeksi diri Anda. Beberapa hal harus diurus. Beberapa hal tidak bisa menunggu, dan sekali keraguan timbul akan mengakibatkan penyesalan dalam hidup Anda. Hanya jika Anda dapat membiarkan hal-hal tersebut pergi ketika Anda harus melepasnya, Anda dapat memperoleh kebahagiaan yang benar-benar milik Anda dalam hidup ini.

8. Melepas prasangka
Ketika pikiran Anda luas, langit dan bumi akan menunjukkan ruang.
Toleransi adalah kebaikan. Bila Anda menolerir orang lain, Anda benar-benar membuat ruang bagi jiwa Anda. Hanya dalam dunia yang penuh toleransi, manusia dapat memainkan lagu kehidupan yang harmonis.
Jika tidak menginginkan prasangka, kita harus menciptakan masyarakat yang toleransi. Jika kita ingin menghilangkan prasangka, pertama-tama kita harus menyingkirkan pikiran sempit.
Hanya dengan menyingkirkan prasangka jauh-jauh, seseorang dapat memiliki keharmonisan dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat.
Bukan hanya kita yang menginginkan kebahagiaan, tetapi juga teman dan saudara kita, dan bahkan orang asing. Kita ingin mereka semua merasakan kebahagiaan kita. Sukacita berbagi kegembiraan melampaui sukacita dalam memiliki


sumber : http://www.epochtimes.co.id/kehidupan.php?id=551
Baca Selengkapnya ... »»  

Menemukan Sendiri Kebenarannya

By J. Sudrijanta, SJ on February 1st, 2010,Gereja St. Anna – Paroki Duren Sawit

Kebanyakan orang mengikuti suatu teori, keyakinan, kepercayaan, dogma, atau ajaran tertentu bukan karena melihat sendiri kebenarannya, tetapi karena bingung batinnya. Karena bingung, orang lari kepada ajaran tertentu dan ajaran yang dipegang erat-erat menambah lebih banyak kebingungan. Ajaran kebenaran yang dijadikan pedoman tingkah-laku lalu dijadikan pegangan untuk menilai ajaran-ajaran lainnya. Batin seperti itu hanya mampu melihat kebenaran sebatas pikiran dan tidak ada satupun pikiran yang mampu menyembuhkan batin dari kebingungan.

Meskipun orang hafal kata-kata Yesus, Buddha, Mohamad, Krishna atau guru-guru spiritual lainnya, batin orang tidak akan berubah secara fundamental selama tidak mengenal dirinya sendiri, termasuk bagaimana berhubungan dengan ajaran-ajaran yang diikuti atau ditolaknya. Untuk bisa melihat yang palsu sebagai palsu dan yang benar sebagai benar, maka batin musti bebas dari beban pengaruh ajaran atau otoritas apapun. Kebenaran yang sesungguhnya tidak melekat pada ajaran atau otoritas apapun. Kebenaran ini begitu halus, tidak bisa dikenali oleh batin yang tidak bebas dari segala opini, penilaian, pembandingan, kesimpulan.

Jangan menerima begitu saja suatu ajaran hanya karena semata-mata sudah lama didengar, telah menjadi tradisi turun-temurun. Jangan menerima semata-mata karena telah banyak diperbincangkan atau diikuti banyak orang. Jangan menerima begitu saja hanya karena dikatakan dalam Kitab Suci Anda. Jangan menerima semata-mata karena keyakinan atau kepercayaan, karena bujukan atau paksaan dari luar, karena cocok dengan persepsi pikiran Anda dan selaras dengan perasaan Anda, karena alasan kepantasan, tampaknya bisa diterima atau baik untuk diterima, karena pembawa ajaran memiliki teladan hidup yang saleh, tokoh, panutan.

Begitu pula jangan menolak begitu saja ajaran yang baru Anda dengar hanya karena tidak datang dari tradisi Anda. Jangan menolak semata-mata karena ajaran itu ditolak olah banyak orang atau diikuti oleh sedikit orang. Jangan menolak begitu saja karena tidak tertulis dalam Kitab Suci Anda. Jangan menolak semata-mata karena Anda sudah terlanjur tidak percaya, karena takut dicap buruk oleh orang lain, karena tidak cocok dengan persepsi pikiran dan perasaan Anda, karena pembawa ajarannya tidak menarik, bukan tokoh atau bukan panutan.

Ketika kita mendengar suatu ajaran, kita perlu melihat isinya, melihat ajaran sebagai ajaran. Kita perlu menyelami atau menyelidiki dengan batin yang bebas. Batin tidak boleh cepat-cepat menerima atau cepat-cepat menolak. Percaya bahwa suatu ajaran mengandung kebenaran tidak membuat Anda mengalami langsung kebenarannya.

Batin yang bebas tidak cepat-cepat percaya pada apa yang dikatakan orang lain. Ia tidak menganggap orang lain memiliki otoritas dan apa yang dikatakan selalau benar. Lihatlah ajarannya, bukan pribadi yang menyampaikan ajaran. Kalau pribadi yang memberi ajaran memukau atau menarik, janganlah dibutakan oleh penampilannya.

Batin yang bebas juga tidak cepat-cepat menolak ajaran yang dikatakan orang lain. Ia tidak mudah menerima atau menolak hanya dengan mengkaitkannya dengan latar belakang si pembawa ajaran. Kalau si pembawa ajaran tidak memukau atau tidak menarik, janganlah mudah menolak ajarannya hanya karena penampilannya yang tidak menarik.

Batin yang bebas tidak terjebak pada anggapan bahwa seorang spesialis lebih tahu tentang suatu kebenaran daripada seorang non-spesialis. Begitu pula sebaliknya. Seorang non-spesialis bukan berarti kurang tahu daripada seorang spesialis. Akan tetapi Kebenaran musti ditemukan sendiri. Ia tidak bisa didapat dari seorang spesialis atau non-spesialis.

Semakin banyak pengalaman atau pengetahuan yang kita lekati, semakin tidak mudah kita melihat kebenaran. Semakin banyak pengetahuan, semakin besar kita dibuat ragu-ragu. Semakin kita bebas dari belenggu pengetahuan, semakin besar kemungkinan kita bebas dari belenggu keraguan. Oleh karena itu, kita musti siap bukan meragukan apa yang tidak kita ketahui, tetapi siap meragukan apa saja yang telah kita ketahui.

Kebenaran yang sesungguhnya berada di luar lingkup apa saja yang dikenal. Perjumpaan dengan kebenaran ini menghabisi keragu-raguan. Pengalaman perjumpaan ini memberikan suatu cita-rasa kepastian yang bukan dari pikiran. Kalau Anda mengalami ini, Anda tidak membutuhkan persetujuan orang lain atau mencari pembenaran dengan doktrin tertentu.

Pikiran berhenti selama perjumpaan dengan kebenaran ini berlangsung dan pikiran hanya bisa mengenalinya setelah jeda perjumpaan itu berakhir. Pengalaman akan kebenaran ini tidak perlu disimpan sebagai doktrin baru karena semua doktrin justru menghalangi perjumpaan dengan kebenaran. Oleh karena itu, lebih bijaksana bersikap terus-menerus tidak tahu dan batin selalu terbuka akan pewahyuan kebenaran setiap saat. Sebaliknya, sikap merasa sudah tahu akan membatasi perjumpaan dengan kebenaran.

Siapa yang melihat ajaran sebagai ajaran, melihat kebenaran. Kebanyakan orang tidak melihat kebenaran ini dan melekat pada pengalaman, teori, organisasi, agama, metode doa, teknik meditasi, ritual, dogma, kepercayaan. Orang buta hanya bisa mengikuti metode doa, ritual dan dogma, tetapi tidak melihat kebenaran. Banyak orang mempunyai mata, tetapi tidak melihat; memiliki telinga tapi tidak mendengar.

Lewat kepercayaan orang mendapat kepastian atau kenyamanan, tetapi itu semua hanya ilusi atau delusi. Sebaliknya, iman yang sesungguhnya membawa orang kepada ketidakpastian atau ketidaknyamanan. Iman yang dijadikan pegangan di mana orang menemukan kepastian tidak lebih dari kepercayaan. Sebaliknya, kebesaran hati yang membuat orang berani keluar dari kepastian dan kenyamanan dan keberanian untuk menanggalkan iman yang membuat aman dan pasti adalah awal dari iman yang sejati.

Kita tidak bisa mengusir keragu-raguan dengan mempertebal kepercayaan. Kita tidak bisa melihat sendiri kebenaran yang sejati kalau kita sudah melekat pada tradisi, kata-kata Kitab Suci, kepercayaan atau keyakinan. Hanya batin yang bebas yang barangkali mampu melihat kebenaran. Kebenaran inilah yang mengubah, bukan upaya kita untuk berubah. Kalau kita telah berjumpa dengan kebenaran ini, barulah barangkali kita tahu apa artinya hidup beriman.

Keraguan adalah musuh kepercayaan, tetapi untuk beriman sejati dibutuhkan keraguan. Bukan pertama-tama keraguan terhadap ajaran kebenaran itu sendiri, tetapi terutama keraguan terhadap apa saja yang membuat batin merasa aman atau merasa pasti, keraguan terhadap penalaran-penalaran dan kesimpulan-kesimpulan kita. Sebab, batin yang sudah menemukan kepastian dan kenyamanan tidak mampu melihat kebenaran.

Kebenaran yang sejati hanya bisa dialami secara langsung, bukan lewat orang lain, bukan lewat pengetahuan, bukan lewat kepercayaan. Bisakah kita melihat sendiri kebenaran ini dari saat ke saat?*
Baca Selengkapnya ... »»  

sebatas pandang

masih adakah tempat berpijak
untuk sebuah titik yang tak mampu beranjak
dari padang hati yang begitu memikat
sekedar berdiam sejenak tuk menatap

seperti semburat senja yang aku pandangi dari kejauhan
meski hanya itu
tak mampu menyentuh butiran cinta yang bermanja di ujung bening tuturmu
dan aku terus mendekap rasa sampai tak sadar
telah terkirim isyarat selembut angin
sehening denting embun yang terjatuh
begitu miskin kesan namun selalu santun memberi arti
ah..entahlah :D
Baca Selengkapnya ... »»