Air Sungai Menjadi Biru Di Sinjai






Warga Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, digegerkan dengan berubahnya warna air sungai menjadi biru. Ratusan warga setempat berdatangan ke pinggir sungai menyaksikan kejadian itu, Kamis (21/3/2013).

Peristiwa yang terjadi di Sungai Bilopa, Dusun Batu Lappa, Desa Samataring, Kecamatan Sinjai Timur, ini diketahui oleh warga pada pagi hari sekitar pukul 06.00 Wita. "Saya kan mau ke kebun, tiba-tiba saya kaget liat itu air sungai kenapa bisa warna biru dan ternyata sepanjang sungai begitu semua," ungkap Hasanuddin, salah seorang warga setempat.

Uniknya, air nan biru indah ini berubah warna menjadi bening jika dimasukkan ke dalam wadah seperti botol atau ember.

Sementara itu, pihak pemerintah setempat yang dikonfirmasi terkait dengan kondisi ini mengaku belum bisa memberikan komentar. "Saya belum bisa memberikan komentar terkait penyebabnya karena kami belum turun ke lapangan mengambil sampel untuk tujuan penelitian," kata Andi Mulawangsa, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kabupaten Sinjai.



Fenomena aneh yang sempat menggegerkan warga Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, yakni ketika air sungai setempat tiba-tiba berubah menjadi biru, Jumat (22/3/2013) pagi ini telah berangsur normal kembali.

Sebelumnya, perubahan warna air Sungai Bilopa di Dusun Batu Lappa, Desa Samataring, Kecamatan Sinjai Timur, yang tiba-tiba menjadi biru kemilau diketahui sejak pukul 06.00 Wita, Kamis.

Sejumlah warga yang mencoba melakukan penelitian mengaku tidak menemukan kandungan zat kimia. Pasalnya, meski terlihat biru di dalam sungai, jika ditaungkan ke dalam wadah, air ini terlihat bening kembali.

"Kemarin jam tiga sudah mulai normal kembali, tapi masih tetap agak kelihatan birunya, tapi sudah tidak terlalu kayak waktu pagi-paginya," ujar Hamsiah, salah seorang warga setempat.

Sayangnya, dinas terkait belum turun ke lokasi untuk melakukan penelitian secara ilmiah terkait dengan fenomena ini. Hingga saat ini warga setempat terus berdatangan untuk sekadar berpose di depan kamera.

sumber:http://regional.kompas.com/read/2013/03/21/21210535/Air.Sungai.Jadi.Biru.Warga.Sinjai.Geger

Air Sungai Menjadi Biru Di Sinjai
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 14:10
Air Sungai Menjadi Biru Di Sinjai RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-03-22T14:10:00+07:00, Title: Air Sungai Menjadi Biru Di Sinjai, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment