Semua saling ketergantungan

Suatu hari Tikus melihat dirumah Pak Tani telah dipasang sebuah perangkap tikus, tikus yang baik hati segera memberitahukan temannya ayam, babi, dan sapi. namun reaksi Ayam mendengar hal itu tertawa "ha ha tikus2,..jebakan itu kan didalam rumah, sedang aku diluar rumah tidak berhubungan denganku !"kata ayam, "tapi,..aku ingin kamu hati2" kata tikus.lalu si babi sama mentertawakan sitikus , lucu kamu tikus jebakan itu takkan bisa melukaiku,..kan didalam rumah,..ha ha ha !" kata Babi terpingkal2. si Sapi malah lebih kencang tertawanya."ha haha,..jebakan itu bisa hancur oleh kakiku yang perkasa,..wkwkwkkw ada ada saja kau." akhirnya tikus kembali lubangnya.
selang berapa lama, terdengar suara perangkap tikus itu "trak", pak tani pun bangun dan segera meraba jebakan tikusnya, namun yang kena adalah seekor ular derik, dan pak tani pun digigitnya. karena sakit, pak tani harus beristirahat, istrinya pak tani ingin suaminya segera baikan, menyembelih ayam untuk sop, lewat lah" si ayam".tapi pak tani tak kunjung sembuh, tetangga mengajurkan agar memasakan sesuatu yang punya nilai gizi lebih, maka di masakanlah daging babi, lewatlah "si babi."kemudian pak tani meninggal, orang2 datang melayat mengantar kepergian pak tani, akhirnya isteri pak tani menyuruh untuk memotong sapinya buat makan para pelayat suaminya, lewat juga "sisapi". kadang kita meremehkan hal sepele, karena dari hal2 sepele sebenarnya bisa berhubungan, hal terkecil apapun jangan diabaikan dianggap sepele.karena kehidupan itu berhubungan dengan semua orang saling keterkaitan, yaitu paticcasamupadda, hukum sebab musabab yang saling ketergantungan.kebaikan adalah kebaikan, sekecil apapun kebaikan, keburukan adalah keburukan, sekecil apapun adalah keburukan, sadarilah.

Semua saling ketergantungan
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 07:21
Semua saling ketergantungan RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2011-11-04T07:21:00+07:00, Title: Semua saling ketergantungan, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment