Ide Unik, Tamu di Hotel Ini Tidur di Pipa Gorong-gorong

Selalu ada cara pihak hotel untuk menarik tamunya. Seperti yang dilakukan oleh Das Park Hotel di Ottensheim, Austria. Alih-alih menginap di kamar nyaman, tamu hotel malah tidur di dalam pipa gorong-gorong.


Das Park Hotel bukan sedang kehabisan kamar karena kebanjiran pengunjung, tapi kamar dari pipa gorong-gorong ini adalah ciri khas Das Park Hotel untuk menarik tamu.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk menginap di hotel ini, jangan harap akan mendapatkan kamar super luas dengan fasilitas mewah.

Namun juga bukan berarti kamar di Das Park Hotel tidak nyaman. Malah beberapa tamu hotel yang pernah menginap di sini mengatakan, bermalam di hotel ini benar-benar menyenangkan. Jelas saja, hal tersebut mungkin karena tak ada hotel lain yang bisa menyediakan fasilitas unik seperti ini.


Ruang kamar di hotel ini memang cukup sempit, hanya memiliki diameter 2,6 meter saja, seperti yang detikTravel kutip dari situs resmi Das Park Hotel.

Namun, kamar yang mirip dengan tabung tersebut punya isi yang lumayan lengkap. Di dalamnya ada ranjang, lemari, hingga lampu tidur.

Ide gila ini lahir dari kepala pemilik hotel, Robb Anderson. Dirinya mengatakan kepada News Australia bahwa pipa-pipa tersebut ditemukan secara tidak sengaja.

Dirinya kemudian meminta izin kepada penduduk setempat untuk menyulapnya menjadi kamar hotel. Tenyata, ide tersebut mendapatkan jawaban positif. Lalu jadilah kamar hotel dari pipa gorong-gorong ini.

"Tabung itu hanya terbaring di sana dan tak berguna, sehingga suatu hari saya meminta izin untuk bisa menggunakannya," ungkap Anderson. "Mereka berkata 'ya', jadi kami memutuskan untuk membuat sebuah hotel," tambahnya.


Anderson mengaku saat ini sudah ada 20 pipa yang tersedia untuk para tamu hotelnya. Berhubung wisatawan yang datang dan ingin menginap makin banyak, diriya juga mengaku bukan tidak mungkin akan ada penambahan pipa untuk kamar lagi.

Semua keuntungan hotel yang sudah terkumpul saat ini juga dialokasikan untuk penambahan kamar tersebut.

Untuk bisa bermalam di dalam pipa ini, Anda harus membayar 23,8 Euro atau sekitar Rp 298 ribu pada hari biasa. Pada akhir pekan, harganya naik menjadi 43,6 Euro atau setara dengan Rp 547 ribu.


Sayangnya, saat musim dingin, Das Park Hotel tidak bisa menerima tamu, maklum, kamarnya yang sempit tidak bisa ditambahkan penghangat ruangan.
Baca Selengkapnya ... »»  

10 Pekerjaan Terbaik yang Cocok Untuk Penyendiri

Setiap orang itu unik dan berbeda satu sama lain dalam berbagai hal contohnya saja sifat penyendiri dimana orang dengan sifat ini bukanlah orang yang anti sosial atau tidak suka bergaul tapi lebih ke sifat suka sendiri dalam melakukan sesuatu entah belanja, belajar, kerja dll. Nah orang dengan sifat ini akan sangat cocok dengan pekerjaan terbaik sebagai berikut.

1. Pustawakan

Jika Kamu menyukai buku dan lebih sering menyuruh orang diam ketika berisik daripada mengobrol dengan mereka, maka profesi pustawakan sangatlah cocok. Pekerjaaanya menyusun dan merawat buku.

Pekerjaan seperti ini juga tidak hanya dibutuhkan di perpustakan umum, tapi juga bisa di biro hukum, rumah sakit, dan kantor pemerintahan.

2. Peneliti Binatang

Kamu tidak perlu pintar bergaul jika mahluk-mahluk yang Kamu temui setiap hari adalah binatang. Pekerjaan ini sangat cocok bagi mereka yang suka menyendiri tapi menyukai mahluk hidup, selama yang hidup itu bukan manusia. Ruang lingkup pekerjaaanya mempelajari kebiasaan binatang di alam liar untuk berbagi tujuan.

3. Auditor

Audit merupakan kata yang paling ditakuti oleh para wajib pajak. Mempelajari laporan keuangan mulai tahun ini hingga beberapa tahun ke belakang bisa sangat membosankan dan melelahkan. Seseorang harus mau 'bergaul' dengan angka-angka di laporan keuangan tersebut. Pekerjaan yang cocok untuk si penyendiri.

4. Ahli Statistik

Untuk menjadi ahli statistik tidak perlu sampai lulus pasca sarjana, biasanya sarjana saja sudah cukup asal ditambah dedikasi yang tinggi, termasuk waktu dan kehidupan sosial.

5. Ahli Biokimia

Pekerjaan ahli biokimia adalah menganalisa proses kimia di mahluk hidup. Tanpa mereka, mungkin kita masih akan mencari obat untuk penyakit yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Meski mereka biasanya tidak bekerja sendiri karena dibantu asisten, tapi rata-rata butuh privasi dan mengerjakan sesuatu sendirian.

Tidak hanya di dunia farmasi dan obat-obatan, ahli biokimia juga kadang diperlukan di sektor agrikultur, manufaktur dan ilmu pengetahuan lainnya.

6. Ahli Geologi

Jika Kamu ingin mulai menambang, Kamu tidak bisa begitu saja langsung menggali secara acak. Tanpa adanya survey permukaan tanah yang baik, kita tidak akan pernah tahu apakah tanah tersebut layak bahkan aman untuk digali. Ahli geologilah yang melakukan hal ini.

7. Pengembang sistem perangkat lunak (software) komputer

Ada banyak jenis pengembang perangkat komputer. Ada pengembang yang menciptakan aplikasi, ada juga yang mengembangkan sistem. Perangkat lunak yang Kamu gunakan di komputer rumah itu merupakan hasil pengembangan keduanya.

8. Ahli Matematika

Seorang ahli matematika bisa bekerja di berbagai sektor bidang, mulai dari penelitian ilmiah, konsultan teknik dan akademisi. Profesi ini cukup banyak digeluti karena bayarannya yang cukup tinggi.

9. Astronom

Jaman dulu, seorang astronom akan menghabiskan banyak waktu hanya dengan meneropong luar angkasa melalui teleskop. Sementara jaman sekarang, astronom modern menghabiskan banyak waktu dengan melihat dan menganalisa foto hasil jepretan satelit. Pekerjaan yang menguras banyak waktu.

10. Aktuaris

Aktuaris adalah seorang ahli yang dalam praktek terlibat teori-teori (kemungkinan) dan statistik. Pada tahun 70an, ditemukan kejanggalan dalam mobil Pinto keluaran Ford. Daripada harus mengulang produksi dari awal, Ford memutuskan menyewa aktuaris untuk bisa memberikan hipotesis dan kemungkinan-kemungkinan cacat produksi. Sehingga ongkos yang harus dikelurkan bisa dipangkas lebih dari setengah. Jika Kamu suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menelaah hipotesis dan kemungkinan-kemungkinan seperti layaknya detektif, ini pekerjaan yang cocok.

Baca Selengkapnya ... »»  

Inilah 10 Hewan Terakus Di Dunia


1. Hiu Macan (Tiger Shark)

Hewan buas satu ini akan memakan apapun yang ada di depannya, mulai dari sepatu, piringan hingga pecahan perlengkapan perang pernah ditemukan di perutnya. Kadang kala juga dia menggigit sesuatu yang mustahil dia bisa kunyah. Kerakusan hiu macan ini bahkan telah dimulai sebelum mereka terlahir ke dunia bawah laut, di dalam perut ibunya, mereka saling lahap satu sama lain.


2. Babi

Hewan ini sangat rakus, walaupun perutnya kecil. Satu fakta tentang babi ini, hewan ini suka tidur di atas kotoran alias pup-nya sendiri, jorok banget sich sehingga badannya penuh dengan kotorannya sendiri. Walaupun di peternakan bersih sekali pun.

3.Burung Heriang aka (Vulture)

Burung satu ini merupakan karnivora tingkat satu. Makanan mereka adalah daging, hanya daging dan cuma daging walaupun daging itu terhidang "setengah matang" (maksudnya baru mati alias bangkai) maupun udah membusuk. Mereka akan melahap bangkai binatang sebanyak mungkin, secepat mungkin, sampai-sampai berat mereka menjadi 20% lebih berat setelah makan.

Mereka doyan bangkai tapi kenapa ga sakit perut ya? Jawabannya karena sistem pencernaan mereka mengandung asam khusus yang dapat melumatkan apapun termasuk bakteri anthrax.

4. Tasmanian Devil

Hewan asli Aussie ini dapat melahap makanan sebanyak 40% berat tubuhnya hanya dalam tempo 30 menit. Mungkin terdengar biasa aja, tapi mari kita bandingkan dengan manusia, maka itu sama saja dengan kita melahap 216 hamburger dalam tempo yang sama.

5. Kelelawar Vampir

Hewan "imut" ini besarnya hanya seperti jempol orang dewasa, tapi gigi tajamnya bisa menyobek pembuluh darah dan menghisap darah kita, sebanyak 5 sendok teh sekali gigit. Untungnya dia lebih memilih sapi bukan kita. Sial bagi sapi, hewan ini sebelum menyedot darah, dia akan "mengencingi" korban terlebih dahulu.

6. Ular Piton

Hewan tak berkaki ini bisa menelan makanan yang bahkan lebih besar daripada kepalanya sendiri. Karena memiliki sistem pencernaan yang lamban, maka piton membutuhkan waktu yang lama untuk makan lagi, kira-kira dalam beberapa hari bahkan bulan.

7. Kodok Mulut Lebar Argentina

Juga dikenal sebagai kodok bertanduk, Argentinean wide-mouthed frog ini sangat tidak gentar maupun takut saat menyambangi makanannya. Hewan ini makan apa saja yang dia mau, seperti tikus, kadal kecil dan ular. Bahkan saking rakusnya, perutnya pun bisa robek karena kekenyangan.

8. Burung Kolibri

Hewan ini membutuhkan makanan setiap 10 menit sekali. Dengan sayap yang berkepak sebanyak 200 kali tiap menit dan jantung yang berdetak 1200 kali tiap menitnya, kolibri akan membakar 14.000 kalori. Ini sama artinya dengan kalori yang dibutuhkan manusia untuk lari marathon.

9. Paus Biru

Dengan berat 200 ton dan panjang 100 kaki, paus biru bukan hanya hewan terbesar di planet bumi, mungkin hewan terbesar yang pernah ada. Makanannya adalah krill (invertebrata kecil mirip udang yang panjangnya tidak sampe 1 inchi), tapi jangan salah, dia mengkonsumsinya sebanyak 40 juta krill per hari.

10. Ulat

Ulat ini mungkin yang terkecil di antara 10 hewan lainnya. Dia kenal sebagai "eating machine". Selama menjadi ulat dia akan memakan dedaunan dengan amat sangat rakus. Membesar 1000 kali hanya dalam 2 bulan. Persiapan sebelum "berenkarnasi" menjadi kupu-kupu yang indah.
Baca Selengkapnya ... »»  

Rumah di Jepang Ini Dibangun Tanpa Paku dan Tali




Kota Sakai, Jepang, punya banyak bangunan bersejarah yang cukup menarik. Salah satunya adalah rumah Tamaguchi yang berumur 400 tahun. Rumah ini dibangun tanpa paku dan tali. Kok bisa?

Tamaguchi Residence dibangun pada tahun 1615 pada masa Kekaisaran Edo. Bangunan itu dibuat setelah terjadi perang sipil di Osaka, Jepang. Pemiliknya adalah seorang pemimpin daerah atau 'shoya' bernama Tamaguchi.

detikTravel berkesempatan melihat langsung rumah tua tersebut bersama rombongan ASEAN Weekly Committe, Minggu (14/10/2012). Lokasinya berada di 1-2-31 Nishikino-cho Higashi, Sakar ku, Sakai, sekitar 30 menit perjalanan dari bandara Osaka.

Luas rumah yang biasa digunakan untuk perkumpulan warga Jepang itu sekitar 832,95 m2. Terdiri dari ruang utama, taman, tiga kamar dan dapur.

Sejak pertama berdiri, bangunan itu sudah tiga kali direnovasi. Pertama pada tahun 1775, untuk membangun tempat persediaan makanan. Lalu pada tahun 1800 ketika membangun ruangan lain di bagian utara. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 1970 guna mengganti atap yang kerap bocor.

"Sisanya semua bangunan asli, mulai dari kayu rangka bangunan dan dapur," kata Hisanori Kato, pemandu rombongan.

Menurut cerita Kato, rumah itu bisa bertahan selama ini karena strukturnya yang sangat kuat. Kayu-kayu penyangganya diambil dari bahan kualitas terbaik.

"Dan uniknya mereka tidak memakai paku atau tali untuk menyambungkannya. Jadi hanya saling tumpu saja," kata pria yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Kini, rumah tersebut sudah diserahkan dari keluarga Tamaguchi ke pemerintah Sakai untuk dijadikan museum. Setiap hari ribuan turis mendatangi bangunan itu. Tiket masuknya 200 Yen (sekitar Rp 25.000). Museum ini buka mulai pukul 10.00 hingga 16.00 waktu Sakai. Khusus orang tua di atas 65 tahun dan anak-anak di bawah 15 tahun, tak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Berikut kumpulan fotonya :
Tampak depan Tamaguchi residence

Rangka kayu di bagian dalam bangunan

Suasana dapur

Rangka rumah yang tanpa paku dan tali
Baca Selengkapnya ... »»  

10 Sarapan Khas Orang Indonesia

1. Nasi Kuning
Nasi Kuning - www.jurukunci.net
Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempahDalam tradisi Indonesia warna nasi kuning menggambarkan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Wah, yg ini dah dipatenkan belum? ntar di ambil sama tetangga loh...

2. Nasi Pecel
Nasi Pecel - www.jurukunci.net
Pecel adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnyayang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel ada kemiripan dengan salad bagi orang Eropa, yakni sayuran segar yang disiram topping mayonaise. Cuma untuk pecel toppingnya sambal pecel.

3. Lontong Sayur
Lontong Sayur - www.jurukunci.net
Lontong jenis ini penyebarannya banyak banget di Indonesia.. mulai dari lontong sayur medan sampe yang cap gomeh..Bahannya ya lontong, santan, kacang panjang, bawang goreng, dan lauknya tergantung selera juragan. Tahu bisa, ayam bisa, ikan juga masuk...

4. Mie
Mie - www.jurukunci.net
Ini adalah menu buat orang-orang yang pengennya cepet, praktis, murah meriahmasaknya gampang banget, bodo banget klo ga bisa masak ini.. kadang penyajiannya dikasi telor rebus, telor ceplok, ayam, atau pentol bakso.. tapi banyak juga yg asli ga pake lauk alias kosongan, biar kosongan tapi tetep.

5. Nasi Krawu
Nasi Krawu - www.jurukunci.net
Nasi Krawu adalah makanan khas kota Gresik. Makanan ini merupakan campuran dari nasi dan daging sapi dengan kadar minyak yang termasuk tinggi. Ada pula yang menambahkan dengan rempelo (usus, babat, dll), cingur, bahkan mata sapi. Makanan ini tidak memakai sayur-sayuran.Hal yang menarik dari nasi krawu adalah meskipun nasi ini khas Gresik tapi semua penjualnya adalah orang madura.

6. Nasi Kucing
Nasi Kucing - www.jurukunci.net
Nasi kucing (atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan "segÄ kucing") bukanlah suatu menu tertentu tetapi lebih pada cara penyajian nasi bungkus yang banyak ditemukan pada warung angkringan. Dinamakan "nasi kucing" karena disajikan dalam porsi yang (sangat) sedikit, seperti menu untuk pakan kucing. Nasi kucing adalah sebentuk nasi rames, dengan menu bermacam-macam: tempe kering, terigoreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, kepala atau cakar ayam serta sate telur puyuh, yg semangkin nikmat kalau dibakar dahulu sebentar sebelum disajikan.Nasi kucing dikenal di berbagai tempat diJawa Tengah (termasuk Yogyakarta) dan sangat populer di kalangan mahasiswa karena harganya lumayan murah untuk ukuran kantong anak kos, selain itu rasanya juga pas di lidah orangIndonesia.

7. Nasi Uduk
Nasi Uduk - www.jurukunci.net
Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Hmmm,, kayaknya enak gan..

8. Bubur Ayam
Bubur Ayam - www.jurukunci.net

Ini juga paporit banyak orang... paling sep kalo buburnya tu gurih dan nendang-nendang., enaknya kalo maem buryam ya pagi-pagi...plus yang anget-anget...ngebuwat badan jadi tambah anget.....

9. Nasi Liwet

Nasi Liwet - www.jurukunci.net
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibuyang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi). Tempat paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah di daerah Keprabonyang hanya berjualan pada malam hari.

10. Nasi Jagung
Nasi Jagung - www.jurukunci.net
Nasi jagung (Nasek ampog) adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Nasi ini juga pengganti makan nasi buat penderita diabetes..
Baca Selengkapnya ... »»  

Bahaya! Jangan Gantung Ponsel Dekat Payudara

Bahaya! Jangan Gantung Ponsel Dekat Payudara - www.jurukunci.net 
Banyak perempuan yang menggantungkan ponselnya hingga menempel dekat payudara. Hilangkan kebiasaan itu, karena mengantung ponsel di dekat bagian vital tubuh manusia ternyata sangat berisiko.

Dari sejumlah kasus kanker payudara yang ditangani para dokter, penyebab utamanya diperkirakan karena seringnya mengantungi ponsel dekat bra.

Seperti dilansir dari SF Gate, Senin (25/10/2010), cara beberapa orang membawa ponsel dekat dengan tubuh, khususnya di dada, ternyata dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan penyakit lainnya. Radiasi microwave sebuah ponsel akan merembes langsung ke dalam jaringan lemak payudara.

Seperti yang dialami seorang wanita asal California Selatan, Andrea. Ibu muda ini telah lebih dari enam tahun menyelipkan ponselnya ke bra ketika ia sedang berolahraga. Ia menggenakan headset dan membuat panggilan selama empat-lima jam sehari.

Seringkali dada dan telinganya memerah, namun ia membiarkannya. Tapi akhirnya ia terkena tumor ganas yang terletak di dadanya, padahal tak seorang pun di keluarganya pernah menderita kanker payudara.

Lalu apakah ini kebetulan? Mungkin iya. Namun dokter dari Andrea mengatakan ada empat pasien wanitanya yang juga menderita hal yang sama dengan kebiasaan menyimpan ponsel yang sama.

"Saya tidak meminta orang untuk tidak menggunakan teknologi modern," tukas Devra Lee Davis, seorang ahli epidemiologi dan advokat kesehatan masyarakat.

"Namun agar setiap orang mengetahui bahaya memegang ponsel dekat dengan otak dan tubuh dan bertindak waspada.

Devra juga menyarankan untuk menggunakan headset atau speakerphone agar mengurangi paparan radiasi, seperti halnya memegang ponsel jauh dari tubuh ketika terhubung dengan sinyal.


sumber 
Baca Selengkapnya ... »»  

10 Tanaman Karnivora Paling Mengagumkan

Tanaman karrnivora dapat ditemukan di daerah dimana tanah hanya memiliki sedikit nutrisi. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya tanaman karnivora ini harus menangkap serangga dan arthropoda, dan menyerap nutrisinya. Berikut adalah 10 tanaman karnivora paling mengagumkan di dunia.

1. Dionaea muscipula



Dionaea muscipula, atau yang lebih dikenal sebagai penangkap lalat Venus, mungkin adalah tanaman karnivora yang paling terkenal dengan makanan utama berupa serangga dan araknida. Penangkap lalat Venus adalah tanaman kecil yang memiliki 4-7 daun yang tumbuh dari batang bawah tanah yang pendek. Helai daun dibagi menjadi dua wilayah: wilayah datar, panjang, berbentuk hati, dan mampu berfotosintesis, dan juga sepasang lobus terminal, berengsel di pelepah, membentuk perangkap yang sebenarnya merupakan daun sejati. Permukaan bagian dalam lobus ini berisi pigmen merah dan tepiannya mengeluarkan lendir.

Lobus ini dapat bergerak dengan sangat cepat untuk menutup saat rambut sensorik khusus di dalamnya dirangsang. Tanaman ini sangat maju sehingga bisa membedakan antara stimulus hidup dan stimulus tidak hidup. Lobus menutup dalam waktu hanya sekitar 0,1 detik. Mereka dibatasi oleh tonjolan atau silia kaku seperti duri, yang saling bertautan dan mencegah mangsa berukuran besar melarikan diri. Setelah mangsanya tidak dapat melarikan diri, menyebabkan permukaan dalam lobus terus menerus dirangsang, sehingga tepi lobus akan tumbuh untuk menyatu, menyegel perangkap dan menciptakan "perut" tertutup di mana pencernaan dan penyerapan dapat terjadi.

2. Aldrovanda vesiculosa


Aldrovanda vesiculosa, yang juga dikenal sebagai tanaman kincir air, adalah tanaman air tanpa akar. Tanaman ini biasanya memakan vertebrata air kecil, menggunakan mekanisme yang disebut perangkap kancing. Tanaman ini sebagian besar terdiri dari batang mengambang, mencapai 6-11cm panjangnya. Perangkap melekat pada petioles, yang berisi udara, dan membantu tanaman ini mengapung di air. Tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat cepat dan bisa mencapai 4-9 mm per hari, dalam beberapa kasus bahkan menghasilkan ulir baru setiap hari. Ketika tanaman tumbuh ke satu ujung, ujung lainnya akan mati.

Perangkap pada dasarnya terdiri dari dua lobus yang melipat untuk membuat perangkap kancing. Bukaan ke arah luar dari titik perangkap, dan ditutupi oleh lapisan rambut pemicu yang halus, yang akan menyebabkan perangkap untuk menutup setiap mangsa datang. Perangkap tertutup hanya dalam 10 milidetik, sehingga tanaman ini menjadi salah satu tanaman dengan gerakan paling cepat.

3. Byblis


Byblis, atau tanaman pelangi, adalah genus kecil tanaman karnivora asli Australia. Nama tanaman pelangi berasl dari penampilan menarik musilago mereka yang ditutupi daun jika dilihat di bawah sinar matahari. Daun tanaman ini memiliki penampang bulat, dan mereka cenderung sangat memanjang dan meruncing di ujungnya. Permukaan daun benar-benar tertutup rambut kelenjar yang melepaskan zat mucilaginous yang lengket, yang pada gilirannya memerangkap serangga kecil pada daun atau tentakelnya.

4. Drosera


Drosera merupakan salah satu marga terbesar dari tanaman karnivora, dengan sedikitnya 194 spesies. Drosera dapat ditemukan tersebar luas di setiap benua kecuali Antartika. Drosera, (tergantung pada spesies) dapat merunduk atau tegak, dengan tinggi mulai dari 1 cm sampai 1 m dan dapat hidup sampai 50 tahun.

Drosera ditandai oleh kelenjar tentakel yang dapat bergerak, ditutupi dengan cairan lengket yang manis. Ketika serangga mendarat pada tentakel lengket tersebut, tanaman ini dapat menggerakkan lebih banyak tentakel ke arah serangga untuk menjebaknya. Setelah terperangkap, kelenjar sessile kecil akan mencerna serangga dan menyerap nutrisi yang kemudian dapat digunakan untuk meembantu pertumbuhan.

5. Pinguicula


Pinguicula adalah sekelompok tanaman karnivora yang menggunakan kelenjar daun yang lengket untuk memikat, menjebak dan mencerna serangga. Ada sekitar 80 spesies yang dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Asia. Daun Pinguicula sangat berair dan biasanya berwarna hijau cerah atau merah muda. Ada dua jenis sel khusus yang dapat ditemukan di sisi atas daun Pinguicula. Salah satunya dikenal sebagai kelenjar penduncular, dan terdiri dari sel-sel sekretorik yang terletak di atas sel batang tunggal.

Sel-sel ini menghasilkan sekresi mucilaginous yang membentuk tetesan di permukaan daun, dan bertindak sebagai "lem" untuk menjebak lalat. Sel lainnya yang disebut kelenjar sessile terdapat pada permukaan daun dan memproduksi enzim seperti amilase, protease dan esterase, yang membantu dalam proses mencerna. Terdapat beberapa spesies Pinguicula yang berdaun karnivora sepanjang tahun, selain itu, banyak juga jenis Pinguicula yang tidak memiliki daun karnivora pada musim dingin, namun, ketika musim panas tiba, daun karnivora akan tumbuh.

6. Utricularia


Utricularia adalah genus tanaman karnivora yang terdiri dari sekitar 220 spesies. Mereka biasa dijumpai di air tawar dan tanah lembab sebagai spesies darat atau air, dan dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Mereka adalah satu-satunya tanaman karnivora yang menggunakan "perangkap kandung kemih". Sebagian besar spesies ini memiliki perangkap yang sangat kecil, di mana mereka hanya dapat menangkap mangsa yang berukuran mikro, seperti protozoa. Perangkap dapat berukuran dari 0.2mm sampai 1.2cm yang dapat menjebak mangsa yang lebih besar seperti kutu air dan bahkan berudu kecil.

Perangkap memiliki rambut-rambut pemicu kecil yang menempel pada pintu jebakan. Perangkap kandung kemih, ketika dipasang, berada di bawah tekanan negatif dalam hubungan dengan sekitarnya. Ketika rambut pemicu jatuh, pintu perangkap akan terbuka, menghisap serangga dan air di sekitarnya, dan menutup pintu lagi, semua terjadi hanya dalam hitungan sepersekian detik.

7. Darlingtonia californica


Darlingtonia californica, yang biasa juga disebut dengan Lilly Cobra, adalah satu-satunya anggota genus darlingtonia, dan merupakan tanaman asli California Utara dan Oregon. Mereka tumbuh di rawa dan sangat jarang dijumpai. Daun dari Lily Cobra berbentuk bulat dan membentuk rongga, dengan bukaan yang terletak di bawah struktur seperti balon dan dua daun runcing yang tergantung di ujung seperti taring.
Tidak seperti tanaman karnivora lainnya, Lilly Cobra menggunakan "perangkap lobster". Setelah masuk, serangga akan kebingungan dengan bintik cahaya besar yang bersinar melalui tanaman. Ketika mereka mendarat, ada ribuan rambut halus yang menuju organ pencernaan, mereka tidak akan bisa berbalik atau bergerak mundur untuk melarikan diri.

8. Genlisea


Genlisea, lebih dikenal sebagai tanaman pembuka botol, terdiri dari 21 spesies dan umumnya tumbuh di lingkungan basah dan semi perairan, dan tersebar di seluruh Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Genlisea adalah tumbuhan kecil dengan bunga berwarna kuning yang menggunakan perangkap lobster (perangkap yang mudah untuk masuk tetapi tidak mungkin untuk keluar, seperti dengan menggunakan bulu-bulu kecil yang tumbuh menuju pintu masuk).

Tanaman ini memiliki dua jenis daun yang berbeda, daun fotosintesis di atas tanah, dan daun bawah tanah khusus untuk menarik, menjebak dan mencerna organisme mikro, seperti protozoa. Daun bawah tanah ini juga melakukan tugas sebagai akar, seperti menyerap air karena tanaman ini tidak memiliki akar. Daun bawah tanah ini membentuk sebuah tabung berongga di bawah tanah, tabung ini memiliki bentuk seperti pembuka botol, dan dengan bantuan aliran air yang konstan, mikroba kecil dapat masuk ke dalam tabung, tetapi tidak dapat keluar lagi. Ketika mereka mencapai bagian tertentu dari tabung, mereka akan dicerna dan diserap.

9. Nepenthes


Nepenthes merupakan tumbuhan tropis dengan bentuk mirip kendi yang juga sering dijuluki dengan "cangkir monyet". Ada sekitar 130 spesies yang tersebar luas, dan dapat ditemukan di China, Malaysia, Indonesia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia dan India. Julukan "cangkir monyet" berasal dari fakta bahwa monyet sering meminum air hujan yang terjebak dalam tanaman ini. Sebagian besar spesies Nepenthes adalah tanaman merambat yang dapat mencapai tinggi 10 sampai 15m, dengan sistem akar dangkal.

Dari batang anda akan sering melihat daun seperti pedang, dengan sulur yang menonjol dari ujung daun. Pada akhir sulur itu, terdapat bentuk seperti sebuah bola kecil, yang kemudian mengembang dan membentuk cangkir. Perangkap ini berisi cairan, yang dihasilkan oleh tanaman, yang digunakan untuk menenggelamkan dan mencerna serangga. Bagian bawah cangkir tanaman ini mengandung kelenjar yang menyerap dan mendistribusikan nutrisi. Sebagian besar tanaman kecil dan cenderung untuk menjebak serangga saja, tetapi beberapa spesies yang lebih besar, seperti Nepenthes rafflesiana dan Nepenthes rajah, dapat menangkap mamalia kecil seperti tikus.

10. Sarracenia


Sarracenia adalah Genus tanaman karnivora yang berasal dari daerah pesisir timur Amerika, Texas, Great Lakes dan tenggara Kanada. Daun tanaman telah berevolusi menjadi berbentuk corong, dengan struktur seperti tudung yang tumbuh di atas "mulut" tanaman ini untuk mencegah air hujan mengencerkan cairan pencernaannya. Serangga tertarik dengan warna, bau dan sekresi seperti nektar di bibir mulut tanaman ini. Daunnya yang licin dan daya tarik nektarnya menyebabkan serangga terjatuh di dalam dimana mereka akan mati dan dicerna oleh enzim protease dan enzim pencernaan lainnya.
Baca Selengkapnya ... »»