Foto: Pesona Menawan Dataran Tinggi Dieng

Foto: Pesona Menawan Dataran Tinggi Dieng - Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Dieng menyajikan pemandangan yang menawan, bukit-bukit yang mengelilingi kawasan tersebut, petak-petak sawah yang menjadi lanskap Dieng.

Ketinggian rata-rata kawasan dataran tinggi Dieng adalah sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15-20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata Bahasa Kawi: “di” yang berarti “tempat” atau “gunung” dan “Hyang” yang bermakna (Dewa). Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam.

Teori lain menyatakan, nama Dieng berasal dari bahasa Sunda (“di hyang”) karena diperkirakan pada masa pra-Medang (sekitar abad ke-7 Masehi) daerah itu berada dalam pengaruh politik Kerajaan Galuh.

Apa saja yang ada di kawasan Dieng? Ada lima telaga, beberapa kompleks kawah, beberapa kompleks candi, taman bunga, air terjun, museum  dan bukit untuk melihat sunrise.

Dan semua itu berada di suatu kawasan, alias jarak masing-masing tempat tidak berjauhan. Jadi siapkan waktu anda untuk menikmati pesona menawan dataran tinggi Dieng. | uniqpost.com

sumber: http://madiunkingdom.blogspot.com/

Foto: Pesona Menawan Dataran Tinggi Dieng
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 13.52
Foto: Pesona Menawan Dataran Tinggi Dieng RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-01-10T13:52:00+07:00, Title: Foto: Pesona Menawan Dataran Tinggi Dieng, Rating5 of 8765432 reviews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar