Pangeran Sogiri Putra Sultan Ageng Tirtayasa bin Syarif Hidayatullah ra.

 
Dalam silsilah kesultanan Banten, pangeran Sogiri atau dikenal dengan nama pangeran Sugiri atau Pangeran Sageri adalah putra dari Sultan Ageng Tirtayasa -’Abul Fath ‘Abdul Fattah (1651-1672) yang juga masih keturunan Syarif Hidayatullah.
Sebenarnya Pangeran Sogiri mempunyai dua saudara yang lain yaitu Maulana Mansyuruddin, makamnya terletak di Cikadueun Banten, Pangeran Sake atau juga dikenal dengan nama Pangeran Soheh, makamnya terletak di Citeureup. Sedangkan Pangeran Sogiri dimakamkan di Jatinegara Jakarta.
Tidak ada yang mengetahui secara pasti kenapa Pangeran Sogiri sampai di Jatinegara dan dimakamkan disana. Konon menurut cerita yang berkembang Pangeran Sogiri juga pernah melawan penjajah Belanda, dalam perjalanan perang melawan Belanda ini mungkin Sogiri sampai ke Jatinegara.
Meskipun keturunan raja, Pangeran Sogiri yang punya kecendrungan sufi lebih memilih menjadi santri ketimbang meneruskan menjadi seorang pamong seperti ayahnya. Selain itu sebagai anak kedua ia pun tidak dijadikan putra mahkota oleh ayahnya karena ada Maulana Masyurudin.
Sejatinya Pangeran Sogiri tidak pernah tinggal di Bogor, tetapi keturunannya banyak yang tinggal hingga wafat dan dimakamkan di Bogor. Putra Pangeran Sogiri diantaranya Pangeran Kanzul Arifin dan Raden Koyong, keduanya dimakamkan di Jatinegara disamping ayahnya. [sumber: Gentra Madani][]
Sumber Tulisan:
http://imngrh.wordpress.com/2007/07/09/pangeran-sogiri/

Pangeran Sogiri Putra Sultan Ageng Tirtayasa bin Syarif Hidayatullah ra.
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 16:24
Pangeran Sogiri Putra Sultan Ageng Tirtayasa bin Syarif Hidayatullah ra. RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-03-05T16:24:00+07:00, Title: Pangeran Sogiri Putra Sultan Ageng Tirtayasa bin Syarif Hidayatullah ra., Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment