Monster Raksasa Kuasai Sungai Zaman Prasejarah


detail berita
Ilustrasi
Para peneliti menemukan kemungkinan bahwa sungai zaman prasejarah dihuni oleh reptil predator raksasa. Sementara itu, di bagian darat dihuni oleh dinosaurus.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (22/12/2012), mereka meneliti seekor karnivora yang telah punah bernama mosasaurus. Hewan purbakala tersebut umumnya diilustrasikan sebagai kadal laut raksasa.

Fosil mosasaurus digali mulai dari, di sebuah lubang tambang terbuka di bukit Bakony, wilayah barat Hungaria. Mereka menemukan beberapa spesimen berusia 84 juta tahun, dari hewan berusia remaja sampai hewan berusia dewasa yang panjangnya mencapai enam meter. Wujud hewan purbakala tersebut mirip dengan kadal dengan tempurung kepala yang rata dan ekor yang berbeda bila dibandingkan mosasaurus lainnya.

Fosil-fosil tersebut ditemukan di sebuah wilayah yang zaman dulunya merupakan sungai besar. Sungai tersebut berisi ikan-ikan, amfibi, kura-kura, buaya, kadal, pterosaurus, dinosaurus dan burung-burung.

Spesies mosasaurus baru itu dibari nama Pannoniasaurus inexpectatus. Kata "Pannonia" mengacu pada wilayah Hungaria tempat penemuan fosil tersebut. Sementara "saurus" berarti kadal dan "inexpectatus" mengacu pada ketidaterdugaan penemuan tersebut.

"Ukuran Pannoniasaurus membuatnya menjadi predator terbesar di perairan masa lalu," ujar paleontolog di Hungarian Natural History Museum, Laszlo Makadi.

Sumber: Okezone.com
Monster Raksasa Kuasai Sungai Zaman Prasejarah
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 10:20
Monster Raksasa Kuasai Sungai Zaman Prasejarah RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-22T10:20:00+07:00, Title: Monster Raksasa Kuasai Sungai Zaman Prasejarah, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment