Ilmuwan Temukan Primata Kuno di Uganda

 
Peneliti Prancis mengaku berhasil menemukan fosil tengkorak yang berada dalam kondisi baik di Uganda. Fosil ini diperkirakan berusia 20 juta tahun.

Fosil ini ditemukan di situs gunung api punah di negara terpencil di timur laut wilayah Karamoja, salah satu area berkembang di Uganda. Menurut laporan BBC, peneliti mengatakan, tengkorak herbivora pemanjat pohon ini seukuran simpanse.

Bedanya, primata ini memiliki ukuran otak yang lebih kecil. Palaentolog Martin PickFord dari College de France di Paris bersama Brigitte Senut dari French National Museum of Natural History mengatakan, tengkorak ini berasal dari makhluk yang dijuluki Ugandapithecus.

“Fosil ini sangat penting dan menempatkan Uganda dalam peta dunia sains,” ujarnya.

Senut mengatakan, sisa-sisa yang ada akan dibawa ke Paris untuk diberi sinar-x dan didokumentasikan kemudian dibawa kembali ke Uganda.

“Fosil ini akan dibersihkan di Prancis dan kemudian setelah setahun, fosil ini akan dikembalikan,” ujarnya seperti ditulis BBC.

Ilmuwan Temukan Primata Kuno di Uganda
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 11:06
Ilmuwan Temukan Primata Kuno di Uganda RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-11-08T11:06:00+07:00, Title: Ilmuwan Temukan Primata Kuno di Uganda, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment