Manfaat Kecoa bagi Lingkungan


Kecoa memang terkenal dengan binatang yang jorok,kotor dan dekil. Hampir setiap orang akan merasa risih dan jijik jika badannya di hinggapi binatang berkaki delapan ini. Kebiasaan binatang ini memang bertempat tinggal dan makan di gundukan sampah atau di tempat-tempat kotor lainnya.

Di tengah reputasinya yang super jorok tersebut ternyata binatang ini mempunyai manfaat dan konstribusi yang sangat positif terhadap lingkungan. Hal ini diungkap peneliti dari University of Texas, Amerika Serikat.
Professor Srini Kambhampati dari University of Texas menyebutkan, kecoa memiliki peran esensial dalam kelangsungan ekosistem planet. Jika populasi kecoa menurun drastis, siklus nitrogen di bumi pun akan terganggu.
"Kecoa hobi menyantap sisa-sisa sampah organik yang banyak mengandung nitrogen. Nitrogen yang masuk ke dalam tubuh mereka kemudian dilepaskan di tanah dan digunakan untuk tumbuh-kembang tanaman," papar Kambhampati seperti dikutip Huffington Post belum lama ini.
"Dengan kata lain, jika kecoa punah kesehatan lingkungan di bumi akan terkena dampaknya. Begitu juga semua spesies yang tinggal di dalamnya," lanjut Kambhampati.
Kambhampati menambahkan, 10.000 jenis spesies kecoa yang ada di muka bumi juga menjadi makanan bagi burung dan tikus, yang kemudian menjadi santapan hewan lain, seperti kucing, elang, dan reptil. Ini berarti, jika kecoa punah akan mengganggu rantai makanan dari hewan lain.
Jadi, masih mau memukul kecoa pakai sapu atau sandal?

Dalam berkembang biak, binatang ini mampu melahirkan puluhan bahkan ratusan anak sekali melahirkan. Foto-foto di bawah ini menunjukkan kenyataan tersebut.










Manfaat Kecoa bagi Lingkungan
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 15:41
Manfaat Kecoa bagi Lingkungan RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-08-17T15:41:00+07:00, Title: Manfaat Kecoa bagi Lingkungan, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment