Tokoh Dunia Saat Menggunakan Baju Batik

1. Nelson Mandella
5 Tokoh Dunia Saat Menggunakan Pakaian Batik http://www.jurukunci.net/2012/10/tokoh-dunia-saat-menggunakan-baju-batik.html 

Batik dan Nelson Mandela seolah tak bisa dipisahkan. Sebab mantan Presiden Afrika Selatan ini hampir selalu tampil menggunakan batik. Pria murah senyum ini pun terlihat keren dengan balutan batik aneka corak, meski usianya tak lagi muda.

Mandela jatuh cinta pada batik ketika dia pergi ke Bogor untuk menghadiri Konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation 1994. Setelah itu, Madiba -- julukan bagi Mandela, selalu mengenakan batik, termasuk orang-orang di kabinetnya.

Sejak dikenakan tokoh pejuang apartheid, batik tersebut menjadi barang mahal. Hanya masyarakat kelas atas saja yang tertarik menggunakannya. Sebagai contoh, di sebuah toko di kawasan Sandton, Johannesburg, harga satu potong batik tangan panjang bisa mencapai 2.000 rand atau setara dengan Rp 2 juta. Batik di Afsel dikenal sebagai Madiba Shirt.

Konon kemeja batik yang dikenakan Mandella merupakan rancangan Iwan Tirta.

2. Bill Clinton
 5 Tokoh Dunia Saat Menggunakan Pakaian Batik http://www.jurukunci.net/2012/10/tokoh-dunia-saat-menggunakan-baju-batik.html 
Postur tinggi tegap itu terlihat makin gagah dengan balutan batik cokelat kekuningan. Ya, itulah tampilan Bill Clinton saat masih menjabat Presiden AS pada 1 November 1994 saat menghadiri APEC Summit di Bogor, Indonesia.

Dalam beberapa sesi foto, terlihat Bill Clinton bersama pemimpin negara lainnya seperti Mahathir Mohammad kompak berbatik. Wajah mereka terlihat cerah dengan kemeja batik lengan panjang yang dikenakannya. Dalam salah satu sesi foto, Bill Clinton berdiri berjajar dengan Soeharto, Presiden RI kala itu.

3. Barack Obama
5 Tokoh Dunia Saat Menggunakan Pakaian Batik http://www.jurukunci.net/2012/10/tokoh-dunia-saat-menggunakan-baju-batik.html 
Saat gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 di Nusa Dua, Bali, pada 18 November 2011 lalu, Presiden AS Barack Obama terlihat elegan dalam balutan batik hijaunya. Batik yang dikenakannya merupakan batik 'KTT' yang dipakai sebagian besar pemimpin negara yang hadir.

Untuk diketahui, ibunda Obama, Ann Dunham, dikenal sangat tertarik pada seni batik Indonesia. Bahkan dia memiliki beberapa koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Koleksi Ann pernah dipamerkan di beberapa wilayah di AS dan Malaysia.

4. Bill Gates
5 Tokoh Dunia Saat Menggunakan Pakaian Batik http://www.jurukunci.net/2012/10/tokoh-dunia-saat-menggunakan-baju-batik.html 
Bos Microsoft, Bill Gates, tampil menawan dalam balutan batik warna keemasan di acara Presidential Lecture, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 9 Mei 2008 silam. Gates tetap terlihat keren dengan batiknya meski rambutnya sedikit acak-acakan.

Kala itu pria berkacamata ini mengenakan baju batik lengan panjang bercorak cokelat-hitam. Tidak ada rencana sebelumnya Bill Gates akan mengenakan batik. Hal ini terjadi secara mendadak.

Dalam acara tersebut, seharusnya Bill Gates mengenakan pakaian resmi berupa jas dan dasi. Namun Rachmat Gobel, bos Panasonic, berinisiatif menawarkan baju batik kepada Bill Gates. Selain produk asli Indonesia, baju batik juga sudah dikenal sebagai baju yang pro lingkungan.

Karena Bill Gates menerima tawaran itu, Rachmat pun menghubungi desainer batik kondang, Iwan Tirta. Tanpa basa-basi, Iwan Tirta yang sudah kesohor itu pun memilihkan baju batik untuk Bill Gates. Baju batik warna keemasan dengan motif 'pisang bali manggar' dirasa sangat cocok untuk Gates. Motif ini merupakan motif yang sering dipakai oleh para anggota kerajaan Mangkunegaran Solo. Hari itu, penampilan Bill Gates memesona banyak orang.

5. Zinedine Zidane
http://www.jurukunci.net/2012/10/tokoh-dunia-saat-menggunakan-baju-batik.html 
6 Juli 2007 silam, tokoh di dunia sepakbola Zinedine Zidane menyambangi Indonesia. Kehadiran mantan bintang Juventus itu semakin membetot perhatian saat kemunculannya di Kantor Presiden dengan mengenakan batik warna kuning keemasan plus celana jins warna biru.

Karena selama ini Zidane lebih sering terlihat memakai kostum sepak bola ataupun jas, maka penampilannya saat itu membuat sang maestro sepakbola ini sedikit berbeda. Meski demikian, pria kelahiran Aljazair ini tetap keren dan memesona.



Sumber

Tokoh Dunia Saat Menggunakan Baju Batik
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 10:55
Tokoh Dunia Saat Menggunakan Baju Batik RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-10-16T10:55:00+07:00, Title: Tokoh Dunia Saat Menggunakan Baju Batik, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment