Paling Aneh


Baca Selengkapnya ... »»  

Aneka Tips Menarik


Baca Selengkapnya ... »»  

Dunia Dalam Berita


Baca Selengkapnya ... »»  

Dokumentasi Tutorial Blogger


Baca Selengkapnya ... »»  

Ensiklopedia Dunia


Baca Selengkapnya ... »»  

Pulau-pulau Khusus Untuk Sampah

Sampah memang menimbulkan masalah pelik yang sulit terurai hingga sekarang. Masalah yang terus ada karena sampah adalah semakin padatnya suatu wilayah, hingga sulit menemukan lokasi untuk tempat pembuangan sampah.

Berikut ini 4 pulau tempat pembuangan sampah di dunia yang digunakan sebagai tempat pengelolaan sampah.


1. Thilafushi, Maladewa
Thilafushi terletak di sebelah barat Malé, dan terletak di antara Kaafu Atoll Giraavaru dan Gulhifalhu dari Maladewa. Hal ini secara geografis merupakan bagian dari saluran Vaadhoo. Thilafushi menerima sampah pertama dari Malé pada 7 Januari 1992

Bekerja mulai dengan hanya 1 kapal pendarat, 4 truk beban berat, 2 ekskavator dan wheel loader tunggal. Selama tahun - tahun awal pengelolaan sampah, lubang dengan volume 37.500 ft3 ( 1060 m3 ) digali, setelah pasir yang diperoleh dari penggalian digunakan untuk membangun kandang berdinding sekitar perimeter internal. Limbah yang diterima dari Malé diendapkan ke tengah - tengah lubang, yang diakhiri dengan lapisan limbah konstruksi seragam kemudian diratakan dengan pasir putih.

Awalnya tidak ada pemisahan limbah karena itu kini harus ditangani dengan segera karena akumulasi massa yang bertambah.Yang utama adalah sarana penunjang kegiatan industri di pulau seperti perahu manufaktur, pengepakan semen, pengolahan dan pergudangan berbagai skala besar. Salah satu penyumbang terbesar Thilafushi adalah penduduk Malé.

Thilafushi tidak hanya bertindak sebagai penyelamat dari masalah sampah mereka sendiri, tetapi juga mengutus mereka dari gudang semen penyimpanan dan fasilitas penyimpanan massal lainnya. Kini pemerintah Maladewa berjuang untuk memaksimalkan pengelolaan dan pengolahan sampah dengan teknologi yang lebih canggih guna menekan tingkat pencemaran lingkungan di sekitar pulau.


2. PULAU SEMAKAU, SINGAPURA
Terletak 8 kilometer selatan Singapura dan pulau ini seluas 3,5 kilometer persegi, Semakau dirancang oleh para insinyur di Singapura NEA. Ini terdiri dari dua pulau kecil yang telah terhubung dengan tanggul batu. Bagian dalam wilayah dibagi menjadi 11 teluk, yang dilapisi dengan plastik tebal dan tanah liat untuk mencegah bahan yang tidak diinginkan mencemari laut.
Sejak mulai digunakan pada tahun 1999, empat dari 11 teluk telah diisi, ditutupi dengan tanah dan ditanami rumput. Penghijauan ini menelan biaya sekitar $ 400 juta, dapat menyimpan hingga 63 juta meter kubik sampah, cukup untuk memenuhi pengelolaan limbah Singapura sampai 2040.


3. YUMENOSHIMA, JEPANG
Yumenoshima adalah sebuah pulau buatan di Teluk Tokyo yang benar - benar terbuat dari sampah. Itu dimulai pada akhir 1960-an ( meskipun beberapa sumber mengatakan telah dimulai sejak akhir 1950-an atau akhir 1970-an ) oleh pemerintah kota / prefektur Tokyo sebagai solusi untuk beberapa masalah sampah.
Tetapi solusi ditemukan pada tahun 1972 ketika pemerintah kota memutuskan untuk membuatnya menjadi taman. Sekarang ruang tertutup oleh pohon eucalyptus dan dilengkapi oleh kereta, lahan hijau untuk piknik, berjemur, dan siapa saja yang mencari relaksasi. Antara taman dapat dicapai denga sebuah jembatan dan marina yacht.


4. FLOATING GARBAGE ISLAND, SAMUDERA PASIFIK
Sebuah pulau yang sangat besar, dua kali ukuran Texas yang mengambang di suatu tempat antara San Francisco dan Hawaii.

Ini terdiri dari 80 persen plastik dan beratnya sekitar 3,5 juta ton mengapung di mana beberapa orang pernah melakukan perjalanan, di tanah tak bertuan antara San Francisco dan Hawaii.

“sampah ini makin berkembang, bersamaan dengan seluruh dunia limbah laut, sepuluh kali lipat setiap dekade sejak tahun 1950″, kata Chris Parry, manajer program pendidikan publik dengan California Coastal Komisi di San Francisco.
 
 
Baca Selengkapnya ... »»  

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Melihat gambar-gambar ini tentu akan membuat siapapun yang melihatnya terkagum-kagum, begitu lihainya sang seniman melakukan manipulasi gambar-gambar ini sehingga gambar ini tampak nyata tapi membingungkan yang melihatnya.

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung

Gambar-Gambar Yang Membuat Pemirsanya Jadi Bingung



Baca Selengkapnya ... »»  

Mereka Mengorbankan Nyawa Demi Hidup Orang Lain

Pengorbanan terbesar dalam hidup adalah mengorbankan nyawa demi keselamatan orang lain. Pasti tak banyak orang yang mau mengambil resiko seperti ini. Dalam kehidupan nyata, 7 di antaranya tersaji di bawah ini.


1. Takeshi Miura and Miki Endo
Takeshi Miura and Miki Endo adalah petugas keselamatan yang berperan penting saat tsunami Jepang terjadi. Mereka berdua terus bertahan di pos dan menyerukan siaran agar semua penduduk segera lari menyelamatkan diri.

Ketika ombak tsunami tinggal 10 meter lagi menerjang, dua petugas ini tetap meneruskan siaran peringatan, dan ini dilakukan hingga saat-saat terakhir tubuh mereka berdua tewas disapu gelombang besar.
 

2. Vincent Coleman
Ledakan Halifax adalah ledakan mematikan yang terjadi di Nova Scotia, Kanada. Ledakan ini terjadi saat sebuah kapal sarat dengan amunisi bertabrakan dengan kapal lain sehingga api berkobar dahsyat, dan menyambar hingga ke daratan.

Vincent Coleman, seorang operator lalu lintas kereta berada di stasiun saat api mulai menyambar. Ia bertahan dan memperingatkan kereta lainnya agar berhenti supaya terhindar dari kobaran api tersebut. Peringatannya memang berhasil mencegah makin jatuh banyak korban, namun dirinya hangus terbakar api.


3. Arland Williams
Ketika Air Florida Flight 90 menabrak sebuah danau beku di tengah badai salju, nyaris semua penumpang tewas dan hanya 6 orang yang bertahan hidup. Sekitar 20 menit kemudian, helikopter penyelamat tiba dan melemparkan ban penyelamat ke arah mereka.

Arland Williams yang pertama menerima ban penyelamat tersebut. Anehnya, ia segera memberikan kepada orang di sampingnya. Helikopter kembali datang dan melemparkan lagi ban penyelamat, namun Arland terus melakukan hal yang sama hingga tiga kali terulang. Akhirnya di saat terakhir helikopter datang lagi, Arland sudah tewas. Ia mengorbankan hidupnya untuk keselamatan orang lain.


4. 12 Ilmuwan Rusia
Pengepungan di Leningrad, Rusia saat Perang Dunia II mengakibatkan jutaan orang mati kelaparan. Sebenarnya, ada 12 orang ilmuwan yang bisa selamat karena di laboratorium bank benih Pavlovs ada banyak sumber pangan.

Nyatanya mereka memilih untuk mati. Alasannya adalah karena benih-benih tersebut memang disimpan agar generai masa depan Rusia terjamin hidupnya. Di antara para ilmuwan, terdapat Alexander Stchukin, seorang spesialis kacang-kacangan yang ikut tewas.

Kisah ini mengingatkan pada pepatah, "Ayam mati di lumbung padi." Bedanya, para ilmuwan Rusia tersebut memilih mati demi masa depan Rusia.


5. Richard Rescorla
Richard Rescola adalah direktur keamanan di gedung Morgan Stanley, letaknya sangat dekat dengan gedung kembar yang luluh-lantak saat serangan 9/11 di Amerika Serikat.

Saat bencana ini terjadi, ia langsung memerintahkan semua orang di dalam gedungnya keluar. Ia tetap bertahan sampai orang terakhir berhasil dievakuasi. Akibatnya, Rescola mati di tempat. Namun pengorbanannya telah berhasil menyelamatkan setidaknya 2.500 orang.


6. John Robert Fox
Saat Perang Dunia II, Letnan John Robert Fox bertugas di Italia. Di kota Sommoclonia, pasukannya harus menghadang laju tentara Jerman. Tanpa gentar, Fox maju sendirian dan menghadang dengan tembakan artileri.

Bagaimanapun, upayanya ini harus berakhir karena serbuan tentara Jerman. Ketika akhirnya anak buah Fox merebut kembali posisi tersebut, tubuh Fox sudah terbujur kaku di samping kira-kira 100 tentara musuh yang tewas. Walau harus berkorban nyawa, Fox berhasil menunda laju tentara Jerman hingga pasukan sekutu datang merebut kota tersebut.


7. Ryan Arnold
Ryan Arnold menjadi satu contoh sebuah pengorbanan mengharukan demi kelangsungan hidup saudara kandungnya. Ketika Chad divoni dokter harus menjalani transplantasi hati, Ryan segera memeriksakan dirinya dan hasilnya memang ia paling cocok sebaga donor.

Tanpa pikir panjang, Ryan merelakan hatinya diambil untuk disumbangkan pada Chad. Pengorbanan nyawanya ini penuh resiko, namun ia berhasil membuat saudaranya tetap hidup.
 
 
Baca Selengkapnya ... »»  

Lady Gaga Tanda Tangani Payudara Fans

Bukan Lady Gaga namanya jika tidak kontroversial. Pelantun ‘Born This Way’ ini memang dikenal sering menuai sensasi, tapi kali ini sensasi tersebut diawali oleh penggemarnya.

Bayangkan saja, si penggemar meminta penyanyi berjuluk Mother Monster itu untuk meraba dan membubuhkan tanda tangan di payudara salah satu penggemar. Wow!

Awalnya, salah satu penggemar Lady Gaga melakukan hal gila dengan memamerkan dadanya di arena konser. Lady Gaga yang tertarik dengan aksi tersebut memanggilnya ke belakang panggung.

“Gaga memanggilku dari deretan penonton dan menyebutkan `Putri Pink`. Aku melompat dan sempat kehilangan sepatu. Beruntung sekuriti mengembalikannya padaku,” ungkap Jana Babez, seperti belum lama ini dilansir The Sun.

Nah, saat bertemu pelantun Born This Way, Jana langsung menyodorkan dadanya untuk mendapat kenang-kenangan dari sang idola.

“Dia meraba dadaku, melihatku dan terlihat kaget. Dia bertanya, `Berapa umurmu?` Saat aku bilang 22, dia pun melanjutkannya,” tutur Jana penuh kebanggaan.

Lady Gaga menuliskan kata Ga di masing-masing puting payudara kiri dan kanan Jana. Boleh jadi aksi gila Jana akan ditiru oleh penggemar Lady Gaga lainnya. | jadiberita.com
Baca Selengkapnya ... »»  

Hasil Riset : Mayat Perokok Lebih Lama Terurai

Di dalam kubur, mayat perokok akan lebih lama menyatu dengan tanah ketimbang mayat orang yang tidak merokok. Begitulah simpulan para ahli forensik dari University of Wolverhampton, Inggris, yang mengadakan serangkaian penelitian untuk menentukan secara pasti waktu kematian dalam kasus-kasus mencurigakan.

http://2.bp.blogspot.com/_WO54lGftnv0/TC5walDDU4I/AAAAAAAAAZk/tTx3XnYGOnI/s1600/ilustrasi_100702075417.jpg

Menghitung interval post-mortem (PMI) - waktu yang telah berlalu sejak seseorang telah meninggal – merupakan salah satu bagian terpenting dari informasi yang akan didirikan dari TKP, dan ini adalah salah satu yang paling sulit untuk mencari tahu. Karena semakin lama mayat ditemukan, metode yang selama ini digunakan semakin tidak akurat.

Terlebih lagi, saat tubuh dimakamkan di kuburan rahasia, metode untuk menentukan PMI bisa menjadi tidak dapat diandalkan untuk berbagai alasan: aktivitas serangga membuahkan tanda yang menjadi kurang dari yang diharapkan, atau akan sulit untuk mengatakan apakah tubuh dipindahkan dari lokasi lain.

Christopher Rogers dari University of Wolverhampton, Inggris, yang memimpin penelitian menyebut tiap bagian tubuh ternyata memiliki "masa hancur" yang beragam. Dia mencontohkan tulang rawan, karena tidak mendapatkan pasokan darah, maka akan rusak lebih lambat dari jaringan lain.

Untuk menguji teori ini, Rogers dan koleganya mengubur kaki babi dalam tanah untuk mensimulasikan penguburan manusia di kuburan dangkal. Mereka meninggalkan kaki untuk menguraikan berbagai panjang waktu hingga sampai 13 minggu.

Hasil penelitiannya disajikan dalam Konferensi Penelitian Forensik dan Pengajaran di Coventry, Inggris, menunjukkan bahwa tulang rawan terurai dalam beberapa tahap yang berbeda. Yang penting, kristal mineral yang terbentuk pada tulang rawan setelah tiga minggu dan menghilang setelah enam minggu, memberikan cap "waktu yang jelas".

Rogers yakin bahwa kristal bisa membuat tulang rawan alat analisis yang berguna dalam menentukan PMI, namun menekankan bahwa studi yang sama perlu dilakukan dalam kondisi yang berbeda, seperti temperatur yang berbeda dan jenis tanah, untuk memeriksa apakah hasil yang konsisten.

Dalam studi terpisah di Nottingham Trent University, Inggris, Andrew Chick meneliti apakah merokok mempengaruhi perhitungan PMI. Ilmuwan forensik sering melihat serangga memakan mayat, tetapi nikotin dalam tubuh perokok bisa mempengaruhi perilaku serangga "dan mengacaukan waktu perkiraan kematian".

Untuk mengetahui lebih lanjut, Chick dan rekan-rekannya telah meletakkan tiga babi mati di hutan. Dua dari babi telah disuntik dengan nikotin pada tenggorokannya, untuk meniru daerah mana yang terbesar mengandung nikotin dalam tubuh manusia dan satu lagi tanpa disuntik nikotin.

Penelitian akan dilaksanakan selama lima tahun, tetapi tim telah menemukan beberapa hasil awal yang menarik. Ternyata, lalat menghindari daerah nikotin, dan ketika mereka bertelur di sana, telur-telur itu tidak bergerombol seperti pada bagian yang lain. 

Bila belatung menetas, mereka juga menghindari makan di daerah yang kaya nikotin. "Bahkan kumbang pun menjauh," ujarnya, seraya menambahkan hasil ini berarti bahwa tubuh perokok mungkin lebih lambat membusuk dibandingkan non-perokok.

"Jika percobaan ulang mendukung temuan ini, ilmuwan forensik akan perlu untuk membedakan antara tubuh orang yang merokok dan mereka yang tidak, " kata Chick.

Ia menambahkan, bahan kimia lainnya dapat mengakibatkan hal yang sama juga. "Ada bukti dalam literatur obat-obatan ilegal yang memiliki pengaruh terhadap cara tubuh membusuk: kokain, misalnya, memperbesar ukuran belatung."


sumber 
Baca Selengkapnya ... »»  

Jembatan Purba Ini Usianya Lebih dari 1 Juta Tahun

Ada sebuah jembatan yang disebut Adam Bridge, atau dikenal juga dengan Rama Bridge penuh misteri. Alasannya, karena umur jembatan ini diperkirakan lebih dari 1 juta tahun.

Letak Adam Bridge sepanjang 30 Km ini menghubungkan antara Manand Island (Srilanka) dan Pamban Island (India). Strukturnya  sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena kedudukannya yang tidak terlalu dalam.

 


Status jambatan ini masih merupakan misteri sehingga kini. Menurut tafsiran, Adam Bridge mempunyai kaitan dengan mitos terkenal India, Ramayana.

Yang bikin heboh, Srilankan Archeology Department mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan usia Adam Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun. Yang menjadi pertanyaan, apakah jambatan ini benar-benar terbentuk oleh proses alam atau ciptaan manusia?

S.U.Deraniyagala, Pengarah Pusat Arkeologi Sri Lanka yang juga merupakan pengarang buku “Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence mengatakan bahwa peradaban manusia telah muncul di Kaki Gunung Himalaya sekitar 2.000.000 tahun lalu.
Pertentangan: Menurut para sejarawan peradaban paling awal di benua India adalah peradaban bangsa Ca.


Para sarjana menaksirkan bahawa kemungkinan jambatan purba ini dibangunkan setelah daratan Sri Lanka terpisah daripada India jutaan tahun silam.


Epos Ramayana
Di dalam Epos Ramayana,jambatan itu dibangun oleh para pasukan manusia kera dibawah pengawasan Rama. Maksud dari pembangunannya sendiri ialah sebagai tempat penyeberangan menuju Negeri Alengka dalam misi untuk menyelamatkan Dewi Shinta, yang saat itu diculik oleh Rahwana, Raja Kerajaan Alengka.

Epos Ramayana, menurut Kalender Hindu seharusnya berada pada masa Tredha Yuga (menurut cakram masa evolusi hindu/ cakram Hinduism tentang Epos tersebut terbagi menjadi empat: Sathya (1.728.000 tahun), Tredha (1.296.000 tahun), Dwapara (864.000 tahun) dan Kali (432.000 tahun).



sumber
Baca Selengkapnya ... »»  

Benua Eropa








a . Letak, Luas, dan Batas




Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. Bahkan dapat dikatakan bahwa Benua Eropa adalah semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural.

Secara geografis, Eropa sebenarnya bukanlah suatu benua, namun dari kemajuan budaya dan peranannya yang menonjol, maka Eropa dapat berdiri sendiri sebagai suatu kawasan benua.

Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara ± 10° BB - 59° BT dan ± 71° LU - 35° LU, sehingga seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara. Luas wilayahnya mencapai ± 10.355.000 km² (± 6,5 % luas wilayah daratan dunia) dengan batas-batas wilayah berikut ini.

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik.

2) Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia.

3) Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan negara Turki.

4) Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.
b. Kondisi Fisik


Eropa merupakan satu-satunya benua yang tidak memiliki wilayah gurun. Jika dilihat dari bentuk wilayahnya, maka benua ini dicirikan dengan bentukan alam semenanjung yang tersebar di tiga wilayah utama, yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian Utara, Semenanjung Siberia di bagian Barat, dan Semenanjung Italia di bagian Selatan. Kondisi fisik yang lain akan diuraikan berikut ini.

1 ) Iklim

Eropa merupakan benua yang terletak di lintang tinggi, sehingga terletak di kawasan beriklim sedang hingga dingin, bahkan ada wilayahnya di bagian Utara yang telah masuk lingkaran Kutub Utara. Keadaan tersebut menyebabkan Eropa mempunyai kondisi iklim berikut ini.

a) Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yang mengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.

b) Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering.

c) Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yang panas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat.

d) Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin.

2 ) Gunung dan pegunungan di Eropa

Wilayah pegunungan di Eropa terdapat di bagian semenanjung-semenanjungnya yang dibedakan atas pegunungan tua di kawasan Utara dan pegunungan lipatan muda di kawasan Selatan.

Pegunungan di Eropa, yaitu gugusan pegunungan tua di Norwegia yang membentang dari Utara ke Selatan dengan puncak tertinggi Gunung Galdhopiggen (2.470 m), Pegunungan Alpen di kawasan Mediterania dengan puncak tertinggi di Mount Blanc (4.808 m), Pegunungan Kaukasus di sebelah Selatan dengan puncak tertinggi di Gunung Elbrus (5.633 m), dan Pegunungan Ural di sebelah Timur yang merupakan batas alam antara Benua Eropa dengan Benua Asia. Gunung-gunung di wilayah Benua Eropa pada umumnya masih aktif, namun tidak terlalu tinggi, dan puncaknya diselimuti salju.

3 ) Sungai dan danau di Eropa

Sungai-sungai di Eropa pada umumnya dijadikan sebagai batas alam antarnegara, seperti Sungai Rhein (1.320 km) yang menjadi batas alam negara Swiss, Liechtenstein, Austria, Prancis, dan Jerman. Selain itu, terdapat juga Sungai Elbe dan Dapude di Jerman, Sungai Loire dan Sungai Ruhr di Prancis, serta Sungai Uber dan Sungai Weiche di Polandia.

Sungai-sungai tersebut pada umumnya berhulu di Pegunungan Alpen dan bermuara di Laut Baltik dan Laut Utara. Adapun persebaran danau di kawasan Eropa banyak dijumpai di kawasan Utara, seperti Danau Vattern, Danau Vanem, Danau Hyalmaren, Danau Stasyon di Swedia, Danau Orevesii, Danau Paulavesi, Danau Ouluyami, Danau Inari di Finlandia, Danau Onega, dan Danau Ladoga di Rusia.

4 ) Flora dan fauna di Eropa


Flora dan fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan flora dan fauna yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh di kawasan ini, adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang meluruhkan daunnya di musim gugur.

Jenis flora yang lain adalah pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun. Adapun fauna khas yang hidup di Eropa adalah rusa, beruang kutub, serigala, ikan tuna, dan ikan haring.
Karakteristik Benua Eropa


Benua Eropa memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Eropa.

1) Benua Eropa memiliki banyak fyord di kawasan Utara (Skandinavia).

2) Benua Eropa mayoritas penduduknya tinggal di daerah perkotaan.

3) Benua Eropa merupakan benua pertama yang telah menerapkan sistem mata uang tunggal, yaitu Euro.

4) Benua Eropa dilalui garis bujur 0° sebagai awal perhitungan waktu dunia.

5) Di Benua Eropa terdapat wilayah rawa terluas, yaitu Rawa Pripet (± 46.950 km²) di perbatasan Belarusia - Rusia.

6) Benua Eropa memiliki lima negara terkecil di dunia, yaitu Liechtenstein, Andora, Monaco, San Marino, dan Vatikan.

7) Di Benua Eropa terdapat negara-negara pelopor kolonisasi dan penjelajahan samudra, seperti Inggris, Portugal, Spanyol, Prancis, dan Belanda.

8) Benua Eropa memiliki pusat bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris.

9) Benua Eropa memiliki bangunan-bangunan keajaiban dunia, seperti menara Eiffel di Prancis, menara Pisa, dan Colosseum di Italia.
Baca Selengkapnya ... »»  

Benua Antartika















Antartika adalah daratan luas yang terletak di wilayah Kutub Selatan, sehingga selalu diselimuti es. Wilayah ini meliputi ± 15.500.000 km² atau sekitar 8,9% dari wilayah daratan dunia. Iklimnya yang sangat dingin (suhu dapat mencapai -88°C) menyebabkan Antartika tidak dihuni manusia secara permanen. Orang-orang yang tinggal di sana pada umumnya hanyalah para pemburu dan para peneliti yang tinggal selama beberapa waktu.

Para peneliti tersebut berasal dari berbagai negara. Mereka tinggal di stasiun-stasiun riset yang didirikan di berbagai belahan Antartika. Terdapat tidak kurang dari 36 stasiun riset dan sekitar 15 diantaranya didirikan di Semenanjung Antartika di sekitar 60°BB. Kawasan tersebut terpilih karena memiliki suhu yang lebih hangat bila dibandingkan dengan kawasan kutub lainnya. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut memperoleh pengaruh angin hangat yang berembus dari daratan Amerika Selatan.

Kawasan dataran di Antartika meliputi Dataran Wilkes (terluas), Dataran Dronning Maud, Dataran Palmer, Dataran Robinson, dataran Enderberg, dan Dataran Ellishworth.

Selain itu, terdapat juga Dataran Tinggi Amerika, Dataran Tinggi Marie Byrd, dan Dataran Tinggi Victoria.

Benua Antartika tidak memiliki sistem sungai dan danau, karena seluruh permukaan perairannya tertutup es. Akan tetapi, Antartika mempunyai gunung api dan pegunungan, yaitu Pegunungan Princess Astrid Kyst, Pegunungan Charles, dan Pegunungan Pensacola, sedangkan gunung-gunung di Antartika, yaitu Gunung Vinson Massif (4.897 m), Gunung Sidley (4.181 m), Gunung Charles (3.355 m), dan Gunung Seelig (3.022 m).


Baca Selengkapnya ... »»  

Benua Afrika











Benua Afrika dikenal dengan julukan Benua Hitam. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk di kawasan benua ini adalah orang-orang kulit hitam (negro).
a . Letak, Luas, dan Batas

Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia. Pada

masa lalu, Benua Afrika dan Benua Asia menyatu, namun karena adanya pembangunan kanal atau terusan di Suez (Mesir), akhirnya kedua benua tersebut terpisah oleh perairan.

Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU - 33° LS dan ± 18° BT - 53° BT. Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km² atau hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas wilayah berikut ini.

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.

2) Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudra Hindia.

3) Sebelah Selatan dan Barat ber-batasan dengan Samudra Atlantik.
b. Kondisi Fisik

Afrika merupakan benua yang unik, wilayahnya dilalui oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa (0°), garis balik Utara (23½°LU), dan garis balik Selatan (23½°LS). Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Meski demikian, terdapat juga kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone.

1 ) Iklim di Afrika

Kondisi fisik Afrika tersebut memengaruhi variasi iklim yang terjadi. Di daerah pantai, iklimnya dipengaruhi oleh iklim laut, di daerah 0° terdapat iklim tropis yang basah sehingga banyak terjadi hujan, sedangkan di bagian Utara dan Selatan mendapat pengaruh angin gurun sehingga beriklim subtropis yang kering. Khusus di bagian Utara, sedikit terpengaruh iklim Laut Mediteran.

2 ) Gurun di Afrika

Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

3 ) Gunung, pegunungan, dan plato di Afrika

Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian Selatan.

Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 - 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah.

Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.

4 ) Sungai dan danau di Afrika

Afrika banyak memiliki sungai besar. Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

Danau-danau di Afrika, yaitu Danau Victoria (± 69.484 km²) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.

5 ) Flora dan fauna di Afrika

Kondisi flora dan fauna terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagian Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Afrika mempunyai banyak jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu addax, zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah. Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.
Kondisi Sosial di Afrika

Saat ini penduduk Afrika mencapai lebih dari 861 juta jiwa dengan populasi terbanyak adalah warga kulit hitam, sisanya adalah warga keturunan Arab, Berber, Eropa, dan Asia. Sebagian besar penduduk kulit hitam tinggal di bagian Selatan Gurun Sahara, sedangkan bagian Utaranya ditempati warga keturunan Arab dan Berber.

Adapun keturunan Eropa banyak yang menempati wilayah Afrika Selatan.

Penduduk asli Afrika terdiri atas berbagai suku bangsa, yaitu suku bangsa Pigmy di pedalaman Zaire; suku bangsa Bushman, Zhun, Hatentot di Gurun Kalahari; serta suku bangsa Tuareg, Negroid, dan Sahrawi di Gurun Sahara. Banyaknya suku tersebut membuat Afrika kaya akan etnik. Lebih dari 800 bahasa digunakan di Afrika, namun bahasa Arab, Swahili, dan Hausa paling luas penggunaannya.

Adapun agama yang berkembang di Afrika adalah agama Islam, Kristen dan berbagai aliran kepercayaan.
Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Afrika.

1) Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia.

2) Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.

3) Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.

4) Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya.

5) Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift Valley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.

6) Benua Afrika memiliki Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah sehingga mempersingkat lalu 7) Benua Afrika memiliki bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphinx, dan patung raja Ramses II


Baca Selengkapnya ... »»  

9 Bangunan Terunik Tertinggi dan Termegah di Dunia

1. Aqua – USA

Dibangun di Chicago dan seharusnya sudah selesai sekarang


2. Chicago Spire – USA
Akan menjadi salah satu bangunan TERTINGGI di dunia dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2010 ini.


3. CCTV Headquarters – China
Salah satu bangunan yg dipersiapkan menjelang Olimpiade Beijing 2008 kemaren


4. Penang Global City Center – Malaysia
Lokasinya akan di bangun di Penang Island dan diperkirakan pembangunannya butuh waktu paling sedikit 15 tahun.


5. Gazprom Headquarters – Russia
Salah satu bangunan raksasa dengan tinggi kurang lebih 300 meter (glass flame) dan akan memantulkan warna kurang lebih 10 kali, tergantung dari posisi matahari pada saat itu. Beberapa penduduk lokal yg kurang senang dengan adanya bangunan tersebut menjulukinya “corn on the cob”.


6. Burj Dubai – Dubai
Diperkirakan tinggi bangunannya sekitar 818 meter dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia (antenna paling atas bangunan tidak dihitung).


7. Rusia Tower – Rusia
Bangunan ini juga akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia dan diperkirakan selesai pada tahun 2012 nanti.


8. Reggata Hotel – Jakarta
Indonesia pun bakal mempunyai bangunan megah nan unik di Jakarta dengan desain Arsitektur yang agak kontroversial.


9. Residence Antilia – India
Pembangunannya sudah dimulai di India, mirip seperti rak cd dari tumpukan batu yg unik

Baca Selengkapnya ... »»  

Ibu dengan Anak Terbanyak Dalam Sejarah

Siapa gerangan wanita yang memiliki ‘jalan lahir’ dari baja? Tidak ada yang tahu pasti siapa namanya. Yang pasti ia adalah istri pertama dari Feodor Vassilyev (1707-1782), seorang petani dari daerah Shuya, Rusia. Dia melahirkan 16 pasang bayi kembar, 7 bayi triplets (kembar tiga), dan 4 bayi quadruplets (kembar empat).



Wanita ini adalah istri pertama dari Feodor Vassilyev. Entah apa penyebabnya sehingga ibu 69 anak ini meninggal bunuh diri. Lantas Feodor menikah lagi, dan hebatnya ia bisa membujuk istri keduanya untuk mengurus 69 anaknya. 

Fakta yang menarik lagi, dari 69 kelahiran, yang selamat adalah 67 anak. Jika masing-masing anak saat dewasa menghasilkan 2 anak lagi (jumlah yang sangat rendah untuk ukuran jaman dahulu), dan apabila dari 2 anak tersebut menghasilkan 2 anak lagi, dan dengan perkiraaan jarak antar generasi sekitar 25 tahun, maka saat ini keturunan Feodor sudah mencapai 70 ribu orang!!

Baca Selengkapnya ... »»  

Cara Agar Gambar Postingan Tidak Melebihi Halaman Blog


Maksud dari judul posting ini adalah saat kamu memposting sebuah gambar,maka gambar itu secara otomatis tidak akan melebar ke samping melebihi halaman posting sehingga menutupi sidebar.
jika kamu berminat silahkan ikuti langkahnya sebagai berikut

    Log in ke blogger Kamu
    Pilih template lalu klik edit html
    Cari kode ini ]]></b:skin> (pakai Ctrl + F supaya cepat mencarinya)
    Lalu Copykan kode ini tepat diatasnya :

    #header img { max-width: 99%; max-height:90%; margin:1px 1px;padding:0px;}
    .post img { vertical-align:bottom; max-width:90%; max-height:90% }

    #navigation img { vertical-align:bottom; max-width:80%; }


    Pratinjau dulu ,jika berhasil simpan template dan lihat hasilnya.
Baca Selengkapnya ... »»  

Moguicheng, Kota Iblis di Cina

Di Cina, terdapat sebuah kota bernama Xinjian. Di kota ini, ada daerah terbengkalai yang disebut “Moguicheng” atau kota iblis (Devils’ Town). Disana ada beberapa istana / kastil kuno yang misterius.
 


Orang – orang setempat menyebutnya Moguicheng yang artinya kota Iblis. Moguicheng, yang merupakan padang pasir terletak di provinsi Xinjian Cina. Daerah ini merupakan daerah yang terbengkalai, tak ada satupun orang yang tinggal disini.

Disebut kota iblis karena kota ini menyimpan misteri. Jika kita berjalan pada hari yang cerah kearah kastil – kastil ditemani tiupan angin sepoi, maka kita akan mendengar alunan melodi yang menyerupai dentingan bel ataupun dawai – dawai gitar yang dipetik dengan lembut. 




Namun ketika badai datang, pasir yang beterbangan membuat langit seketika menjadi gelap. Alunan melodi itu akan berubah menjadi suara auman harimau, jerit tangis bayi, suara hewan yang sedang disembelih, jeritan wanita sekarat dan pada akhirnya semua akan berubah menjadi suara teriakan, tangis, dan kemarahan.

Sampai saat ini, fenomena ini tetap jadi misteri. 
 
 
Baca Selengkapnya ... »»  

Cara Submit Sitemap Ke Webmaster Bing/Yahoo



Perlu kita ketahui bahwa sekarang antara Yahoo dengan Bing hanya memiliki satu buah webmaster. Jadi kita bisa mendaftarkan sitemap pada Yahoo dan Bing dengan sekali langkah.



  • Langkah pertama silahkan masuk ke alamat berikut :  http://www.bing.com/toolbox/webmaster/ kemudian  sign in. Jika belum punya akun Windows Live ID maka anda harus sign up terlebih dahulu.
  • Setelah sign in maka Anda akan masuk ke bagian home. Pada bagian ini akan ditampilkan blog-blog milik kita yang sudah ditambahkan sebelumnya. Jika belum maka Anda dapat menambahkan blog Anda untuk  dengan "Add Blog". Kemudian jika ingin memverifikasi silahkan klik "verify now" dan ikuti langkah-langkah untuk verifikasi blog Anda pada webmaster bing.
  • Setelah blog ditambahkan maka otomatis akan muncul pada home. Silahkan klik alamat blog tersebut untuk memulai pembuatan sitemap.
  • Pada bagian dashboard klik tab "Crawl" --->  "Sitemaps (XML, Atom, RSS)".
  •  Klik "Add Feed" untuk menambahkan sitemap. Silahkan isi dengan kata berikut pada isian belakang.
  1. atom/xml
  2. rss/xml
  3. feeds/post/default
  4. feeds/post/default?alt=rss

    Sebagai contoh:

    http://risalahatiku46.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • Setiap menambahkan sitemap jangan lupa untuk klik "Submit".
  • Proses selesai.

Sumber:

Baca Selengkapnya ... »»  

10 Bangunan Paling Megah Di Bawah Laut.

10 Bangunan Paling Megah Di Bawah Laut
 Berikut ini 10 Bangunan Paling Megah Di Bawah Laut
1.Underwater City




The ‘Underwater Kota’ di Bulgaria adalah kota revolusioner yang sama bahwa tingkat air adalah ‘dibangun di tengah danau, bukan di sebuah pulau, namun sebenarnya di bawah’. Padahal, kota ini tidak sepenuhnya di bawah air, bendungan besar (berdiameter 1.377 kaki dan 65 di ketinggian) di sekitar kota,kesana dapat diakses melalui transportasi air.

2.Aerohotel




Floating Aerohotel oleh Alexander Asadov adalah desain arsitektur yang luar biasa yang akan menjadi sesuatu yg enak di lihat untuk struktur terapung masa depan. Menampilkan 200 meter lebar badan pusat duduk di berbagai balok, menyerupai roda sepeda dengan tangan pendukung, Aerohotel akan melampirkan kafe, restoran dan kebun musim dingin, di samping utama hotel.
Asadov Alexander adalah seorang arsitek Rusia yang terkenal karena desain dekonstruktif bahwa counter kemakmuran monolitik terstruktur bangsa.

3.Lilypad

 

 


Di sinilah Vincent Callebaut’s Lilypad masuk ke dalam gambar. Usulan sebagai “Floating Ecopolis untuk Pengungsi Iklim”, tempat tinggal futuristik ecotectural dapat rumah sekitar 50.000 jiwa. Menakjubkan mundur mencari tempat bagi dirinya di tahun 2100 ketika setengah garis pantai yang ada di dunia telah menghilang karena meningkatkan permukaan laut. Dengan Mercedes stealth branding di jdndela, dinding biotik dan atap, atap ditutupi dengan padang rumput menyerap energi matahari dan bagian bawah terendam melayani sebagai dasar laut alami untuk plankton dan tanaman laut, ambisi Ecopolis beberapa fitur yang cukup kickass bio-tech fungsi yang akan membantu masyarakat mengambang mempertahankan diri dan bertahan hidup di lingkungan yang semakin menantang masa depan bumi.

4.Waterpod



Waterpod rumah terapung adalah sebuah pulau triple-kubah yang akan memenuhi semua kebutuhan energinya dari sumber-sumber alam. Selesai dengan kayu daur ulang, logam, plastik, kain dan bahan lain, Waterpod akan mendukung energi alternatif dan pertanian vertikal irigasi oleh air murni dari Sungai Hudson.

5.Hydropolis Underwater Hotel 


Dubai, gagasan membangun sebuah hotel mewah 66 meter di bawah air akan terdengar tidak masuk akal. Tapi di samping arab-Burj al-, pencakar langit berputar, pulau diproduksi dan lereng ski indoor dari modal perdagangan padang pasir, yang Hydropolis akan cocok langsung masuk Dengan biaya UK£300 million,harga kamar dapat mencapai USD $ 5.500 untuk per malam

6.AZ Island


AZ Island adalah sebuah konsep sebuah pulau buatan itu mampu gerakan di laut. AZ Island adalah gagasan Jean-Philippe Zoppini, yang bekerja sama dengan perusahaan Alstom Marine untuk mewujudkan mimpinya. Mengambang keajaiban buatan manusia dalam proporsi yang sangat besar. Jika dituruti, maka akan mengukur 400m X 300m; cukup mampu untuk rumah 10.000 penumpang secara bersamaan pada permukaannya.Saat ini, proyek tersebut sedang dipelajari untuk kemampuan finansial dan teknis. Sebagai diantisipasi proyek €2 billion ini membuktikan menjadi proposisi keras dan memiliki kesulitan konstruksi berat.

7.Mermaid-Inspired Aquatic Building


perusahaan Eropa, JDS Arsitek ‘Mermaid bangunan dengan cara yang baik dan sangat konyol pemikiran. Pengkalimatannya dari Mermaid menunjukkan bangunan di setiap biome ekstrim di bumi – dari pulau-pulau tropis untuk lingkungan glasial. Bangunan teras membanggakan penghijauan, dolphinarium sebuah, hotel, dan properti liburan. Apakah ini hanya sebuah kapal pesiar dimuliakan? Atau model baru untuk pengembangan pribadi yang benar-benar responsif terhadap lingkungan perairan tersebut?

8.Floating City for Shanghai World Expo


Sebuah tim desainer Belanda baru-baru ini mengungkapkan rencana untuk membangun sebuah kota yang mengambang di Sungai Huangpu Shanghai. Jika dibangun, kota ini akan debut pada World Expo Shanghai 2010. Kota mengambang akan memiliki elemen hijau banyak – ha akan menggunakan air sungai untuk pendinginan dan kota ini akan memanfaatkan energi terbarukan.Model pembangunan dipamerkan di Shanghai Sculpture Space, memiliki lima bola sarang lebah-suka, satu yang besar dikelilingi oleh empat yang lebih kecil, berfungsi sebagai bioskop 3D, pub, pusat perbelanjaan dan teater

9.Eco-Island City 


Wolf Hibertz ingin menggunakan lautan sebagai situs masa depan rumah. Perancang visioner telah menemukan cara untuk menggunakan sinar matahari untuk mengubah mineral dalam air laut menjadi kapur. batu kapur tersebut akan digunakan untuk membangun rumah pulau terapung. Autopia Ampere akan dimulai sebagai rangkaian kawat-mesh armatures berlabuh di atas gunung laut. Setelah tempat itu , mereka akan langsung terhubung ke tegangan rendah saat ini disediakan oleh panel surya.

10.Jelly-fish 45 Habitat



Murah! Dirancang oleh Giancarlo Zema, yang “Jelly-fish 45 Habitat” terdiri dari lima tingkat pisahkan dihubungkan dengan tangga spiral menyolok. Lantainya dibagi menjadi daerah zona-cheesy berjudul termasuk studi, malam, hari, tamu dan tempat melihat. Padahal, jika Anda membeli rumah terapung, Anda dapat mematuhi tata-nama, mana yang Anda inginkan. sudut pandang 3m membentang di bawah permukaan dan terlihat seperti ubur-ubur yang fantastis. Kursi-kolosal di-laut-berdiri 10m tinggi dan lebar 15m.

Sumber :  angkatigabelas.blogspot.com
Baca Selengkapnya ... »»