Artefak Emas Kuno Ditemukan di Bulgaria


detail berita

Arkeolog asal Bulgaria menggali artefak emas kuno yang terdiri dari gelang dengan ornamen kepala ular. Selain itu, arkeolog juga menemukan tiara (mahkota) dengan motif hewan dan sepotong artefak kepala kuda di makam Trakia di Bulgaria utara.

Dilansir Reuters, Jumat (9/11/2012), artefak emas ini diyakini telah ada sejak akhir abad ke empat atau permulaan abad ketiga sebelum masehi. Benda bersejarah ini ditemukan di 150 makam kuno terbesar suku Thracian, Getae atau bangsa Dakia/Trakia yang pernah menghuni wilayah selatan Donau Hilir, yang kini merupakan Bulgaria Utara.

Temuan ini juga termasuk sebuah cincin emas, 44 aplikasi dari sosok perempuan serta 100 tombol emas. "Ini adalah temuan yang menakjubkan dari puncak kejayaan Getae," ujar Diana Gergova, kepala tim arkeolog di lokasi komplek pemakaman Getic kuno, di dekat desa Sveshtari, 400 kilometer sebelah timur laut Sofia.

"Dari apa yang kita lihat sampai saat ini, makam ini dapat dihubungkan dengan penguasa pertama Getic, Cothelas," jelasnya. Salah satu makam di sana, yang dikenal dengan Makam Sveshtari termasuk dalam World Heritage List PBB atau daftar warisan dunia dan lembaga kebudayaan, UNESCO.

Suku Trakia, diperintah oleh bangsawan prajurit yang kuat dan memiliki harta emas. Mereka pernah menghuni daerah yang memanjang di Romania modern dan Bulgaria, Yunani utara serta Turki pada 4.000 tahun sebelum masehi.

Suku Trakia juga tinggal di tepian peradaban Yunani dan Romawi. Mereka kabarnya sering terlibat bentrok dengan budaya yang lebih maju hingga suku Trakia ini masuk ke dalam Kekaisaran Romawi sekira 45 masehi.

Artefak Emas Kuno Ditemukan di Bulgaria
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 18:02
Artefak Emas Kuno Ditemukan di Bulgaria RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-11-09T18:02:00+07:00, Title: Artefak Emas Kuno Ditemukan di Bulgaria, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment