Si Perkasa Gunung Krakatau

Kawan, pagi ini setelah membaca berita hari ini, satu lagi potensi bencana telah datang secara beruntun di bumi Indonesia. Permukaan bumi mulai bergerak mencari kestabilan baru dengan menghasilkan gempa pada setiap aktifitas pergerakannya. Manusia memang telah memandang aktifitas ini adalah siklus yang biasa, namun kita punya Tuhan Gan, jadi pasti semua ada hikmahnya.

Pada tanggal 4 September, dalam satu hari saja, tidak kurang 10 kali gempa telah terjadi di kawasan Indonesia belum ditambah dengan gempa yang terjadi di seputaran Asia Tenggara. Gempa terjadi dengan kekuatan kisaran 4,6 - 5,2 pada skala Richter. Gempa terbaru hari ini masih dilaporkan oleh BMKG (http://www.bmkg.go.id/bmkg_pusat/Geofisika/Gempabumi_Terkini.bmkg) terjadi pada arah selatan Jawa yaitu 293 km barat daya Banyuwangi, pukul 07:48 wib pagi tadi, dengan kekuatan 5,0 pada skala Richter, gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Menurut BMKG pula, selama Juni Agustus 2012, tidak kurang 60 kali gempa telah tercatat terjadi di Indonesia, menandakan bahwa lapisan kerak bumi sedang labil dan terus bergerak. Tentunya hal tersebut memicu aktifitas vulkanik dari beberapa gunung di Indonesia. Salah satunya Krakatau yang telah ditetapkan oleh pemerintah berstatus Siaga level 2, dengan batasan aktifitas di radius 1 km.

Kawan, kita semua tahu dengan gunung satu ini. Ia adalah salah satu induk segala gunung di dunia. Letusannya telah tercatat dalam sejarah sebagai letusan sangat hebat, dengan daya rusak yang sangat tinggi, bahkan tercatat sebagai gunung yang paling berpengaruh terhadap perubahan iklim dunia. Letusannya yang terakhir telah menurunkan suhu permukaan bumi beberapa derajat. Subhanallah.

Erupsi Krakatau 1883, (sumber wikipedia)

Sedikit catatan terakhir tentang letusan Kakatau yang saya kutip dari wikipedia, saya tuliskan disini sebagai upaya mengingatkan kita kembali agar dapat membuat kita menyiapkan diri bila letusan tersebut InsyaAllah terjadi.

Pada tahun-tahun sebelum aktivitas seismik 1.883 letusan sekitar gunung berapi yang intens, dengan beberapa gempa bumi terasa sejauh Australia. Mulai 20 Mei 1883, 4 bulan sebelum ledakan akhir, ventilasi uap mulai terjadi secara teratur di daerah paling utara dari tiga pulau kerucut. Letusan abu mencapai ketinggian 6 km (20.000 kaki) dan ledakan terdengar di New Batavia (Jakarta) 160 km (99 mil) jauhnya. Kegiatan mereda pada akhir Mei, tanpa aktivitas direkam lebih lanjut untuk beberapa minggu.

Letusan dimulai lagi sekitar 16 Juni, menampilkan ledakan keras, dan menutupi pulau-pulau dengan awan hitam tebal selama lima hari. Pada tanggal 24 Juni angin Timur membersihkan awan, dan dua kolom abu terlihat keluar dari Krakatau. Siklus baru dari letusan diyakini telah menjadi ventilasi baru dekat lokasi kerucut vulkanik Anak Krakatau. Kekerasan dari letusan tersebut menyebabkan pasang surut di sekitarnya menjadi sangat tinggi, dan kapal di jangkar harus ditambatkan dengan rantai pada akhirnya. Guncangan gempa mulai terasa di Anyer (Jawa), dan kapal mulai melaporkan massa apung besar muncul di Samudera Hindia di sebelah barat.

Pada tanggal 11 Agustus, H.J.G. Ferzenaar menyelidiki pulau. Dia mencatat tiga kolom abu besar yang mengaburkan bagian barat pulau (angin bertiup dari timur terutama pada waktu itu tahun), dan uap dari setidaknya sebelas ventilasi lainnya, terutama antara Danan dan Rakata. Di tempat ia mendarat, ia mencatat lapisan abu sekitar 0,5 m (1 ft 8 in) tebal, dan perusakan
semua vegetasi hanya menyisakan tunggul pohon saja. Keesokan harinya, sebuah kapal yang lewat menuju utara melaporkan ventilasi baru "hanya beberapa meter di atas permukaan laut", (ini mungkin tempat paling utara yang tertera pada peta Ferzenaar s). Kegiatan terus berlanjut sampai pertengahan Agustus

http://dailytorn.blogspot.com/
Krakatau dari udara (sumber: Google)
Pada 25 Agustus, letusan lebih intensif. Sekitar pukul 13:00 (waktu setempat) pada tanggal 26 Agustus, gunung berapi masuk ke fase paroksismal, dan oleh para pengamat pukul 14:00 bisa melihat awan hitam abu 27 km (17 mil) tinggi. Pada titik ini, letusan itu hampir terus menerus dan ledakan bisa terdengar setiap sepuluh menit atau lebih. Kapal dalam jarak 20 km (12 mil) dari gunung berapi melaporkan telah kejatuhan abu yang berat, dengan potongan-potongan batu apung panas hingga 10 cm (3,9 in) yang mendarat di geladak mereka. Sebuah tsunami kecil menghantam pantai Jawa dan Sumatera sekitar 40 km (25 mil) jauhnya antara pukul 18:00 dan 19:00. 
Pada tanggal 27 Agustus empat ledakan besar terjadi pukul 05:30, 06:44, 10:02, dan 10:41 waktu setempat. Ledakan itu begitu keras, laporan dari Australia bahwa mereka mendengar ledakan, lokasi yang 3.500 km (2.200 mil) jauhnya di Perth, Australia Barat dan pulau Samudra India Rodrigues dekat Mauritius, 4.800 km (3.000 mil) jauhnya, di mana mereka mengira itu bunyi dari ledakan cannonfire dari kapal terdekat. Masing-masing disertai oleh tsunami sangat besar, yang diyakini telah lebih dari 30 meter (100 kaki) tingginya. Sebuah wilayah besar Selat Sunda dan sejumlah tempat di pantai Sumatera dipengaruhi oleh aliran piroklastik dari gunung berapi. Energi yang dilepaskan dari ledakan itu setara dengan sekitar 200 megaton TNT, kira-kira 4 kali lebih kuat dari Tsar Bomba, senjata termonuklir yang paling kuat yang pernah diledakkan oleh manusia. 
Gelombang tekanan yang dihasilkan oleh ledakan akhir kolosal terpancar dari Krakatau di 1.086 km / h (675 mph). Begitu kuat sehingga pecah gendang telinga pelaut di kapal di Selat Sunda dan menyebabkan lonjakan lebih dari dua setengah inci skala merkuri (ca 85 hPa) di alat pengukur tekanan pada gasometers di pabrik gas Jakarta. Ledakan tersebut juga telah memancarkan gelombang tekanan radiasi dan tercatat pada barographs di seluruh dunia., yang terus terjadi hingga 5 hari setelah ledakan. Rekaman pencatat tekanan udara menunjukkan bahwa gelombang kejut dari ledakan akhir bergema di seluruh dunia 7 kali. Debu telah terdorong ke angkasa hingga ketinggian 80 km (50 mil).Letusan berkurang dengan cepat setelah titik itu, dan pagi tanggal 28 Agustus Krakatau diam. Hanya sebagian letusan kecil, erupsi lumpur, terus terjadi sampai Oktober, 1883

Sekarang kawan, coba kita simak efek yang ditimbulkan dari beberapa rangkaian peristiwa tersebut.

Kombinasi aliran piroklastik, abu vulkanik dan tsunami telah menghasilkan bencana di sebagian besar wilayah sekitar. Lebih dari 3.000 orang yang terletak di pulau Sebesi tewas, yaitu jarak sekitar 13 km (8,1 mil) dari Krakatau. Peristiwa itu turut menewaskan sekitar 1.000 orang di Ketimbang di pantai Sumatera sekitar 40 km (25 mil) utara dari Krakatau. Korban tewas resmi dicatat oleh pemerintah Belanda adalah 36.417 orang, meskipun beberapa sumber menempatkan perkiraan pada 120.000 atau lebih. Banyak permukiman hancur, termasuk Teluk Betung dan Ketimbang di Sumatera, Sirik dan Serang di Jawa. Banten di Jawa dan Lampung di Sumatera hancur. Ada laporan yang didokumentasikan bahwa berbagai kelompok tengkorak manusia mengambang di Samudra Hindia sampai pantai timur Afrika sampai satu tahun setelah letusan. Beberapa lahan di Jawa tidak pernah kembali dihuni oleh manusia, melainkan dikembalikan ke hutan dan sekarang menjadi Taman Nasional Ujung Kulon.
 

Dilaporkan pula kapal jauh seperti Afrika Selatan bergoyang saat tsunami menghantam mereka, dan tubuh korban ditemukan mengambang di laut selama berminggu-minggu setelah kejadian. Tsunami yang disertai letusan diyakini telah disebabkan oleh aliran piroklastik raksasa memasuki laut, masing-masing empat ledakan besar itu disertai dengan aliran piroklastik yang besar yang dihasilkan dari keruntuhan gravitasi dari kolom letusan. Hal ini disebabkan oleh dinamika fluida pergerakan kilometer kubik beberapa materi di laut, menggusur volume yang sama besar air laut. Kota Merak hancur oleh tsunami 46 m (151 ft) tinggi. Beberapa aliran piroklastik mencapai pantai Sumatera sejauh 40 km (25 mil) jauhnya. Ada juga indikasi aliran piroklastik kapal selam mencapai 15 km (9,3 mil) dari gunung berapi.Gelombang yang lebih kecil yang direkam pada alat pengukur pasang surut di Selat Inggris. Gelombang udara mengelilingi dunia beberapa kali dan masih terdeteksi menggunakan barographs lima hari kemudian. 

Sebagai buntut dari letusan, ditemukan bahwa pulau Krakatau hampir seluruhnya menghilang, kecuali untuk bagian selatan Rakata terpotong sepanjang tebing vertikal, meninggalkan kaldera yang dalam 250 meter (820 kaki). Dari utara dua pertiga dari pulau, hanya Bootsmansrots pulau berbatu yang bernama ('Rock Bosun' s ', sebuah fragmen dari Danan) yang tersisa, Poolsche Hoed telah menghilang.Sebagai hasil dari sejumlah besar bahan disimpan oleh gunung berapi, dasar laut sekitarnya berubah drastis. Diperkirakan bahwa sebanyak 18-21 km3 (4,3-5,0 cu mil) dari Ignimbrit diendapkan di atas lahan seluas 1.100.000 km2 (420.000 sq mi), sebagian besar mengisi 30-40 m (98-130 ft) cekungan dalam di sekitar gunung. Massa tanah dari Verlaten dan Lang meningkat, seperti bagian barat dari sisa-sisa Rakata. Abu vulkanik terus menjadi bagian penting dari komposisi geologi dari pulau-pulau. 
Pada tahun setelah letusan, suhu rata-rata global turun sebanyak 1,2 ° C (2.2 ° F). Pola cuaca terus menjadi kacau selama bertahun-tahun, dan suhu tidak kembali ke normal sampai 1888. Subhanallah. 

Letusan juga menyumbang jumlah luar biasa besar sulfur dioksida (SO2) gas yang tinggi ke stratosfer yang kemudian diangkut sampai seluruh planet ini. Hal ini menyebabkan peningkatan global dalam asam belerang (H2SO3) konsentrasi tingkat tinggi awan cirrus. Hasil peningkatan reflektifitas awan (atau Albedo) akan mencerminkan lebih banyak cahaya yang masuk dari matahari daripada biasanya, dan mendinginkan seluruh planet sampai sulfur ditangguhkan jatuh ke tanah sebagai hujan asam.
 

Letusan gelap langit di seluruh dunia selama bertahun-tahun sesudahnya, diproduksi dan spektakuler matahari terbenam di seluruh dunia selama berbulan-bulan. 


Kawan, Allah itu maha kuasa. Sedikit saja Dia berkehendak, maka efek besar bagi kehidupan kita di dunia. Semoga kita lebih mempersiapkan diri.


Si Perkasa Gunung Krakatau
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 08:10
Si Perkasa Gunung Krakatau RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-10-20T08:10:00+07:00, Title: Si Perkasa Gunung Krakatau, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment