Gunung Rinjani, Kecantikannya Lengkap!

Ingin melihat danau indah lengkap dengan gunung api yang dihiasi lautan awan diatasnya? Datang saja Gunung Rinjani, Lombok-NTB. Di dana, Anda akan terbius oleh pesona Rinjani selama perjalanan.
Gunung yang memiliki ketinggian 3726 mdpl ini, memang salah satu gunung favorit bagi para pendaki Indonesia maupun mancanegara. Selain merupakan gunung api kedua tertinggi di Indonesia, gunung ini juga menyimpan banyak panorama indah.
Untuk mencapainya, traveler bisa menggunakan bis tujuan Terminal Mandalika di Kota Mataram, Lombok, NTB atau transportasi lain yang menuju Terminal Mandalika. Dari terminal, traveler harus menentukan jalur pendakian mana yang akan dituju. Ada tiga jalur resmi pendakian, bisa melalui Desa Sembalun, Desa Senaru, atau Desa Torean yang masing-masing memiliki jarak tempuh yang bervariasi.
Jika memilih melalui Desa Sembalun, traveler bisa menggunakan angkutan umum menuju Desa Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Dari sana disambung dengan kendaraan bak terbuka sampai ke Pos Sembalun Lawang. Di pos ini pendaki harus mendaftar dan membayar tiket masuk Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).
Perjalanan awal dari pos pemeriksaan masih melewati jalan beraspal sampai menemui padang savana yang sangat indah dan luas, disarankan bagi para traveler untuk menggunakan pakaian berlengan panjang dan memakai topi pelindung muka agar kulit tidak terbakar sinar matahari.
Traveler harus berjalan sekitar 8-9 jam dari pos pemeriksaan ke tempat yang dinamakan Pelawangan Sembalun. Trek ini lumayan menanjak. Di sanalah traveler bisa membuat camp tempat beristirahat sebelum menuju puncak Rinjani. Dalam perjalanan tersedia empat pos sebagai tempat peristirahatan, traveler juga bisa mengisi air sebagai persediaan di Pos 2.
Rasa lelah akan terobati setelah traveler mencapai Pelawangan Sembalun. Dari sana panorama Danau Segara Anak mulai terlihat. Danau indah berwarna biru kehijauan dan terkadang dihiasi dengan lautan kabut, menjadi obat penghilang lelah setelah menempuh perjalanan panjang.
Dari Pelawangan Sembalun, traveler harus memulai perjalanan sejak dinihari apabila ingin menikmati sunrise di puncak Gunung Rinjani. Jarak yang ditempuh untuk mencapai puncak sekitar 3-4 jam perjalanan, dengan trek pasir dan bebatuan yang membutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya.
Disarankan bagi para traveler untuk tidak membawa semua barang bawaan ke puncak agar beban terasa lebih ringan. Cukup membawa sedikit makanan dan air minum yang cukup untuk mencapai puncak dan perjalanan pulang.
Panorama alam akan terasa semakin indah ketika traveler mencapai puncak Rinjani, Danau Segara Anak dilengkapi dengan Gunung Baru Jari tepat dipinggirannya, dihiasi dengan hamparan lautan awan dan sinar sunrise merupakan pemandangan yang sangat indah dan tak akan terlupakan sepanjang masa.

Gunung Rinjani, Kecantikannya Lengkap!
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 13:30
Gunung Rinjani, Kecantikannya Lengkap! RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-01-18T13:30:00+07:00, Title: Gunung Rinjani, Kecantikannya Lengkap!, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment