Gua Terbesar di Dunia (pics)

gua son doong vietnam 2
Terletak di provinsi Quang Binh, Vietnam, Gua Son Doong adalah gua terbesar di dunia. Ditemukan pertama kali oleh para penjelajah dari Inggris pada tahun 2009. Menurut keterangan dari situs resminya, Gua Son Doong memiliki lebar lebih dari 200 meter, ketinggian 150 meter dengan panjang lebih dari 9 kilometer. Dengan pengukuran ini, maka Gua Son Doong merupakan gua terbesar di dunia, mengalahkan Deer Cave di Malaysia yang sebelumnya memegang rekor gua terbesar di dunia. Deer Cave memiliki lebar 90 meter, ketinggian 100 meter dengan panjang 2 kilometer.
Gua Son Doong berada di perbatasan antara Vietnam dengan Laos. Untuk mencapai gua bukanlah hal yang mudah, para penjelajah harus berjalan selama enam jam, melewati 8-10 kilometer kawasan hutan.
Son Doong berarti Sungai Gunung, nama tersebut diambil dari asal-usul terciptanya Gua Son Doong. Formasi-formasi gua ini tercipta jutaan tahun yang lalu ketika air sungai terkikis batu kapur di bawah gunung. Masih banyak bagian dari gua yang belum terungkap dari berbagai ekspedisi, namun sejauh ini para peneliti telah berhasil menemukan sungai di dalam gua yang mengalir dengan cepat, stalagmit raksasa berukuran lebih dari 230 meter, 150 jaringan gua dan hutan kecil yang dijuluki “Taman Edam”.

gua son doong vietnam 10
gua son doong vietnam 6
gua son doong vietnam 5
gua son doong vietnam 4
gua son doong vietnam 8
gua son doong vietnam 13
gua son doong vietnam 12
gua son doong vietnam 11
gua son doong vietnam 14
gua son doong vietnam
Photograph by Carsten Peter via sondoongcave.org


Gua Terbesar di Dunia (pics)
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 21:12
Gua Terbesar di Dunia (pics) RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2013-02-01T21:12:00+07:00, Title: Gua Terbesar di Dunia (pics), Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment