Video Jokowi : PNS Wajib Memakai Pakaian Adat Betawi di Tahun 2013

Mulai Januari 2013, Pemprov DKI akan mulai menerapkan pakaian dinas busana Betawi bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta.

Tapi, pakaian dinas busana Betawi yang akan dijadikan seragam PNS ini tidak disediakan oleh Pemprov DKI melalui APBD. Melainkan, PNS DKI diminta untuk membeli sendiri seragam tersebut dengan uang pribadinya.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemakaian seragam budaya Betawi akan dimulai pada Januari 2013. Dalam busana tersebut banyak sekali muatan lokal kebudayaan Betawi mulai nuansa hingga karakternya ada dalam pakaian tersebut.

Namun untuk pembelian seragam, Jokowi meminta PNS untuk membeli dengan uang pribadinya sendiri, karena Pemprov DKI tidak akan mengalokasikan anggaran untuk seragam busana Betawi tersebut.

“Ya seragamnya beli sendiri-sendiri lah. Pokoknya akan kita mulai Januari tahun depan,” kata Jokowi usai melihat 14 desain seragam betawi yang ditawarkan perancang busana Betawi Emma Amalia Agusbisri yang didampingi Ketua Umum Bamus Betawi Nachrowi Ramli di Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.

Terkait hari pemakaian seragam Betawi tersebut, Jokowi merencanakan setiap hari Rabu menjadi hari seragam Betawi. Mulai dari karyawan hingga Gubernur dan Wakil Gubernur DKI wajib mengenakannya. Dari 14 desain yang diajukan, dia memilih semua desain tersebut akan digunakan sebagai seragam PNS DKI Jakarta.

Untuk itu, pihaknya akan mengeluarkan panduan pemakaian seragam Betawi di jajaran Pemprov DKI Jakarta. Sehingga keempat belas desain tersebut bisa digunakan secara bergantian. “Nanti ada panduannya. Sebentar lagi sudah disesuaikan, warnanya apa, kalau hari besar pakai seragam apa,” ujarnya.

Berikut Video Jokowi : PNS Wajib Memakai Pakaian Adat Betawi di Tahun 2013:

Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Nachrowi Ramli yang merupakan rival Jokowi saat Pemilukada DKI 2012, juga menyatakan dukungannya atas komitmen Jokowi mengangkat nilai-nilai budaya dan adat Betawi dalam kehidupan kinerja jajaran Pemprov DKI Jakarta.

“Kami bergembira bisa bertemu dengan gubernur di tengah kesibukannya. Saya melihat kepedulian beliau terhadap budaya dan adat Betawi yang tinggi. Salah satunya menjadikan busana betawi sebagai seragam dinas PNS DKI,” kata Nachrowi. | beritasatu.com
Video Jokowi : PNS Wajib Memakai Pakaian Adat Betawi di Tahun 2013
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 13:35
Video Jokowi : PNS Wajib Memakai Pakaian Adat Betawi di Tahun 2013 RISALAHATI , By Risalahati, Published: 2012-12-29T13:35:00+07:00, Title: Video Jokowi : PNS Wajib Memakai Pakaian Adat Betawi di Tahun 2013, Rating5 of 8765432 reviews

No comments:

Post a Comment