Ditemukan Homo Rudolfensis, Spesies Baru Manusia Purba


Ditemukan Homo Rudolfensis, Spesies Baru Manusia Purba
Homo Rudolfensis
Spesies baru manusia diduga pernah hidup di Kenya Utara dua juta tahun yang lalu.

Sebuah penelitian menemukan fosil yang menunjukkan setidaknya ada tiga spesies yang berbeda, hidup dalam waktu bersamaan di Afrika.

Dilansir Discovermagazine, Senin (29/10), memiliki otak besar, primata berbadan tegap "Homo Erectus" merupakan grup yang diyakini sebagai cikal bakal manusia modern saat ini, dan jutaan tahun lalu tinggal di dekat Lake Turkana atau kini Kenya.

Temuan tersebut sekaligus memberikan bukti terkuat mengenai garis keturunan beberapa evolusi dari genus manusia purba yang pernah hidup jutaan tahun lalu.

Pada 1972, peneliti menemukan tengkorak parsial di dekat Lake Turkana yang mengindikasi salah satu anggota genus Homo.

Peneliti menemukan bahwa fosil ini menunjukkan wajah yang tidak biasa, yang berbentuk datar dan panjang.

Hal inilah yang kemudian membuat para ilmuwan percaya bahwa ini mewakili spesies baru, yang dinamakan "H. rudolfensis". Tengkorak ini tampak berbeda dengan spesimen yang telah dikenal, seperti H. Erectus atau H. Habilis.

Menurut Profesor Chris Stringer dari Natural History Museum di London, bukti fosil semakin menunjukkan bahwa evolusi manusia mengikuti pola yang sama.

"Manusia tampaknya telah berkembang dengan cara yang berbeda di berbagai daerah. Itu hampir seolah-olah alam sedang mengembangkan prototipe manusia yang berbeda dengan atribut yang berbeda, hingga hanya satu dari nenek moyang kita yang pada akhirnya berhasil dalam hal evolusi", katanya.

Menurut Dr Leakey, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia berevolusi bukan dari binatang tapi dari manusia itu sendiri, dengan cara yang sama dengan hewan lain dan menunjukkan bahwa "evolusi benar-benar bekerja".

Ditemukan Homo Rudolfensis, Spesies Baru Manusia Purba
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 12:54
Ditemukan Homo Rudolfensis, Spesies Baru Manusia Purba RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-10-30T12:54:00+07:00, Title: Ditemukan Homo Rudolfensis, Spesies Baru Manusia Purba, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment