Peti Mati Romawi Ditemukan di Semak-semak


Peti Mati Romawi Ditemukan di Semak-semak
Sarkofagus (ilustrasi)
Sebuah peti marmer dari zaman Romawi ditemukan di semak-semak kebun di sebuah rumah di Dorcherster, Inggris oleh seorang penilai barang lelang.

Guy Schwinge, dari rumah lelang Duke's, menemukan peti besar setinggi 2,1 meter tersebut dijadikan tempat untuk menanam bunga. Ia menyebut peti tersebut "muncul dari semak-semak" saat sedang melakukan penilaian terhadap barang.

"Ketika saya lihat lebih dekat, saya sadar itu sarkofagus Romawi dengan kualitas luar biasa," katanya.

Berdasarkan katalog lelang tahun 1913, peti itu diimpor ke Inggris oleh pengawas lukisan Ratu Victoria, Sir John Robinson, yang tinggal di Puri Newton di Swanage, Dorset.

"Ketika saya lihat nama Duke's di depan (katalog), saya tidak percaya," kata Schwinge, seperti yang dikutip dari BBC.

Sarkofagus berbentuk persegi panjang itu dipahat dari marmer berkualitas tinggi, kata juru bicara Duke's yang kembali menjual peti itu untuk kedua kalinya. Bila dilihat dari kualitas pahatan, peti tersebut dibuat untuk orang berstatus tinggi.

Pakar dari British Museum menaksir sarkofagus tersebut berasal dari abad kedua. Peti tersebut terjual seharga 96 ribu poundsterling. Pihak Duke's mengatakan pemilik peti "sangat senang" dengan penjualan tersebut.

Peti Mati Romawi Ditemukan di Semak-semak
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 10:48
Peti Mati Romawi Ditemukan di Semak-semak RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-10-22T10:48:00+07:00, Title: Peti Mati Romawi Ditemukan di Semak-semak, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment